IPHONE X : PENANDA SATU DEKADE KIPRAH APPLE PHONE DI DUNIA


Demi apa coba jam 08.30 WIB udah nongkrong depan pintu masuk Mall Central Park, hari Jumat lalu.  Tanggal 22 Desember 2017, Bu! Mother's Day lho... nah ibu malah nongkrongin mall yang masih tutup.  Iya... kalau buibu lain sedang menikmati pagi hari ibunya dengan peluk cium, kartu, bunga, kue tart dari anak dan suami, kalau saya merayakan Hari Ibu dengan menuntaskan rasa penasaran pada produk terbaru iPhone yang disebut-sebut sebagai simbol momentum 10 tahun Apple phone ini.  

Saya bukan pengguna Apple phone sih, tapi yaitu penasaran aja why oh why ada sebagian dari masyarakat kita ini begitu cintanya pada iPhone, dari mulai CEO-CEO sampai dedek-dedek gemes yang masih nadah uang jajan dari ortu pun pengen pake iPhone, malah ada yang rela nggak makan siang di sekolah demi nabung buat beli iPhone *hebat*.

Dan ternyata ini nih alasan mengapa iPhone lebih disukai dibanding Android oleh penggemarnya, seperti dilansir website Home Credit Indonesia, September 2017:

SERBA SIMPEL, RINGAN, ELEGAN
Simplicity merupakan ciri khas setiap produk besutan Apple.  Mulai dari desain hingga sistem operasi semuanya serba simpel, ringan dan elegan.  iPhone lahir hanya dengan satu tombol "Home" aja di layar sentuhnya. Sistem operasi Apple phone nggak pernah kenal lambat atau nge-lag seperti yang sering terjadi pada smartphone android.  

BISA LANGSUNG UPDATE SISTEM OPERASI
Nggak seperti android yang OS-nya berjilid-jilid, jadi tiap ada OS keluaran baru kalau pengen ngikutin sih otomatis harus ganti hanphone kan.  iPhone nggak perlu jailbreak, pengguna iPhone bisa menikmati OS versi terbaru dengan HP yang sama.

APLIKASI TERBAIK
Sebelum muncul di android aplikasi keren semacam Instagram, Path, Facebook Moments itu munculnya ya di iPhone dulu dong.

PRODUK EKSLUSIF (PREMIUM)
iPhone hanya diproduksi oleh Apple aja, nggak seperti android yang dipakai oleh berbagai macam brand dengan range harga beragam.  Harga iPhone yang lebih mahal memberikan kesan bergensi bagi penggunanya.  Tapi sisi hematnya, aksesories iPhone bisa digunakan untuk segala jenis iPhone, dibanding aksesories android yang hanya bisa digunakan sesuai dengan tipe-tipe ponselnya.

Ooo... jadi itu alasannya, eksklusif... pantesan ada yang nekat beli produk refurbish juga *xixixi.... sssst....* tapi kalau tiga alasan di atasnya sih saya setuju dan mulai goyah nih dengan ke-android-an yang saya anut *bwahahaha*.

IPHONE X, IPHONE 8, IPHONE 8 Plus

Produk terbaru dari iPhone ini udah dirilis bulan November lalu, tapi baru beredar di belahan bumi Amerika, Eropa dan beberapa negara Asia seperti Singapura, Hong Kong, Taiwan, Tiongkok dan Korea.  Indonesia kapan?

Baru tanggal 22 Desember 2017 kemarin itulah, IPHONE X (dibaca iPhone Ten) ini hadir di Indonesia, dan saya salah satu saksi kehadiran perdana di bumi tanah air tercinta ini.  Nggak nyesel deh nongkrong pagi-pagi di iBox Mall Central Park untuk menyaksikan keseruan penjualan perdana iPhone X dan adek-adeknya, yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.


Salah satu calon buyer iPhone X, bernama Pak Hary sempat curhat sebelum beliau memasuki antrian.  Bapak yang ramah ini menyayangkan informasi yang kurang soal launching iPhone X ini.  Beliau sempat searching di internet memastikan tanggal penjualan perdana iPhone X di Indonesia, tapi nggak nemu informasi yang jelas.  Makanya, ketika ada kesempatan ke luar negeri Pak Hary beli tuh iPhone X idamannya di sana, tapi kan risikonya kucing-kucingan sama petugas bandara.  Sempat cerita juga gimana caranya dia "ngumpetin" iPhone X-nya tapi saya nggak akan ceritain di sini ah ntar pada niru *bwahahahah*.  Untung aja pagi itu Pak Hary baca pengumumannya di harian Kompas, jadi dia langsung menuju Mall Central Park buat beli lagi iPhone X idaman. 

"Coba kalau promonya jauh-jauh hari kayak S****** S* dulu itu, seminggu sebelumnya gitu pasang iklan jadi saya nunggu aja keluar di sini, nggak beli di luar," sesal Pak Hary.

