SAY GOOD BYE TO ANYANG-ANYANGAN BERKAT PRIVE URI-CRAN AKTIVITAS PUN KEMBALI LANCAR


LOL, so true... adakah di antara khalayak pembaca yang menganut kemalasan seperti deskripsi di atas? Silakan angkat tangannya 😂. Ya, saya adalah salah satu dari kalian. Saya gemar menahan pipis di malam hari, alasannya ya malas aja turun dari tempat tidur, walau kamar mandi hanya beberapa langkah juga. Apalagi kalau kebetulan harus menginap di rumah orang lain--saudara atau mertua--malasnya berlipat ganda. Saya ini penakut, ngebayangin keluar kamar, kemudian harus masuk ke area gelap gulita sebelum menemukan kamar mandi, duh, nggak banget deh, mending ditahan aja sampai pagi.

Penyakit malas pipis saya juga muncul ketika saya sedang asyik mengerjakan sesuatu. Misalnya lagi nanggung nulis atau nonton drama korea pas adegan yang lagi seru-serunya. Iya, saya sih gitu orangnya, kalau pengen pipisnya cuma sedikit, suka ditahan aja sampai nggak kepengen lagi. Tapi kalau tuntutannya mendesak banget, ya apa boleh buat, terpaksa saya ke kamar mandi juga.

Sampai pada suatu hari (belum lama ini sih), saya "beser", pengen buang air kecil terus-terusan, tapi pas buang air kecil sakiiiiiiiit banget. Ibu saya bilang sih itu "jeungjeuriheun" (Bhs. Sunda-red) alias anyang-anyangan. "Suka nahan-nahan pipis yah...." Ibu saya emang jago nuduh dan tuduhannya selalu terbukti benar.

Tapi kan kalau anyang-anyangan kayaknya nggak separah ini rasanya. Paling perut bagian bawah terasa sedikit keras, pengen pipis seperti nggak ketahan, tapi pas keluar cuma sedikit. Beberapa kali saya mengalami yang seperti itu. Dan biasanya sih reda sendiri kalau saya sudah minum air putih hangat yang banyak.

Nah, yang ini parah banget sakitnya. Kalau sudah datang pengen pipisnya itu, perut bagian bawah langsung terasa sakit dan kaku, terus pada saat mengeluarkan urin, di area sekitar vagina bagian dalam sakit seperti ada yang menekan. Bagian paling ngeselinnya adalah volume urin yang keluar seuprit banget. Nggak worth it sama rasa sakit yang sampai bikin saya meringis-ringis, sampai harus duduk dulu beberapa menit di toilet, nunggu rasa sakitnya agak reda.

Rasa sakit itu sangat menyiksa karena keinginan buang air kecilnya kan sering, otomatis saya harus menanggung rasa sakit berulang-ulang. Kemudian rasa nggak nyaman itu menjalar ke sekitar pinggul dan pinggang. Duduk aja berasa nggak nyaman. Badan jadi meriang dan lemas, maunya tiduran aja sambil merasakan sakitnya itu.

Gara-gara si anyang-anyangan anyang gung ini, semua aktivitas saya terhenti. Yang biasanya ngurusin anak-anak sebelum dan pulang sekolah, otomatis stop. Beberapa janji ketemuan dengan teman juga batal. Sampai urusan pekerjaan pun kacau balau. Saya sampai nggak hadir di dua event yang sudah saya incar sejak lama *huhuhu*

KONSUL KE DOKTER

"Ah ISK  atuh itu mah."

Santai banget ya dokternya. Yaiyalah, wong dokternya kakak sendiri 😁. Jadi kalau dilihat dari gejala yang saya ceritakan, menurut kakak saya, sakit yang saya derita itu penyebabnya ISK alias infeksi saluran kemih. Waduh, langsung  pikiran saya kemana-mana deh. Takut banget, sebanget-bangetnya berhubung yang sedang dilanda infeksi kan daerah kewanitaan yang terbilang sensitif. Kemudian kakak saya menjelaskan kemungkinan penyebab saya terkena infeksi.

"Tapi biasanya kan nggak gini, minum air putih juga sembuh." Saya si ratu ngeyel masih aja keukeuh minta keringanan *hehe*.

"Air putih kan nggak bisa bunuh bakterinya. Kalau udah parah gitu mah sakitnya, artinya si bakteri masih ada di saluran kemih. Jangan-jangan numpuk lagi." Disambung dengan ketawanya yang bikin nyutnyut di hati. Selesai ketawa dilanjutkan dengan ceramah soal penyebab ISK itu tadi.

Penyebabnya ada beberapa hal, tapi ya salah satunya adalah malas tadi itu. Berikut ini saya rangkum yang paling dekat sama gaya hidup kita sehari-hari aja ya. Nah ini dia penyebab anyang-anyangan yang sering dianggap sepele tapi bisa fatal akibatnya.


Saya ngaku dosa, yang pertama sih iya... tapi tiga yang terakhir nggak deh, soalnya kalau soal menjaga kebersihan, insya Allah saya taat kok. Tapi salah satu masalah di atas aja, bisa membuat bakteri E.Coli betah menempel di dinding saluran kemih, nah itulah yang menyebabkan terjadinya anyang-anyangan.

Dan ini harus menjadi perhatian kaum wanita lho ya. Sebabnya, saluran kemih wanita lebih rentan diserang bakteri. Believe it or not penelitian membuktikan bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih. Saya dong salah satu dari kelima wanita itu. Eh, ini juga penting jadi perhatian lho khususnya untuk ibu hamil, karena anyang-anyangan juga bisa menyerang ibu hamil bahkan anak-anak, khususnya anak perempuan. Pada level yang parah, anyang-anyangan ini menyebabkan perih pada saat buang air kecil, bahkan sampai kencing berdarah. Hiii... ngeri betul.

Akhirnya saya memilih pengobatan dengan herbal daripada dicekokin antibiotik. Selama pengobatan itu, nggak sengaja saya membaca tulisan teman soal anyang-anyangan dan di akhir tulisannya, dia menyebutkan sari buah cranberry bermanfaat untuk menghalau anyang-anyangan. Disebutkan juga bahwa kandungan yang ada dalam buah cranberry dapat membunuh bakteri E.Coli.

CRANBERRY

Tapi kan cranberry susah dapetnya, adanya di negara bule-bule sana, kalau di sini paling adanya buah gohok apa jamblang gitu 😀 terus gimana dong, masa harus import dulu. Kalau pun ada yang jual buah cranberry di sini, kayaknya bakalan mahal deh. 

Untunglah saya termasuk makhluk yang kepoan, saya cari tahu lagi artikel yang mengupas tuntas soal buah cranberry ini, dan ternyata sekarang cranberry ada ekstraknya *sounds familiar*. Di Indonesia sudah ada perusahaan farmasi, yaitu COMBIPHAR yang sudah memiliki produk andalan berbahan buah cranberry, namanya Prive Uri-cran.

Dari artikel-artikel yang ada di internet itulah saya jadi tahu khasiat buah cranberry. Buah cranberry ini mengandung ANTIOKSIDAN yang disebut PROANTHOCYANIDINS, manfaatnya dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Antioksidan ini juga memiliki sifat ANTI-ADHESI, yang membuat bakteri nggak bisa menempel pada dinding saluran kemih. Kalau dinding kemih bersih dari bakteri nggak mungkin terjadi infeksi kan.



Manfaat lain dari buah cranberry yaitu mengandung vitamin C cukup tinggi, kaya serat makanan dan mineral. Memiliki senyawa fitokimia sebagai salah satu sumber antioksidan dan polifenol yang baik untuk kesehatan jantung dan berguna untuk menghadang penyakit yang berbahaya, seperti kanker.

Sediaan

Combiphar menyediakan dua sediaan. Prive Uri-cran ada yang berbentuk kapsul. Terus terang saya agak malas minum segala obat dalam bentuk kapsul. Sejarah membuktikan, tiap kali menelan kapsul nggak bisa langsung sukses masuk ke tenggorokan, kudu aja ada acara nyangkut dulu, jadi trauma deh.

