CARA MUDAH MENCARI TRAVEL INSURANCE KE NEGARA-NEGARA SCHENGEN


Gara-gara baca tulisan Fahmi, travel blogger pemilik akun twitter @catperfahmi ini, hasrat traveling ke luar negeri membara kembali. Jujur saja, saya sempat kena virus idealis, sebelum traveling ke luar negeri, kenapa nggak puas-puasin dulu traveling di dalam negeri. Tapi, kalau dipikir-pikir apa yang dibilang Fahmi lewat tulisannya itu ada benarnya juga. Indonesia kan luas banget, ada 17.000 pulau, yakali kalau mau dijelajahi semua bakal ngabisin berapa tahun? Mengingat umur sudah nggak muda lagi, ya turunin lah kadar idealisnya, kalau nggak gitu mungkin saya nggak akan punya kesempatan traveling ke luar negeri.
Terus mau ke mana kalau saya traveling ke luar negeri? Ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, saya memasukkan negara-negara Schengen untuk dikunjungi ke dalam bucket list “what I want to do before die”.

Jadi, negara-negara Schengen ini adalah negara-negara di Eropa yang menjalin kerjasama visa dalam perjanjian yang disebut Schengen. Jumlahnya ada 26 negara, dan Subhanallah-nya negara-negara yang menjadi “kecengan” saya termasuk di dalamnya. Di antaranya yang paling saya idamkan adalah Norwegia dan Austria.  

Fjord, Norway (source: blog.routeperfect.com)

Lalu bagaimana caranya bisa mendapatkan visa Schengen ini?  Ya, tentu saja apply dong ah. Tetapi, menurut pengalaman travel-travel blogger visa ini agak susah didapat, selain urusan administratif yang nggak boleh cacat sama sekali, juga iringilah dengan banyak berdoa.
Nah, syarat administratif ini apa aja sih? Ya, tentu saja ada dokumen-dokumen yang harus dilengkapi. Dan ini nggak boleh ada yang miss barang selembar pun.  Kalau urusan dokumen aman, ada lagi syarat yang nggak bisa ditawar yaitu travel insurance. Yap, syarat pengajuan visa Schengen itu, pemohon harus memegang polis asuransi senilai minimal 30.000 Euro atau minimal 400 juta kalau dirupiahkan.  Ini hukumnya wajib.
Lihat sisi baiknya,  dengan memiliki asuransi perjalanan kita bisa mengantisipasi keadaan darurat yang berpotensi terjadi selama traveling, seperti kerusakan sampai kehilangan bagasi, penundaan jadwal penerbangan, sampai yang terpahit jika kita mengalami gangguan kesehatan yang membutuhkan perawatan dan kecelakaan selama perjalanan.    
Duh, tapi pasti ribet nih ngurus-ngurusnya, belum lagi kan harus survey dulu ke beberapa perusahaan asuransi untuk mencari premi termurah tetapi memberikan nilai klaim tertinggi.  Wajar kan, namanya juga prinsip ekonomis.
Untung saja seorang teman menyarankan supaya mencari produk travel insurance di Futuready. Futuready itu apa sih? Ternyata dia itu semacam supermarket khusus produk-produk asuransi. Futuready sendiri nggak mengeluarkan produk asuransi, melainkan sebagai wadah perusahaan-perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan asuransi yang bernaung di Futuready juga nggak sembarangan, mereka perusahaan asuransi yang kredibel sebut saja Axa Mandiri, Simas, Lippo Insurance, Mega Insurance, Tokio Marine dan lain-lain.  
Kalau kita cari asuransi perjalanan Schengen di Futuready, dengan mudah kita bisa mencari harga premi termurah dengan pembayaran klaim tertinggi.  Konon di Futuready ini kita bisa mendapat harga premi sekitar 500 ribuan saja tetapi nilai klaim yang dibayarkan mencapai 3 milyar.  Survey harga juga gampang, tinggal klik, penawaran dari berbagai perusahaan asuransi terpampang di depan mata. Membandingkan harga semudah itu tanpa ribet harus telepon sana sini atau mendatangi kantor-kantor asuransi.

Salzbug,  Austria (source: blog.eurail.com)
Setelah mendapatkan harga premi yang cocok dengan coverage yang sesuai kebutuhan, langkah selanjutnya tinggal melakukan transaksi. Bertransaksi melalui Futuready bisa dilakukan di mana saja, pakai gadget apa saja, asal ada  koneksi internet dan kuota tentu saja. Sepraktis itu. Lagipula Futuready ini sudah memiliki lisensi dari OJK dan bagian dari rantai bisnis AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia. Dengan demikian bisa dipastikan dan terjamin keamanannya.
Lumayan nih, beli produk travel insurance di Futuready berperan penting menjadikan apply visa Schengen satu langkah lebih mudah dan cepat, tinggal menyiapkan dokumen lainnya dan menggemukkan tabungan *haha*.  
Oke, semangat ah, Austria semoga kita segera berjumpa… The hills are alive… with the sound of music...

Love,



Tidak ada komentar