ALFAMART CLASS JURUSAN BARU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Buibu, jika nanti ada putera/puterinya waktu ditanya mau sekolah di mana, terus jawabannya mau masuk jurusan Alfamart Class, jangan langsung marah-marah nuduh anak pengennya bolos terus jajaaaaaan aja kerjaannya di Alfamart 😂.  Bukan begitu ya, Buibu, karena Alfamart Class itu bukan kelas khayalan, semu, palsu, apalagi hanya ilusi semata.  Tapi Alfamart Class itu benar-benar ada, nyata, dan dapat dipercaya *hehehe*.

Soalnya ya, Buibu, saya juga baru tahu kemarin dan (beruntung) bisa menyaksikan sendiri apakah itu yang dinamakan Alfamart Class.  Begini ceritanya.

Tanggal 7 Februari 2018, iya baru kemarin, saya diajak Pak Agung, staff PR dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk wilayah Banten, ke Pondok Pesantren Terpadu Bismillah di Barugbung, Kabupaten Serang (arahnya ke Padarincang, Ciomas).  Di sana, akan dilaksanakan acara peresmian program Alfamart Class yang dibentuk berdasarkan kerjasama antara PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Wilayah Banten dengan Pontren Terpadu Bismillah.  

Alfamart mempunyai program CSR yang didedikasikan untuk sekolah-sekolah, khususnya sekolah kejuruan (SMK) yang mempunyai jurusan pemasaran. Jurusan yang dikhususkan untuk program CSR ini dinamakan Alfamart Class.  Silabus pelajarannya sendiri sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengelolaan ritel di lapangan.  Jadi nanti KBM-nya itu akan lebih banyak melakukan praktik daripada teori.  Harapannya, kelak siswa/siswi dari jurusan ini dapat menjadi sumber daya manusia yang siap pakai dan bisa terjun langsung ke lapangan pekerjaan khususnya bidang ritel.

Program Alfamart Class untuk wilayah Banten sendiri, sudah ada di 8 sekolah, 4 sekolah di daerah Tangerang, 2 di Cilegon, 1 di Pandeglang, dan yang baru diresmikan ini untuk pertama kalinya di Kabupaten Serang.  Di seluruh Indonesia, program Alfamart Class ini sudah mencapai 194 sekolah, tersebar di kota-kota yang (tentu saja) ada cabang Alfamartnya.

“Industri ritel adalah industri padat karya, sebab pelayanan yang diberikan dilakukan oleh manusia, bukan didominasi oleh mesin. Namun untuk menemukan SDM yang mengerti fungsi dan perannya di bidang ritel tidak mudah. Alfamart Class ini diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM ini, serta mempersiapkan tenaga kerja siap pakai,” jelas Bapak Faturohman, Senior Manager License PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
Kelak setelah lulus, Alfamart akan merekrut mereka untuk bekerja sebagai karyawan di lingkungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk tanpa melalui tes, tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun.  Wah, boleh juga ya, daripada susah-susah cari kerja.  Tapiii... itupun jika yang bersangkutannya mau.  Kalau tidak bersedia, yang nggak apa-apa, program ini tidak ada ikatan apa pun... bebaaaasss....

Program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas lulusan SMK. Alfamart Class diharapkan mampu menjadi solusi yang menguntungkan bagi berbagai pihak. Di satu sisi Alfamart membantu menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK, di sisi lain kAlfamart juga mendapat tenaga kerja yang kompeten yang mampu menjawab kebutuhan perusahaan, sebagaimana dituturkan oleh Bapak Faturohman.

Dalam kesempatan yang sama juga diresmikan Business Center sebagai sarana atau bisa dikatakan Laboratorium praktik pengelolaan toko/ usaha ritel.  Business Center ini merupakan hibah dari Alfamart dalam bentuk suplay barang dan peralatan.  Semua diserahkan gratis untuk Pontren Bismillah.  Pengelolaan toko ini selanjutnya, akan diserahkan langsung pada siswa-siswa sebagai bahan pembelajaran.

Respons dari pemerintah daerah pun sangat baik, terbukti dari sambutan Bupati Kabupaten Serang, Ibu Hj. Ratu Tatu Chasanah, yang kemarin berhalangan hadir dan diwakili oleh Kadis Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kab Serang, Bapak Abdul Wahid, SH.   Dalam sambutannya, Ibu Bupati menyampaikan bahwa selain industri, masih banyak potensi bisnis yang bisa berkembang di Kabupaten Serang dan potensi lulusan SMK di daerah ini cukup besar untuk mendukung perkembangan bisnis ini.  Tetapi menurut beliau lagi, untuk menjadi tenaga kerja siap pakai masih dibutuhkan bimbingan dari pelaku bisnis agar siswa memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan sektor bisnis itu sendiri.  Peran serta pelaku bisnis sangat dibutuhkan untuk membantu lulusan SMK agar memiliki daya saing tinggi, terampil dan siap bekerja di dunia bisnis.

Nah, himbauan Bupati sudah diaplikasikan melalui program CSR Alfamart Class ini.  Cocok.  Program Alfamart ini memfasilitasi para lulusan SMK, terutama yang memiliki minat di bidang ritel.  nantinya mereka bisa bekerja di jaringan Alfamart, atau jika mereka ingin berbisnis ritel sendiri, mereka sudah dibekali ilmu yang memadai.

Demikian.  Saya rasa ini langkah yang sangat positif sekali dari perusahaan bisnis untuk membina masyarakat di sekitar wilayah bisnisnya.  Semoga langkah positif yang berfaedah seperti ini ditiru oleh perusahaan-perusahaan bisnis/industri lainnya, membina sesuai dengan core bisnisnya masing-masing.



Love,
Ina Inong
tachments area

2 komentar

  1. Wah baru tahu ada jurusan Alfamart Class, kalau di daerahku keknya belum ada.

    BalasHapus
  2. Wah terobosan terbaru ini yaa, aku malah nggak tahu ada jurusan Alfamart Class ini.

    BalasHapus