Satu box berisi 3 blister @10 kapsul. Dosis 1-2 kapsul per hari.

Untungnya ada sediaan lain, yaitu Prive Uri-cran Plus dalam bentuk bubuk. Tinggal dicampur air, maka jadilah minuman yang menyegarkan dan bermanfaat untuk kesehatan saluran kemih. Saya lebih suka minum Prive Uri-cran Plus yang dicampur air dingin, jadi lebih nyesss gitu. Bisa diminum kapan aja saya lagi pengen. Prive Uri-cran Plus yang bubuk ini mengandung selain vitamin C, juga Lactobacillus  achidopillus, yang berfungsi sebagai probiotik di dalam tubuh. Nah, daripada memelihara bakteri jahat, lebih baik menanam bakteri baik kan.

Satu box berisi 15 sachet. Baik dikonsumsi 1-2 gelas per hari.
Efektif mengatasi sakit buang air kecil

Kapok banget deh kena anyang-anyangan yang menyiksa itu, cukup sekali aja dalam hidup ini. Soalnya kalau sampai dia datang lagi, bukan cuma aktivitas rumah tangga aja yang terganggu, aktivitas pekerjaaan juga terancam buyar. Semoga setelah rajin mengkonsumsi Prive Uri-cran bisa putus hubungan dengan anyang-anyangan dan terbebas dari rasa sakit buang air kecil selamanya.

Bye... anyang-anyangan, jangan datang lagi ya...


Love,


MENJALANKAN PUASA DENGAN CARA SEHAT KUALITAS KESEHATAN MENJADI OPTIMAL



Puasa bagi ummat Islam itu hukumnya (bagi yang sudah baligh) wajib, nggak bisa ditawar. Puasa termasuk rukun dasar ke-Islaman seorang muslim. Dan yang harus diyakini, nggak akan turun perintah dari Allah SWT, jika nggak ada manfaatnya untuk manusia. Kalau kaitannya dengan ketakwaan ya jelas, dan ganjaran-ganjaran yang telah disiapkan Allah SWT bagi orang yang berpuasa dengan ketakwaan juga jelas. Tapi ngebahas ini mah panjaaang... nggak akan selesai satu postingan :D 

Sekarang kita ngobrolnya kalau puasa dikaitkan dengan kesehatan aja ya. Dan! ternyata mengosongkan perut selama lebih kurang 14 jam itu, termasuk proses detoksifikasi.

"Pada prinsipnya, puasa memberikan kesempatan kita untuk hidup sehat. Berpuasa memungkinkan tubuh mengalami proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun manfaat berpuasa tidak akan maksimal jika asupan makanan saat sahur, berbuka dan ketika makan malam tidak diperhatikan."
sumber dari presentasi DR (c) Rita Ramayulis, DCN, M.Kes (Nutrisionist)
Kalau saya, sebagai penderita obesitas, diam-diam di sudut hati yang paling dalam menyelipkan harapan, setelah berpuasa sebulan itu bisa kurusan. Ada yang punya harapan sama seperti saya? Mana suaranyaaa...? *hehe*

Kenyataannya, beres puasa tapi berat badan kok malah naik. Huhuhu... kenapa kok jadi gitu? Ya, pasti ada yang salah. Lha, terus cara memperbaikinya gimana dong?

Kuncinya : POLA MAKAN SEHAT 

Beruntung saya bertemu dengan DR(c). Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, seorang nutrisionist, di acara "Ramadhan Sehat dan Praktis Bersama Phillips". Saya banyak mendapat pencerahan dari penuturan DR. Rita. Di antaranya adalah:
  • Hilangkan anggapan kalau puasa itu harus makan yang banyak supaya tahan. No... no... no... yang berubah itu kan hanya jam makannya aja. Organ tubuh akan bekerja lebih lambat, jadi energi yang dibutuhkan juga sedikit. Logis kan, jadi makan ya sama aja, malah harusnya lebih sedikit. Nggak perlu kalap. 
  • Ketahui kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk wanita kalori yang dibutuhkan per harinya adalah sebanyak 25 kkal per kilogramnya. Kalau untuk laki-laki lebih banyak, yaitu 30 kkal per kilogramnya. Silakan dihitung berapa kebutuhan kalori yang kita butuhkan dalam sehari. Tinggal kalikan nilai kalori standar dengan berat badan kemudian tambahkan dengan koreksinya sesuai umur dan aktivitas yang dilakukan.

Contoh:
Seorang wanita berusia  42 tahun dengan BB 58 KG dan TB 154 cm 
Kebutuhan kalori / hari = 58 x 25 kkal = 1,450 kkal
Koreksi umur 5% = 1450 kkal x 5% = 72.5 
Penambahan aktivitas fisik  10% = 1450  kkal x 10% = 145
Total kebutuhan kalori = 1450 + 72.5 + 145 = 1,667.5 kkal
Sebanyak apakah makanan yang memuat 1,667.5 kkal itu? ini buat satu hari lho ya, bukan untuk sekali makan. Coba kita lihat lewat grafis berikut ini.



Catatannya, jumlah tersebut dibagi untuk 3x waktu makan. Awas lho ya ngukurnya pakai tangan sendiri, nggak boleh pinjam tangan orang lain (yang lebih gede). Gambarannya seperti itulah ya kira-kira, kalau pengen lebih akurat lagi hitungannya, langsung aja datang ke tempat-tempat yang menyediakan konsultasi masalah gizi.

PUASA

Tadi di atas udah dibilang kan, puasa itu bukan berarti waktu sahur harus makan banyak supaya kuat. Terus pas berbuka jadi kalap. Bukan begitu. Porsi makan ya wajar-wajar aja. Bukan jumlahnya yang harus diperhatikan, tapi asupan gizi yang diserap oleh tubuh pada saat puasa. Jadi makanan dan minuman seperti apa yang baik dikonsumsi pada saat puasa? 


Makan sahur secukupnya... 

Kadang-kadang makan di waktu sahur itu males banget kan. Bangunnya aja suka berasa beraaat. Makan jadi seadanya. Akibatnya kondisi badan nggak stabil, cepat lemas dan nggak bertenaga. Salahnya di mana? Ya karena asupan sumber energi dan zat gizinya nggak terpenuhi.

Tapi, makan sahur juga nggak perlu banyak. Secukupnya, yang penting kebutuhan sumber energi dan zat gizinya tadi terpenuhi.

Nah, DR. Rita juga ngasih contoh, menu untuk makan sahur yang ideal. Seperti apa sih...

photo courtesy: stir vegetables (drurymirror.com), fruit salad (urbery.com)
Aduh, beras merah kan nggak enak... iya, saya juga belum terbiasa makan beras merah. Nah, ada tips dari DR. Rita untuk menyiasati rasa nggak enak itu. Beras merah bisa dicampur beras putih, dengan perbandingan 1 :  4. Kalau takarannya cangkir, 1 cangkir beras putih dicampur dengan 4 cangkir beras merah. 

Disarankan juga menu sayur yang berair atau berkuah, tapi nggak dianjurkan sayur yang berlemak tinggi seperti sayur-sayur yang berkuah santan. Untuk buah-buahan juga sama, dianjurkan untuk memakan buah-buahan yang mengandung air. Tujuannya untuk menambah kadar cairan dalam tubuh.

Nah, urusan buah ini juga suka mendatangkan sengketa. Mata aja susah dibuka apalagi suruh ngunyah buah. Betapa malasnya kan ya, terutama anak-anak nih. Tapi jangan khawatir, Buibu, bekerjasama lah dengan Phillips Blender HR2115/40. Pertolongan pertama pada kondisi darurat buah. 


Ada yang anaknya nggak suka juice? Ini trik dari saya, awal-awal sih nggak apa-apa juicenya dikasih gula dulu biar manisnya terasa. Nanti, gula dikurangi secara bertahap. Pilih dulu buah yang disukai anak, selanjutnya kenalkan buah-buah yang lainnya. 

