INDONESIA TUAN RUMAH ASIAN PARA GAMES 2018



ASIAN PARA GAMES 2018

Pertama-tama, di sini ada yang belum tahu apakah itu PARA GAMES?

Asian Para Games adalah ajang pertandingan olah raga dimana atlet yang mengikuti event ini adalah penyandang disabilitas, karena skalanya untuk negra-negara Asian, maka disebutlah Asian Para Games (APG).

Jangan-jangan ada yang nggak tahu kalau Indonesia memiliki atlet-atlet difabel yang unggul.  Bukan nggak tahu sih mungkin, tapi kurang memperhatikan seperti saya.  Dan ternyata atlet-atlet difabel Indonesia memiliki prestasi yang membanggakan.  Terbukti mereka baru saja menjadi pahlawan pengharum nama bangsa dengan menyabet gelar Juara Umum di ajang Para Games tingkat ASEAN ke-9, bulan September lalu  di Malaysia.


sumber : tribunnews.com. kompas.com. sport.tempo.com
Tahun depan, para atlet ini akan bertanding lagi di ajang yang lebih besar yaitu Asian Para Games 2018.  APG ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali, sama dengan Asian Games.  Tapi APG bukan bagian dari Asian Games. APG adalah event yang berdiri sendiri.  APG 2018 ini bakal menjadi ajang yang ketiga.  APG pertama diselenggarakan di Guangzhou, China, yang kedua di Incheon, Korea Selatan dan tahun depan Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah.  Yang membanggakan Indonesia adalah negara Asia Tenggara pertama yang menjadi event akbar ini.


Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) selaku organisasi yang akan menjadi official committee penyelenggaraan APG 2018 nanti memilih elang bondol sebagai maskot APG 2018.  Elang bondol yang juga merupakan maskot kota Jakarta ini diberi nama MOMO.  Nama MOMO ini ada kepanjangannya lho, yaitu MOTIVATION and MOBILITY.  Ini menjadi jargonnya APG 2018 dong ya.


Ada empat misi yang akan diusung event internasional ini yaitu Equity, Inspiration, Determination dan Courage.  Harapannya event ini akan mejadi momen yang memunculkan gagasan kesetaraan untuk penyandang disabilitas, bahwa tidak ada yang "aneh" dengan keadaannya, mereka semua sama seperti kita yang "normal", juga menginspirasi, dan menumbuhkan semangat keberanian.


Event akbar yang akan melibatkan 43 negara dan sekitar 3000 atlet ini akan mempertandingkan 18 cabang olah raga dan memperebutkan sekitar 500-an medali. 

SEPULUH RIBU VOLUNTEER

Melihat angka di atas, tak mengherankan jika INAPGOC pun sudah melakukan persiapan sejak dini.  Baik persiapan kesiapan sarana dan prasarana, juga sosialisasi event ini kepada masyarakat di 16 kota besar, yaitu Medan, Palaembang, Batam, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, makasar, Samarinda dan Ambon.

Biasanya sosialisasi yang mereka lakukan dengan membuka booth di mall-mall besar.  Selain mengedukasi masyarakat tentang apa itu Asian Para Games 2018, dengan tujuan menggalang dukungan dari masyarakat, INAPGOC juga membuka pendaftaran untuk volunteer atau relawan yang ingin membantu langsung di lapangan saat event berlangsung.


Jadi semangat pengen nonton ya.  Oiya, event Asian Para Games 2018 ini diselenggarakan di Jakarta saja.  Niat ah bawa Keyaan, moment yang bagus juga untuk mengedukasi anak-anak kan ya. Keyaan tahu ada orang-orang penyandang disabilitas, tapi yang hebat-hebat seperti para atlet ini dia belum tahu dan harus tahu.

Mau gabung sama saya sebagai suporter tim Indonesia? Tunggu ya, Asian Para Games ini baru akan dilaksanakan bulan Oktober 2018, tepatnya dari tanggal 6 - 13 Oktober 2018.  Masih ada waktu buat nabung ongkos dan uang jajan *bwehehehe*

Sampai ketemu nanti ya.  INDONESIAAA... prok prok prok prok prok...

Love,





6 komentar

  1. Masih lama, ya? :'D Tapi nggak apa deh. :D Pasti nanti nonton.

    BalasHapus
  2. iya sih :D tapi karena event besar mungkin persiapan termasuk sosialisasi perlu jauh-jauh hari ya

    BalasHapus
  3. wowwwh jumlah volunteer yang dibutuhkan ternyata banyak juga ya mbak, iyalah ya karena mungkin pesertanya dari 43 negara yang siap mewakili dan menjadi atlet berkualitas tanpa belah kasihan ya.Sudah ga sabar nih pengen nyaksiin langsung. Semoga berjodoh ya mbak wkwkkw, yuhuuu ajak main yang jau Keyaan mamanya ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pastinya ngurusin ribuan atlet gitu kan... yoi moga bisa menyaksikan accara akbar ini

      Hapus
  4. Semangat y mba dukung terus para atlet penyandang disabilitas apapun hasilnya
    . Indonesia bisa

    BalasHapus