INGIN NYAMAN DAN AMAN NAIK BUS, IKUTI TIP DAN TRIK BERIKUT INI


Menempuh perjalanan dengan bus, terlebih untuk perjalanan antar kota antar provinsi bukan hal yang mudah. Terlebih bagi para solo traveler yang baru sekali bepergian ke kota yang sama sekali asing, perjalanan ini tentu terasa seperti sebuah tantangan yang cukup membuat jantung berdebar.

Perjalanan dengan bus juga menjadi tantangan tersendiri ketika Lebaran tiba, dan ketika kamu melakukannya di musim liburan panjang lainnya. Berbagai hal menarik dan juga menantang nyali bisa terjadi bersamaan pada musim ini. Dengan jumlah penumpang di terminal yang jauh lebih banyak daripada biasanya, banyak hal yang harus kamu perhatikan ketika naik bus pada musim-musim ramai.

Namun tak perlu takut naik bus. Agar perjalanan kamu nyaman dan aman, begini trik dan tipsnya.

PILIH BUS YANG PALING NYAMAN

sumber : ranggawarsitatour.co.id

Pertimbangkan armada yang paling banyak variasi dan kelasnya, kamu bisa memilih bus yang paling nyaman untuk perjalanan ke kota tujuan. Apakah itu kelas ekonomi, semi eksekutif atau yang mewah sekali, sesuaikan saja dengan jarak perjalanan dan juga kemampuan membeli tiketnya.

Saat ini sudah ada banyak bus murah meriah, masuk kelas ekonomi namun sudah dilengkapi AC dan kursinya pun nyaman. Pilihlah yang paling sesuai dengan bujet dan jangan lupa cek sejarah dari bus yang kamu tumpangi. Apakah armada tersebut dikenal ugal-ugalan di jalan atau tidak, yang harus menjadi pertimbangan sebelum membeli tiket bus.

WASPADA ITU NOMOR SATU

Ketika melakukan perjalanan dengan bus, kewaspadaan adalah hal utama. Jangan sampai lengah ketika di perjalanan, tetap fokus dan hindari membawa barang berharga dan perhiasan yang berlebihan. Waspada dimulai dari diri sendiri, baru kemudian waspada pada lingkungan dan orang lain yang sama sekali asing.

BERTEMAN DENGAN KRU BUS

sumber : @jaki_jetbus
Jika kamu bepergian sendirian menuju kota yang asing, berteman dengan kru bus adalah cara gampang untuk meningkatkan keamanan dan juga menggali informasi yang kamu perlukan selama perjalanan. 

JANGAN MUDAH TERIMA MAKANAN DAN MINUMAN DARI ORANG ASING

Selain waspada pada orang asing, hal penting lain yang harus kamu perhatikan ketika melakukan perjalanan jauh adalah tidak mudah menerima makanan dan minuman dari orang asing. Meski makanan tersebut nampak masih bersegel sekalipun. Lebih baik menolak dengan halus, tanpa menyinggung perasaan yang memberi.

CARI INFORMASI TENTANG BUS LEWAT TRAVELOKA

sumber : pixabay

Mencari informasi tentang bus yang akan dinaiki adalah hal wajib ketika kamu melakukan perjalanan ke luar kota. Semua informasi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah jika membeli tiket bus di Traveloka. Detail perjalanan dengan bus yang kamu pilih bisa dilihat langsung di layar sebelum kamu melakukan pembayaran tiket bus.

Mulai dari jam berangkat, terminal keberangkatan, jalur yang dilalui, waktu tempuh dan terminal tujuan, semua ada di aplikasi Traveloka. Kamu bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja dengan mudah.

Dengan beli tiket bus di Traveloka, kamu bisa memilih bus yang paling nyaman dengan mudah. Jika batal berangkat, kamu bisa melakukan refund tiket bus dengan gampang pula.


Love,


2 komentar

  1. Emang harus waspada sama orang yang gak dikenal, sekarang banyak kejahatan bermodus sksd, sok kenal sok dekat.

    BalasHapus
  2. makasih sarannya mbak, saya juga sering jalan pakai bus keluar pulau. semoga kita diberi keselamatan aminn.
    folback ya..

    BalasHapus