Berbuka dengan yang manis...

Duh, untung ketemu DR. Rita, kalau nggak saya dan keluarga masih aja menganut paham: takjilan itu harus yang manis-manis. Mulai dari sirup atau teh manis, kue-kue mengandung karbo dan gula tinggi, dan yang paling parah... eng ing eng... GORENGAN *tutup muka pake mukena*.

Padahal, berbuka itu cukup memenuhi dua syarat aja. Apakah itu?
1. Me-rehidrasi tubuh dengan cairan dan elektrolit
2. Menaikkan kadar glukosa darah menjadi stabil
Bukannya sunnah Rasul itu makanan untuk takjil yang baik adalah kurma? Yaiya sih, kurma juga tersedia di meja. Tapi... yang dimakan paling sebutir, selanjutnya... serbuuu... 😋

Dari Anas bin Malik, ia berkata: "Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum beberapa teguk air."


Cukup hanya dengan tiga butir kurma dan air putih, syarat berbuka di atas sudah terpenuhi. Masa sih? coba saja lihat kandungan nutrisi yang terdapat dalam kurma.


Glukosa, fruktosa dan sukrosa dalam kurma akan menjadi sumber energi untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa dan menstabilkan kadar gula darah. Bandingkan kalau kita minum teh manis. Kandungan gula pada teh manis hanya sukrosa yang berasal dari gula pasir. Nggak lengkap kan, dan mengkonsumsi gula pasir berlebihan kurang baik untuk kesehatan.

Kalau soal mineral dan vitamin sih jelas lah ya manfaatnya untuk tubuh. Kurma memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lengkap. Bandingkan kalau makan buah-buahan, supaya dapat zat gizi yang lengkap seperti kurma, kita harus menggabungkan dua jenis atau lebih buah-buahan. Boros kan jadinya.

Habis ngebatalin puasa, baiknya kita sholat dulu kan ya. Kata orang-orang tua sih supaya perutnya nggak kaget. Ada benarnya juga sih, pada masa jahiliyah dulu saya suka langsung makan makanan berat. Banyak lagi 😅. Akibatnya perut shock kali ya, rasanya nggak enak banget. Penuh, berat, engap... sholat jadi nggak khusu *don't try this at home*.

Makan Malam

Makan malam itu nggak sekedar enak dan mengenyangkan aja lho, ada point yang penting sekali untuk diperhatikan, yaitu apakah makan malam kita memenuhi kebutuhan energi dan zat gizinya atau nggak.



Untuk menunya sendiri, tinggal diatur sesuai selera. Komposisinya bisa terdiri dari nasi putih / nasi merah, dua macam lauk, sayur, dan buah-buahan. Tapi passwordnya adalah makanan tidak mengandung lemak tinggi, seperti masakan berkuah santan dan makanan yang bergelimang minyak.

Snack Time

Sebagai orang yang berkebiasaan ngemil, bulan puasa gini acara ngemil banyak tertundanya ya kan. Paling ada waktu sesaat menjelang tidur. Tapi... cemilan yang gimana dong, yang mendukung pola makan sehat ini?

Lagi-lagi DR. Rita memberi pencerahan. Bahwa! sebaiknya makanan selingan menjelang tidur itu terdiri dari sumber protein dan sayuran. Jadi, jangan tiba-tiba bikin mie goreng atau mie rebus, atau bakwan udang dan kawan-kawannya. Bahayayayaya... karena kandungan karbohidrat yang berat membuat kita mengantuk, akibatnya susah bangun pada saat sahur. Wah, bisa-bisa kebablasan dan akhirnya terlambat sahur deh.

photo courtesy: omelet (rancahpost.com);  fruit salad (bluebananayogurt.com)
Hati-hati juga dengan makanan mengandung lemak dan digoreng. Pengertian menggoreng di sini adalah mengolah makanan dengan minyak yang banyak. Kalau menumis kan minyaknya sedikit aja. Masih inget dong kalau konsumsi minyak yang diperbolehkan itu hanya 5 porsi sehari, dengan takaran 1 porsi itu seibu jari aja. Jadi kalau ada lauk tahu dan ayam, tahu digoreng ayamnya dipepes gitu ya, Buibu.

Tapi, di jaman serba teknologi ini, Phillips membantu Buibu yang ingin mengurangi atau menghilangkan sama sekali konsumsi minyak pada makanannya, dengan mengeluarkan penggoreng berteknologi tinggi, yaitu Phillips Airfryer, cara baru menggoreng tanpa minyak.


Nah, dengar apa kata Gordon, jadi Airfryer ini teknologinya canggih banget deh, hanya dengan menggunakan udara panas bisa bikin makanan crunchy tapi di dalammya lembut, daaan... mengurangi kadar lemak sampai 80%. Wow!

Kita juga praktek lho... memasak dengan menggunakan Phillips Airfryer ini. Ternyata cara menggunakannya mudah aja. Tinggal masukkan bahan makanan yang akan digoreng ke dalam keranjangnya, tutup, setting waktunya, udah deh. Kalau untuk menggoreng kentang atau bikin goreng-gorengan itu cukup 10 menit aja kok.

Chicken Bitterballen

Thanks to technology, sekarang mengolah makanan nggak pake ribet lagi, praktis, makanan sehat pun siap tersaji. Kalau alat masak udah praktis, sajian makanan udah keren, masa puasanya masih nggak sukses juga. Memangnya puasa yang sukses yang gimana sih?

photo courtesy: woman (windomareahospital.com)
Naaah... yang mau sukses puasanya mana teriakannya... *teriak sambil acung tangan tinggi-tinggi*. Siapa juga yang mau kondisi tubuhnya kacau ya kan, kalau saya sih nggak mau. Makanya, mari yuk mulai sekarang coba terapkan pola makan sehat selama berpuasa. Mumpung baru satu hari, belum terlambat untuk memulai. Syukur-syukur bisa terus terbawa kebiasaan makan dengan pola sehat ini, walau bulan puasa telah berlalu.


Love,

[REVIEW BUKU] CARA MUDAH MENGENALKAN HALAL HARAM PADA ANAK



Judul Buku : Komik Halal Haram
Pengarang  : Dian Kristiani dan Tethy Ezokanzo
Penerbit     :  Qibla, Bhuana Ilmu Populer
Cetakan     :  I, 2016
ISBN         :  978-602-394-187-2

Bersyukur teman-teman penulis saya - Ce Dian Kristiani dan Neng Tethy Ezokanzo - memiliki ide menuliskan buku ini. Kalau nggak, saya pasti bingung mengajarkan masalah halal-haram ini sama anak bungsuku si bocah. Iya kalau dia nanya, kalau nggak nanya, darimana memulainya? Padahal masalah halal-haram ini, masalah yang urgent dalam agama Islam.

“Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Karena sesungguhnya syaitan adalah musuh yang nyata bagimu" (Al-Baqarah :168)

“Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Diantara keduanya terdapat perkara-perkasa yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka barang siapa yang takut terhadap syubhat, berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan barangsiapa yang terjerumus dalam perkara syubhat maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembalakan hewan gembalaannya di sekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk maka buruklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa di adalah hati"(HR. Bukhari dan Muslim)

Dasarnya kuat kan mengapa kita harus memperhatikan masalah halal-haram ini dan menerapkannya sebagai value of life, terutama soal apa yang kita makan. Karena dampaknya sangat buruk jika kita sampai nggak memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Simak ini baik-baik:
Tidak diterimanya amal ibadah oleh Allah SWT
Ibnu Abbas berkata bahwa Sa’ad bin Abi Waqash berkata kepada Nabi Muhammad SAW, “ Ya Rasulullah, doakanlah aku agar menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah”. Apa jawaban Rasulullah, “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Dan demi jiwaku yang ada di tangan-Nya sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak untuknya" (HR. At-Thabrani) 
Tidak terkabulnya doa-doa
Rasulullah bersabda, “Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh rambutnya kusut, mukanya berdebu menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku! Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram maka bagaimanakah akan diterimanya doa itu?" (HR Muslim) 
Mengikis keimanan pelakunya
Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah peminum khamr, ketika ia meminum khamr termasuk seorang mukmin" (HR Bukhari dan Muslim) 
Mencampakkan pelakunya ke neraka
Rasulullah bersabda, “Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram kecuali neraka lebih utama untuknya" (HR. At Tirmidzi) 
Mengeraskan hati
Seseorang yang sulit menerima kebenaran, bisa jadi ada kaitannya dengan apa yang dimakan dan diminumnya. 
Imam Ahmad  ra pernah ditanya, "apa yang harus dilakukan agar hati mudah menerima kesabaran, maka beliau menjawab, “dengan mekakan makanan halal” (Thabaqat Al Hanabilah 1/219). 
At Tustari, seorang musafir juga mengatakan, "barangsiapa ingin disingkap tanda-tanda orang yang jujur (shiddiqun), hendaknya tidak makan, kecuali yang halal dan mengamalkan sunnah” (Risalah Al-Mustarsyidin : hal 216)
 catatan: sumber hadist dan riwayat dari infoislamdaily.blogspot.co.id

Hiii serem ah dampaknya. Ngeri kan kalau sampai termasuk ke dalam ummat yang 5 itu. Andwaeee...tapi bisa jadi sih sekarang ini sudah tiba pada zaman yang diisyaratkan oleh Rasulullah saw:

“Akan ada suatu zaman, seseorang tidak akan lagi peduli terhadap apa yang ia ambil apakah itu halal atau haram" (HR. Bukhari)

Ciri-cirinya sudah kelihatan jelas, terang benderang, seperti bintang kan... *hehe*. 

Adakah hal-hal lain yang harus diperhatikan berkaitan dengan halal-haram ini, selain makanan? Tentu saja. Persoalan halal-haram ini tak semata-mata hanya persoalan makanan dan minuman. Tapi apa yang kita pakai (terutama laki-laki), cara bermuamalah, sampai dengan menghias rumah.

Buku ini memuat 18 cerita yang membahas juga masalah perhiasan yang nggak boleh dipakai laki-laki,menjual barang curian, judi terselubung, binatang peliharaan, sampai mengoleksi patung untuk hiasan rumah. Cukup lengkap dan memadai untuk pengetahuan dasar anak-anak. Tapi sepertinya isi buku ini baru bisa ditangkap oleh anak usia minimal 5 tahun kali ya, pokoknya anak yang udah bisa diajak komunikasi dua arah.

Keseluruhan cerita dikemas dalam bentuk komik, ide bagus karena anak-anak seperti anak saya lebih suka melihat gambar-gambar dibanding teks yang panjang-panjang. Dalam beberapa cerita diselipkan juga hadist-hadist 👈 ini sih sekalian pengetahuan buat emaknya *hihi*. Ada juga penjelasan yang mendukung isi cerita. Tapi jujur bagian ini saya lewatin, soalnya Keyaan males dengernya sukanya minta langsung dibacain cerita berikutnya 😁

Tapi buku ini jadi salah satu favoritnya lho, kalau nggak ada cerita lain yang menarik hatinya, pasti balik lagi ke komik Halal-Haram ini. Ya nggak apa-apalah ya, biar hapal di luar kepala 😁


DAMPAK POSITIF UNTUK ANAK

Keyaan -- anakku-- jadi kritis kalau makan di restoran atau jajanannya sekali pun harus ada logo halalnya di kemasan makanan, kalau nggak ada dia nggak mau makan. Lucunya, saya dapet cerita dari ibu teman mainnya sehari-hari, katanya sekarang anaknya suka nanya-nanya kalau dikasih makanan halal nggak, gitu. Setelah ditanya, anaknya bilang dikasih tahu Keyaan kalau makan harus yang halal. Hehehe... udah bisa nularin sama temennya juga ternyata. Semoga istiqomah sampai dewasa ya, Nak-anak.

Jadi begitulah, Buibu, mengajarkan sesuatu pada anak, terutama yang berkaitan dengan syariat agama, sangat susah kalau hanya sekedar teori aka nasihat. Trik yang paling gampang (menurut saya) cuma dua, yaitu MELAKUKAN (karena anak kan peniru ulung) dan LEWAT CERITA.

Nanti saya mau cerita trik memotivasi anak supaya mau sholat, terutama sholat subuh... susah dibangunin kan ya (anak gue aja kali) 😂

Sampai ketemu lagi ya.


Love,




#MemesonaItu TAK MENGENAL USIA


KBBI
memesona / me.me.so.na / v  sangat menarik perhatian; mengagumkan 

Kesempatan bertemu dengan beliau bisa dihitung dengan jari. Namun setiap kali habis bertemu dengannya, selalu ada kesan dan aroma yang nyaman tertinggal dalam kenangan. Beliau adalah role model memesona versi saya.

Sebut saja namanya Bunda. Saya bertemu pertama kali dengannya, di acara kampanye kesehatan yang diselenggarakan oleh Kemenkes dan WHO. Waktu itu saya masih segan dan hanya bersalaman sambil memperkenalkan diri. Sepintas Bunda tampak seperti seorang ibu yang tegas. 

Bunda menarik perhatian saya. Di usia senjanya, beliau masih aktif melakukan kegiatan, terutama di dunia blogging, yang bagi saya saja kadang terasa sangat melelahkan. Belakangan saya diberitahu usia Bunda, ternyata Bunda seusia dengan ibu saya. Waw... salam takzim, Bunda.

Kesempatan kedua saya bertemu dengan Bunda, ketika sama-sama mengikuti short workshop bertema blogging. Topik pembahasannya mengenai Google Analytics. Sesungguhnya, pada saat workshop itu, saya nggak 100% konsentrasi pada materi, melainkan curi-curi pandang pada Bunda. Beliau sangat antusias mengikuti penjelasan dari pemateri, dan sesekali mengajukan pertanyaan jika ada yang kurang dimengertinya. Saya kagum padanya.

Bunda sudah memenuhi syarat memesona bukan? Menarik perhatian dan mengagumkan.

Pada kesempatan kedua itu, Bunda menyambut saya dengan hangat. Saya mencium tangannya dan Bunda memeluk saya, kami pun bertukar ciuman di pipi. Kemudian... semilir wewangian hinggap di penciuman saya. Bunda, harumnya enak banget, bikin betah, jadi pengen melendot terus *hehe*

Kesempatan ketiga, kami bertemu di event seminar yang membahas masalah issue perempuan. Senang rasanya Bunda menyapa dan masih ingat pada saya. Ritual pertemuan pun kami lakukan. Dan, wangi Bunda... hmmm... bikin kangen deh.

Suatu hari saya membaca postingan Bunda di Facebook. Bunda sedang sakit. Ah, jadi ikut sedih. Saya mengirimkan doa kesembuhan untuk Bunda di kolom komentar. Tak disangka Bunda membalas komentar saya. Kemudian saya bilang padanya, kangen bertemu. Kangen wangi Bunda *hehe*. 


Tanpa diminta Bunda membagi rahasia wanginya. Ternyata, Bunda memakai produk Vitalis. Kami nggak membahas lebih jauh soal Vitalis ini. Tapi, Vitalis tak terlupakan. Pada satu kesempatan belanja di sebuah supermarket, nggak sengaja saya melihat jajaran Vitalis Body Scent dan langsung teringat pada Bunda. Eh, tapi ini beda jenis dengan yang Bunda sebutkan. Tapi karena penasaran, saya cium satu per satu botol sampel yang ada. Semuanya ada enam varian. Dan saya jatuh cinta pada Vitalis Body Scent Blossom.