Beberapa menit sebelum iBox store dibuka, antrian udah mulai panjang.  Ketika MC mulai menghitung mundur waktu opening, saya kok ikut degdegan... hahaha... hasrat pengen ikutan beli ada  juga sih, tapi saldo rekening ngepas kartu kredit udah digunting semua *deritaaaa 😂 diam-diam mulai ngitung event berbobot dengan fee tebel... tetep kudu berkali-kali event, yakali kalo dapet terus itu juga 😂*

Seluruh crew iBox Central Park sudah siap siaga menerima bludakan fanboy dan fangirl-nya iPhoneX

Begitu TENG! waktu pembelian start, wuaaah rame banget, Pak Fadli the first buyer *yang emang udah anteng ngantre sejak entah jam berapa* dipersilakan masuk dan langsung memilih produk yang diinginkan.  Pak Fadli dari Slipi *halah berima* memilih iPhone 8 Plus Gray 64GB.  Dan ketika melihat Pak Fadli mencium iPhone idamannya, duh perasaan leganya kayak abis menyaksikan ijab kabul *wakakakak*.

Pak Fadli dari Slipi, the first buyer, iPhone 8 Plus 64GB Gray sudah di tangannya.

Kemudian Pak Hary sebagai second buyer mendapat giliran untuk memilih iPhone X idamannya.  Pak Hary memilih iPhone X Silver 256 GB.  Selamat ya, Pak, kalau jodoh emang nggak kemana.  Menurut pengakuannya, dia membeli iPhone X ini untuk hadiah.  Ooo... hadiah Natal dan Tahun Baru ya, Pak.  Saya juga mau kok Pak buat hadiah Lebaran nanti ya... *duh lupa ngasih kartu nama*.


Buat yang penasaran why oh why para fanboy ini rela banget antre-antre sejak pagi buta dan masuk lewat pintu belakang mall bareng para office boy, cek aja sendiri spesifikasi iPhone X dan iPhone 8/8 Plus yang bikin mereka jatuh cinta.  Sementara saya, ngayal babu dulu deh dikasih gratisan buat review #kode.

UYA KUYA BORONG IPHONE X

Saat lagi asyik-asyiknya mengcapture segala kegiatan dan tingkah fanboy eh ada juga kok fangirl-nya seru-seruan beli iPhone idaman mereka, kok tiba-tiba ada kehebohan.  Lhooo... siapa itu pria tinggi besar berkulit gelap tapi pede to the max pake training suit KUNING! ya sapa lagi kalo bukan Uya Kuya.  Dia nggak datang sendiri lho, tapi boyongan sekeluarga.  Bunda Astrid, Cinta dan Nino juga ikut.

Well, Uya Kuya sekeluarga memang pengguna iPhone.  Pengakuannya sih mereka udah pakai iPhone sejak seri 4, 5, 6 dan terakhir 7 Plus.  Sekarang ada iPhone X ya pengen juga memilliki.  Kapan lagi punya iPhone yang dijadiin simbol momentum 10 tahunnya kiprah Apple phone di dunia ya kan.

Uya bilang sempat terpikir membeli iPhone X ini langsung ke negara produsennya biar fresh from the oven gitu.  Di sana memang lebih murah, tapi garansinya kan susah.  Jadi Uya memilih membeli di Indonesia yang bergaransi TAM.

Nggak tanggung-tanggung Uya membeli 4 iPhone X 256 GB Silver sekaligus untuk sekeluarga.  Wowowow... nanggung Ya empat aja mah, satu lagi dong buat saya *hanya dalam hati takut disulap Cinta jadi box iPhone*.  Tapi nggak berat sih buat Uya, karena dia memanfaatkan promo CC yang bekerjasama dengan Erajaya Group selaku distributor resmi iPhone di Indonesia.



HARGA RESMI DI INDONESIA

Jadi berapa kah bandrol resmi iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang dijual di Indonesia?  berikut ini bocorannya.

iPhone X

Versi 64 GB: Rp 17.999.000
Versi 256 GB: Rp 20.799.000

iPhone 8

Versi 64 GB: Rp 12.599.000
Versi 256 GB: Rp 15.399.000

iPhone 8 Plus

Versi 64 GB: Rp 14.499.000
Versi 256 GB: Rp 17.199.000


Produk iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus bisa didapatkan di seluruh jaringan ritel Erajaya Group, meliputi seluruh outlet iBox, beberapa outlet Erafone dan beberapa outlet Urban Republic. Erajaya Group juga melayani customer yang ingin membeli melalui kanal online di erafone.com atau iBox.co.id. Menurut keterangan Bapak Djatmiko Wardoyo, Director of Marketing & Communication PT Erajaya Swasembada, alokasi pertama untuk penjualan online sudah HABIS hanya beberapa jam setelah launching. Wow! tapi jangan khawatir karena akan langsung ada alokasi berikutnya. 

Don't you dare difoto pake iPhone X ini kalau belum perawatan wajah, ketajaman kameranya busyet dah kalau nggak pake beauty mode itu sproten (flek) sama pori-pori jelas banget.  Jadi dilema, beli iPhone X dulu apa ngelaser pipi dulu 😂


Ini dia penampilan asli iPhone 8 dengan layar 4.7" dan kakaknya iPhone 8 plus dengan layar 5.5"

Konon sebelum launching resmi iPhone X di Indonesia, ada dua seleb tanah air yang udah pamer memiliki iPhone ini di akun medsosnya, inisialnya Tante ND dan Mbak S... nah lho siapa tuh.  Pertanyaannya, darimana asal atau di mana mereka membeli iPhone X yang notabene termasuk barang mewah ini? Mungkin kucing-kucingan juga dengan petugas bandara? 😁

Anyway, membeli barang mewah itu hak segala bangsa yang merdeka asal ada duitnya. Cuma, jangan lupa bayar pajaknya ya. 


Love,


2 komentar