Setelah coba pakai, kok rasanya familiar dengan aroma wewangian Vitalis Body Scent Blossom ini. Di mana ya saya pernah mencium aroma yang mirip seperti ini? Bukan, bukan harum yang saya cium dari Bunda. Kemudian anak saya bilang, aromanya sekilas mirip cologne berbentuk stick dari brand ternama. Oh iya, saya pernah diberi oleh-oleh dari seorang sahabat yang sedang bertugas di luar negeri. Kebetulan sekali, cologne itu sudah habis dan sekarang saya dapat penggantinya. Kok seperti slogan obat pembasmi nyamuk ya: kalau ada Vitalis, kenapa beli yang mahal 😁.



Beruntung sekali saya menemukan Vitalis Body Scent Blossom. Campuran iris, plum dan mawar, berpadu dengan vanilla dan musk, memberikan keharuman bernuansa lembut dan manis. Menghadirkan kesan feminin sekaligus sentuhan kemewahan dan tahan lama. Cocok untuk menemani saya jika harus bepergian ke luar kota. 

Ya, saya tinggal di kota Serang, sedangkan blogging event kebanyakan di Jakarta. Jadi beberapa kali dalam seminggu, saya berangkat ke Jakarta. Walau acara event diadakan siang atau sore hari, tetap saja saya harus berangkat pagi, karena kondisi lalu-lintas Jakarta yang nggak bisa diprediksi. Datang ke acara sebetulnya rasa sudah lelah dan berasa lecek banget, ya wajah, ya badan *hehe*.

Jadi solusinya, begitu tiba di venue acara, biasanya yang pertama dicari toilet. Bersih-bersih pakai tissue basah, kemudian semprot Vitalis Body Scent sedikit, beres deh. Badan terasa segar kembali, harum Vitalis Body Scent Blossom membuat kepercayaan diri pun naik lagi.



Bunda sudah menginspirasi saya. Saya juga ingin memberikan kesan yang baik kepada siapa saja yang saya temui. Teman-teman yang sudah saya kenal, maupun orang-orang yang baru berjumpa. Sama dengan kesan yang Bunda berikan kepada saya, ramah, hangat dan wangi.

#MemesonaItu nggak hanya untuk yang berusia muda saja kan?


Love,







#MemesonaItu

MENCUKUPI ASUPAN SAYUR DAN BUAH DARI SEKARANG, TERHINDAR DARI PENYAKIT MEMATIKAN DI MASA MENDATANG



Pepaya mangga pisang jambu
Dibawa dari Pasar Minggu
Di sana banyak penjualnya
Di kota banyak pembelinya
.....

Reff:
Pepaya jeruk jambu rambutan
Duren duku dan lain-lainnya
Marilah mari kawan kawan semua
Membeli buah-buahan

Masih ingat nggak sama lagu tadi? coba tahun berapa lagu itu diciptakan? Saya juga nggak tahu pastinya, tetapi sejak saya usia SD dan lagi semangat-semangatnya ikut latihan Bina Vokalia, lagu "buah-buahan" itu sering sekali dinyanyikan. Sekarang umur saya 44 tahun lho 😁

Lagu ini satu bukti, bahwa ajakan makan buah-buahan itu sudah digaungkan sejak puluhan tahun yang lalu. Sebab apa? Percaya dong kalau Indonesia ini gudangnya buah-buahan. Ada buah musiman, ada juga buah yang nggak kenal musim, seperti pepaya, pisang, jambu biji, jeruk, nanas. Sayuran juga begitu kan, sayuran apa aja juga ada di negeri gemah ripah loh jinawi ini, tinggal sebut aja. 

Tapi faktanya?


Ironis banget. Padahal di Indonesia produksi buah berlimpah. Setiap hari tubuh membutuhkan zat gizi mikro (mikronutrien) yang terdapat dalam sayur dan buah. WHO menyebutkan bahwa jumlah ideal konsumsi sayur dan buah untuk standar sehat adalah sebanyak 400 gram oer hari.

Komposisi yang tepat 250 gram sayur, kira-kira 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan. Dan 150 gram buah, contohnya 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang juga. Satu potong pepaya ukuran sedang juga kira-kira segitu deh beratnya. Tapi, bagi masyarakat Indonesia jumlah segitu disarankannya untuk konsumsi balita dan anak usia sekolah. Orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak lagi, yaitu 400 - 600 gram per orang per hari. 

Duh kenapa sih angka konsumsi sayur dan buah di Indonesia masih rendah ya? Padahal sejak sekolah dasar kita sudah belajar manfaat vitamin yang terkandung dalam sayur dan buah, walau masih dalam konsep yang sederhana. Misalnya Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Di level berikutnya, kita diberitahu kalau buah-buahan juga mengandung zat antioksidan penangkal radikal bebas yang merusak sel-sel sehat. Kita juga diberitahu kalau sayur dan buah banyak mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memangnya apa manfaat serat alami itu untuk tubuh kita?

sumber : imedis.net

Kebanyakan masyarakat Indonesia yang nggak suka mengkonsumsi sayur dan buah ini, sebetulnya sedang merugikan dirinya sendiri. Mengapa? kurangnya konsumsi sayur dan buah dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan penyakit degeneratif. 

Apakah penyakit degeneratif itu? 

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan atau malah penghancuran pada jaringan atau organ tubuh. Proses kerusakan ini bisa terjadi seiring usia atau akibat gaya hidup yang nggak sehat.

Makanya jangan heran,  jika tren penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia sekarang bergeser ke Penyakit Tidak Menular (PTM) bukan penyaki menular lagi. Dan penyakit degeneratif ini merupakan bagian darinya.


sumber : pptm.depkes.go.id

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN?

Coba renungkan dulu apakah gaya hidup kita sudah sehat? Pilih masakan rumah atau fast food? Pilih air putih atau minuman botolan? Pilih olah raga atau tiduran depan televisi sambil ngemil potato chips? *sounds familiar to me*

Dalam acara Ngobrol Sehat yang diselenggarakan oleh PT, Kalbe Farma Tbk, Bapak Sakri Sab'atmaja, SKM, Msi, Kasubdit Advokasi dan Kemitraan Kementerian Kesehatan RI, memberikan analisisnya bahwa sekarang ini kebanyakan masyarakat Indonesia cenderung menjalani gaya hidup yang jauh dari sehat. Penyebabnya, makanan siap saji dan instan bisa dengan mudah didapat, ibu-ibu jadi berkurang kegiatan masaknya. Atau malah mengandalkan masakan jadi di warung, tanpa mempertimbangkan proses memasaknya. Asupan sayur dan buah menjadi berkurang atau sama sekali nggak ada dalam menu sehari-hari.

Kalau jaman dulu, pekerjaan rumah tangga seperti nyapu, ngepel, nyuci baju itu dilakukan manual, hitung-hitung gerak badan kan. Sekarang semua sudah pakai peralatan elektronik, tinggal pencet semua jalan sendiri. Kita? duduk lagi di depan televisi sambil ngemil keripik singkong pedes berkubang minyak *look who's talking* 😀

Gaya hidup seperti ini lah yang kelak menuai berbagai penyakit di masa mendatang. Gaya hidup dan pola makan yang nggak sehat, berdampak pada biaya kesehatan yang tinggi dan penurunan produktivitas. Iiih... aju nggak mauuuu. 

Mulai sekarang saya akan mencanangkan usaha mempersehat tubuh. Salah satu caranya dengan mengikuti program kerja dari Kemenkes RI yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat alias GERMAS. Dengan GERMAS ini, saya menyadari satu hal: sehat itu nggak perlu mahal.

sumber : depkes.go.id
Jelas kan sekarang apa yang harus dilakukan supaya kita terhindar dari penyakit yang bukan hanya membahayakan saldo tabungan, tapi juga bisa mencabut nyawa. Hiii... ngeri ah. Yuk mulai sekarang kita canangkan gaya hidup dan pola makan sehat, supaya jauh dari penyakit di masa mendatang.

Baiklah, sekarang kulkas harus penuh dengan stok buah-buahan dan sayuran, masak sayur hijau setiap hari demi kecukupan asupan serat untuk keluarga. Tapi... kan ada apesnya kehabisan stok buah dan sayur terus belum sempat beli lagi. Apalagi buat Buibu bekerja, tiba-tiba bangun kesiangan, boro-boro bikin jus buah buat anak dan suami, rol rambut aja belum sempat dilepas. Duuuh... rempong ya. 

Dududu... nggak perlu panik. Jangan takut "bolos" dari jadwal konsumsi sayur dan buah setiap hari. Di jaman teknologi sudah tinggi begini, PT. Kalbe Farma Tbk siap menyediakan solusinya.

INI BUKAN PENGGANTI TAPI PILIHAN

Pada kesempatan ngobrol sehat tanggal 6 Mei 2017 lalu, Ibu Adelia Pramasita, Brand Manager Juice Kategory PT Kalbe Farma Tbk, memperkenalkan produk baru mereka, yaitu Vegie Fruit Premium dengan varian Carrot Squeeze. Campuran sari sayur dan sari buah dengan komposisi wortel, nanas dan jeruk. 

"Vegie Fruit Premium adalah juice sari sayur dan sari buah pilihan dengan kualitas premium, enak dan praktis, serta memiliki banyak manfaat bagi usia produktif dan aktif."

Di acara yang bertema "Ibu Cerdas, Pastikan Asupan Sayur dan Buah Terpenuhi untuk Keluarga" ini, Vegie Fruit Premium menjadi primadona dan bagai seleb yang beru debut, minuman ini pun dikupas tuntas kandungan serta manfaatnya. 


Tapi yang paling asyik sih, kita boleh nyicip tanpa limit, berbotol-botol, sampai kembung juga boleh, asal kuat aja perutnya 😄. Menurut saya rasa Vegie Fruit Premium ini berbeda dari jus-jus buah kemasan yang pernah saya minum. Rata-rata jus buah kemasan rasanya aneh, mirip obat penambah nafsu makan/vitamin yang biasa diminum anak-anak. Nah, si Vegie Fruit Premium ini  rasanya ringan, enak dan segar, pas dengan selera saya. 

Jus wortel rasanya suka agak langu gitu ya? Ini nggak ada langu  sama sekali, mungkin karena ditimpa oleh paduan rasa nanas dan jeruk yang segar banget. Apalagi kalau disajikan dingin. Pintar deh PT. Kalbe Farma Tbk ini, memproduksi minuman yang enak tapi sehat juga.

Minuman sari sayur dan buah premium ini diproses dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) yang menjamin nutrisi dan kesegaran produk tetap terjaga, meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet. Nah! penting kan skip bahan pengawet, yang konon kabarnya dapat menyebabkan gangguan kesehatan. 

Soal halal gimana? Ini penting nih, maklum anak saya yang bontot sekarang ini mulai rewel soal kehalalan makanan dan minuman yang akan dimakan/diminumnya (semoga istiqomah sampai dewasa ya, Dek). Saya nggak perlu khawatir sama Vegie Fruit Premium ini, tinggal tunjukkan label halal dari MUI di bagian belakang kemasan. Lega deh.

Vegie Fruit Premium dikemas dalam botol ukuran 300 ml yang ekonomis untuk distok di rumah atau dibawa bepergian. Bisa juga dibawa untuk bekal anak-anak ke sekolah dan bapaknya anak-anak ke kantor. Kalau pagi-pagi nggak sempat bikin jus, tinggal slep... selipin satu botol Vegie Fruit Premium ke dalam tas bekal anak dan suami. Praktis toh...

Sasaran konsumen

Target konsumen yang utama sih tentu saja kaum perempuan ini, dari kalangan pekerja, profesional dan ibu rumah tangga. Baru kemudian para pria, yang datang dari kalangan pekerja dan profesional, sebagai target konsumen kedua. 

Secara global, yang diharapkan menjadi konsumen Vegie Fruit Premium ini adalah individu perempuan/laki-laki, keluarga dari kalangan A-B class dan urban. Namun jika dikelompokkan lagi menjadi kategori yang lebih sederhana, target konsumen Vegie Fruit Premium adalah sebagai berikut:

photo resource: nicolena.com/hufftington.post/freepik
Well, kalian masuk kategori yang mana? Adakah di atas sana? Kalau ya, selamat kalian berjodoh dengan Vegie Fruit Premium *ehehehe*.

Varian

Sebetulnya Vegie Fruit Premium ini punya dua varian, Carrot Squeeze dan Tomato Punch yang komposisinya terdiri dari campuran sari tomat dan sari buah apel. Tapi yang diluncurkan baru Carrot Squeeze. Penggemar tomat dan apel sabar dulu ya...

sumber : vegiefruit.com
Harga

Walau brand premium, tapi kalau soal harga jangan khawatir... terjangkau kok. Dibandrol IDR 8.900, Vegie Fruit Premium sudah bisa didapatkan di supermarket-supermarket terdekat di kota Anda. Sebagai member Persatuan Mama-Mama Cinta Diskon, saya doakan semoga beruntung ya masih dapat harga promo. 



Pada saat sesi tanya jawab ada peserta yang menanyakan, cara mengkonsumsi sayur dan buah yang lebih baik seperti apa? apakah dimakan langsung (mentah), dimasak dulu atau dibuat jus (untuk buah)?


Dr. Rida Noor, SpGK, spesialis gizi klinik, yang juga menjadi narasumber di acara tersebut, menyarankan agar buah dimakan langsung. Sayuran bisa diolah dulu, namun harus memperhatikan cara mengolahnya. Proses yang kurang baik dapat menyebabkan rusaknya kandungan nutrisi dalam sayuran.

Kemudian ditanyakan juga, apakah dengan minum jus buah kemasan seperti Vegie Fruit Premium ini sudah cukup memenuhi asupan sayur dan buah? Ibu Adelia Pramasita menegaskan, "Vegie Fruit Premium hanya sebagai pilihan, bukan pengganti konsumsi sayur dan buah sehari-hari". 

Gimana, Buibu? Kalau masih penasaran langsung aja intip-intip website dan media social Vegie Fruit Premium:
Website : www.vegiefruit.com
Instagram : @vegiefruitid
Facebook : Vegie Fruit
Twitter : @VegieFruitID


Love,




KOK NGGAK PADA KEPO SIH SAMA WARISANNYA?


Tadinya mau ngedraft buat postingan tapi pengen curhat. Daripada jadi jerawat mending saya tulis aja uneg-uneg ini. Syukur-syukur ada yang terinspirasi, tapi kalau yang mau eneg juga gak papa... 😁

Awalnya, secara gak sengaja saya baca (lagi) postingan dedek gemes yang heits banget belakangan ini, karena postingan-postingannya yang "smart and shining" 😁. Setelah postingan "kenapa sih pada berisik aja" sekarang dedek gemes itu menuai lagi ribuan like dan share dengan topik "Warisan".

[cari sendiri sumbernya ah ya jangan manja minta dishare aja]

Ini bukan soal warisan harta, tapi agama yang diwariskan turun temurun. Memang, gak melulu fokus ke Islam, dia juga membahas agama lain. Dan mungkin kalau saya pakai kacamata global membaca tulisan itu, ya nothing was wrong with that. Tapi saya membaca tulisan itu memakai kacamata ke-Islaman saya, agama yang saya warisi selama 44 tahun.

Bisa jadi saya salah menafsirkan, tapi ada yang terasa janggal  dan seperti ada yang mengganjal di hati saya. Menurut saya opininya itu misleading, saya sampai keceplosan ngetik "sesat ah, Dik" di kolom komentar. Dan ya, akhirnya saya hapus saja komentar itu daripada mendatangkan masalah. Yang luar biasa ribuan jempol dewasa mampir di sana. 

Maka saya menulis keresahan saya itu di status Facebook sebagai berikut:
bagi saya Islam bukan sekedar warisan, nama saya Grace Marina Sophia Alexandra, tapi saya bersyukur dan menikmati warisan sebagai muslim. Mengapa Dik Afi Nihaya *maap diralat* itu menulis soal (agama) Warisan ini, mungkin dia masih menganggap agama Islamnya-itu sebagai warisan bukan agama yang diyakininya sepenuh hati (kasihan). 
Semua penganut keyakinan berhak mengklaim jika keyakinannya lah yang paling benar. Sah-sah aja. Silakan. Tapi, saya (pribadi) tidak setuju jika disebut semua agama sama. Ini membentur ketauhidan yang susah payah saya pelajari dan pahami selama ini. 
"... Pada hari ini telah kusempurnakan bagimu agamamu, telah kutambahkan kepadamu nikmat-Ku dan telah kuridhai Islam sebagai agamamu..." (QS:Al-Maidah:3) 
Nah itu pegangan saya sebagai muslim mengapa menganggap Islam yang paling benar. Jadi kalau si adik bilang: kalau bukan Tuhan siapa yang menciptakan muslim, kristen, budha, hindu, ateis dan masih memeliharanya sampai hari ini... 
siapa coba? *hehehe* 
Dalam pengetahuan saya, jika Tuhan yang dimaksud adik manis di sini Allah SWT, asa bukan ah. Pan itu liat ada ayatnya di atas. Duka atuh eta hindu, budha, komo ateis mah saha nu ngamimitian. Kalau nasrani agak belibet ya karena terkait sejarah kerasulan. 
Saya pribadi gak pernah diajarkan atau kepengen melecehkan keyakinan lainnya selain Islam. Dan saya yakin setiap ummat Islam yang taat pada ajarannya pun demikian. Lakum diinukum wa liya diin... 
Tidak akan menggigit semut jika tidak diganggu. Tidak akan menyengat lebah jika tidak diusik. Falsafah kehidupan beragama yang bergam mah gitu aja, simpel kan. 
Jadi semestinya nggak ada yang perlu dikhawatirkan, resah gelisah gundah gulana galau sampe histeris, semua akan baik-baik saja selama tidak saling mengganggu apalagi menyakiti.

Kemudian dari komentar teman-teman yang sepaham saya mendapat pencerahan lagi dan diingatkan pada satu hadist penting:
"Setiap anak dilahirkan di atas fitrah, maka orang tuanya lah yang menjadikannya Nasrani, Yahudi dan Majusi"
Jadi jika "Tuhan" yang menciptakan muslim, kristen, hindu, budha, ateis sekalipun, Tuhan yang mana? Allah SWT nggak mungkin mengingkari ucapan-Nya yang tertulis sebagai Al-Maidah ayat 3 itu. Dan lagi-lagi ujung-ujungnya selalu mengarah pada perpecahan akibat perbedaan. Duh, Dik...

Ada komentar yang membesarkan hati saya berkata begini,
....Tapi, saya (pribadi) tidak setuju jika disebut semua agama sama. Ini membentur ketauhidan yang susah payah saya pelajari dan pahami selama ini.... 
Setuju dengan kalimat ini, banyak yang tidak paham dengan kalimat ini saya maklumi karena pengalaman dalam mengkaji Islam tidak ada atau belum pernah sama sekali maka Islam baginya adalah warisan. Saya yakin dengan menghadiri kajian2 Islam maka akan berubah pemahamannya. Kita doakan ...
Sepakat Mbak. Logikanya, kalau ada orang yang mendapat warisan biasanya kan seneng tuh, terus nyari tahu dapet apa? keuntungannya buat gue apa? nyaman gak buat gue? atau gimana caranya supaya warisan itu gak lepas dari tangan gue. Intinya: dipelajari, dipahami sampai menemukan keuntungan buat dirinya.

Coba sekarang berdiri di depan cermin, terus tanya pada diri sendiri apakah agama Islam hanyalah sekedar warisan aja? kemudian menjadi beban, burden bagimu... lalu kenapa kamu masih memakai Islam sebagai agamamu?


Love,




FOTO RAME-RAME BARENG GENG LEBIH PERFECT PAKE VIVO V5s



Jadi, ceritanya *hela napas* untuk pertama kalinya saya diundang ke event keren, yaitu launching sebuah brand smartphone *ehm*. Tepatnya acara peluncuran produk smartphone yang bertajuk "VIVO V5s 20MP Softlight Camera Perfect Selfie" pada tanggal 10 Mei 2017 lalu, yang berlokasi di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan.

Happy dong tentunya. Ya gimana nggak happy, event seperti ini kan biasanya yang hadir juga nggak sembarang orang. Yang diundang selain media pastilah ada selebritis, selebgram, influencers dan KOLs yang dianggap berpengaruh di jagad sosmed. Dan nggak ketinggalan para Blogger, yang di event ini dilabelin sebagai Social Media Agent. Iya, beneran kok... label yang ditempel tulisannya gitu di kursi-kursi tempat kami duduk. 

Begitu datang di tempat acara, saya disambut Selfie Spot yang entrancenya aja keren banget. Ala-ala futuristik gitu. Bukan semacam photo booth wall biasa, tapi satu ruangan khusus, supaya tamu-tamu bisa selfie-selfian sambil menunggu acara dimulai. Untung saya ketemu Kang Ade dan Kang Hilman, kontingen blogger dari Bandung jadi ada temen, masalahnya saya suka tengsin kalau seselfian seorang diri *bweh*





Puas lihat-lihat dan foto-foto di Selfie Spot, saya dan teman-teman blogger yang lain beranjak ke F&B Area. Ngisi perut (saya) yang emang udah protes minta diisi. Maklum saya kan blogger dari daerah yang harus menempuh perjalanan jauh gitu, jadi happy banget pas dipersilakan makan. Nggak usah nanya ya gimana bentuk hidangannya. Bayangin aja sendiri deh, Hotel Raffles kan kelasnya King Salman. Jadi hidangannya ya udah pasti kece di mata, lidah dan perut. 

Tepat jam 12.20 WIB saya masuk ke balroom tempat acara. Di dalam ruangan udah banyak juga yang mengisi tempat duduk. Seperti yang saya bilang di atas, kursi udah pada dilabelin jadi nggak ada yang bisa duduk sembarangan atau serobot sana-sini, karena sudah dikelompokkan sesuai perannya. Btw kursi barisan (tepat) di depan saya diisi CEO-nya dari Vivo Indonesia *penting gak sih diceritain* 😀



Nggak lama nunggu, tiba-tiba panggung menjadi meriah dengan grafis-grafis geometris berwarna warni, kemudian kesadaran saya digebrak oleh musik pembuka dari band yang lagi hips banget saat ini yaitu Barasuara. Wih keren nih, udah lama denger kiprah mereka, tapi baru sekali ini nonton mereka live dan fix saya jadi fans mulai saat itu. Sayangnya mereka cuma main satu lagu aja. Mau teriak: Lagi! Lagi! keburu inget di depan kan para CEO terhormat *bisa diseret satpam keluar ruangan kalo nekat gitu*.

Kemudian munculah Daniel Mananta membuka acara dengan gaya khasnya yang (masih) kocak. Dilanjutkan dengan sambutan dari CEO Vivo Indonesia, Mr. James Wei. 

Dalam bahasa mandarin (ada penterjemah sih) beliau menjelaskan mengenai kiprah Vivo Smartphone di Indonesia. Vivo Smartphone memasuki pasar Indonesia sejak tahun 2014. Baru 3 tahun ya, masih terbilang muda juga, tapi dengan menusung image smartphone berjiwa muda dan fashiobable, perkembangan Vivo Smartphone di Indonesia terbilang cukup pesat. Terbukti sekarang Vivo Smartphone memiliki 6000 pengecer di 360 kota di 32 provinsi. Sebagai perangkat smartphone berbasis LTE, Vivo Smartphone juga sudah memenuhi aturan pemerintah untuk 32% Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Bahkan Vivo Smartphone membuka pabrik sendiri di daerah Cikupa, Tangerang sejak bulan Maret 2016.

Nah, yang merasa belum pernah denger ada smartphone dengan brand Vivo keterlaluan deh kudetnya, karena di tahun 2016 produk Vivo Smartphone sebelumnya (Vivo V5) meraih top 10 Google key search di Indonesia ini dan mencapai 7x trending topics. Kurang populer gimana coba.

Setelah sambutan dari Mr. James Wei, Daniel pun mengumumkan seremoni peluncuran Vivo V5s segera dimulai. Kemudian dinding background panggung pun bergeserke dua sisi, dan muncul Al Ghazali di balik meja DJ membawakan sebuah lagu, entah apa judulnya tapi enak sih dipake goyang badan bentar.

Dengan demikian resmi sudah "Vivo V5s 20MP Softlight Camera Perfect Selfie" diluncurkan di Indonesia. 



BRAND AMBASSADOR BARU

Peran Ambassador dalam memperkenalkan Vivo Smartphone ke masyarakat Indonesia juga harus diacungi jempol. Setelah Agnez Mo, Pevita Pearce dan Afgansyah Reza, pada kesempatan kali ini Vivo Smartphone memperkenalkan Prilly Latuconsina, Al Ghazali, dan kakak beradik Zaskia dan Shireen Sungkar sebagai Ambassador dan Selfie Idols yang baru.

Tambah meriah dong acara. Ya pasti... semua wartafoto dan peliput acara, termasuk saya langsung breeeeek... merangsek ke depan panggung. Nggak mau ketinggalan untuk mengambil foto mereka. Walau yah, saya yang berbodi minimalis ini harus sabar menunggu tangan-tangan yang megang handphone dan kamera di depan saya turun dulu, supaya saya bisa mengambil gambar yang clear.



Selain para Ambassador itu, pihak Vivo Smartphone juga memperkenalkan Nicoline Patricia Malina, seorang fotografer profesional, model juga, sebagai Chief Selfie Officer yang akan berbagi tips tentang #perfectselfie. 




PERFORMANCE

Setelah acara perkenalan dengan para Ambassador dan Selfie Idols, undangan yang hadir disuguhi penampilan romantis dari Afgansyah Reza. Langsung deh pemirsa merangsek maju tak gentar supaya bisa mengambil foto dan video solois yang bekennya sampai ke negeri ginseng ini, dari angle yang terbaik tentunya.



Nggak cuma Afgan yang naik panggung, adalagi penyanyi yang paling ditunggu penampilannya. Siapa diaaa? Siapaaa? *Daniel Mananta wannabe* Ya siapa lagi kalau bukan Agnez Mo. Aksi panggungnya selalu energik dan dinamis. Seru nonton Agnez Mo live, kualitas suaranya emang bukan bohong. Keren.



Beres performance, acara diakhiri dengan pembagian hadiah untuk pemenang kuis dan penarikan door prize. Maaf nggak ada fotonya, males sih ambil foto kalau nggak dapet door prizenya *hehe*

Acara pun ditutup dan para tim media ini dipersilakan untuk melihat-lihat smartphone Vivo V5s yang sudah didisplay khusus untuk dipegang-pegang, diraba-raba, dipencet-pencet, nyoba selfie-selfie, dengerin musik. Tapi sayangnya nggak boleh dibawa pulang.


HIGHLIGHT PRODUCT

Vivo V5s memfokuskan keunggulan fitur-fiturnya pada dua hal yaitu fotografi dan musik. Maka tak heran jika Vivo V5s ini mengusung tren baru sebagai Smartphone Camera and Music. 

20MP Crystal Clear Selfies

Kamera depan 20MP meningkatkan performa selfie ke level lebih tinggi. Memberikan hasil foto yang sebening kristal: lebih jernih, tajam dan menampilkan warna seperti aslinya.

New Selfie Softlight

Fitur ini membantu pencahayaan pada saat pengambilan selfie di lingkungan dengan pencahayaan yang minim, bahkan gelap sekali pun. Hasil selfie bakalan seperti hasil foto di foto studio profesional lho.



Group Selfie

Kalau udah pake Vivo V5s foto rame-rame sama keluarga atau and the gangs bakal aman, nggak pake teriak lagi eh kamu kurang naik, rapetin-rapetin, nih ah kamu yang pegang tongsisnya biar keambil semua dan sejuta kericuhan lainnya yang udah jadi ritual sebelum foto wefie. Sekarang nggak perlu kayak gitu lagi, Kakak, soalnya teknologi tongsis dan panorama udah bersatu dan dimodifikasi jadi efek panning lanskap panorama di smartphone ini.

Caranya, group yang mau difoto berdiri biasa aja nggak usah desek-desekan depan screen handphone, tapi jangan terlalu jauh-jauhan juga sih, terus kayak dicapture ala-ala video gitu. Ke kiri... tunggu sampe bergetar, terus pindah tengah, terus ke kanan... udah deh selesai dan Voila! semua orang yang segambreng itu muat dalam satu frame. 



52MP Ultra HD Photos

Sensor kamera belakang 13MP dilengkapi teknologi PDAF memungkinkan Vivo V5s menangkap moment dengan detail yang lebih halus dan dapat mengambil multiframe dengan cepat untuk menghasilkan kualitas foto 52MP.

HI-FI Music

Ini penting nih buat saya. Penghantar suara di hp saya sekarang kurang asoy, jadi kalau denger musik harus pake headset yang bagusan biar produksi suaranya terbantu jadi lebih bagus. Tapiii... kalau Vivo V5s ini ditanam chip audio AK4376 (serem ya namanya kayak sejata otomatis) dan hasilnya pada produksi suara beuh... jernih banget. Apalagi kalau dengerin musiknya pake headset, yang bawaan dari Vivo-nya aja udah enak banget... berasa nonton live music deh jadinya. Ini bukan hoax, soalnya saya nyobain sendiri kok. Asli.




Baiklah, kalau cuma ngomongin fitur aja mah ya nggak adil ya buat keunggulan yang lainnya kalau nggak ditampilin juga. Nah, sekarang saya mau bahas performa lainnya dari smartphone Vivo V5s.

  • Vivo 5s dikemas dalam Sleek Unibody Design serta U Shaped Cover Line. 
  • Didukung oleh teknologi 4GB RAM, 64GB ROM dan mendukung SD card sampai 256GB wah banyaaak banget kebayang bisa download drama-drama korea sepuasnya dan nyimpen foto-foto tanpa ada perasaan bersalah pada memori. 
  • Apps Clone, nah ini baru lagi deh buat saya, jadi fitur ini bisa mengkloning dua aplikasi pada nomor yang berbeda. Wah praktis dong, nggak usah pake dua smartphone lagi.
  • Funtouch O.S 3.0 merupakan pembaharuan dari OS Android 6.0 untuk memberikan kinerja yang optimal. 
  • Faster Finger Print Unlocking ini cuma 0.2 detik aja lho Kakak dan kapasitas baterai 3000mAH.
  • Smart Split 2.0 yang membantu kegiatan multitasking menjadi lebih mudah. Misal lagi nonton film tiba-tiba ada chat masuk dari pacar, dengan mudah kita bisa membagi layar menjadi dua dan membalas chat sambil melanjutkan nonton film. Selamet deh dari omelan pacar gara-gara telat balas chat. Asyik kan.




Harga 

Dan ternyata, dengan sejuta kekerenan fitur-fiturnya itu smartphone Vivo V5s ini cuma dibandrol IDR 3,799,000 sajah. Terjangkau lah kan ya. Yang belum menjangkau, mulailah menabung dari sekarang seperti saya.

Demikianlah laporan pandangan mata saya dari acara Launching Vivo V5s 20MP Softlight Camera Perfect Selfie. Tertarik beli? Silakan langsung menuju outlet-oulet pengecer smartphone keren ini. 


Love,