BEGINI CARANYA MENYIAPKAN ANAK MENJADI GENERASI MAJU


Mendengar dua kata ini #GenerasiMaju, definisinya seperti apakah? atau ciri-cirinya seperti apa sih anak generasi maju ini? Ada kah kaitannya dengan Generasi Emas tahun 2045 yang sedang giat dicanangkan pemerintah? 

Mendefinisikan #GenerasiMaju agak bias karena (menurut saya pribadi) parameter kemajuan itu bisa berbeda untuk tiap individu. Tapi, kalau ditinjau dari ciri-cirinya, anak yang menjadi bagian dari #GenerasiMaju adalah sebagai berikut:


Tiga kriteria itu udah pasti dong jadi dambaan Moms di mana pun juga, segala usia, dan segala latar belakang ekonomi dan pendidikan. Nah, gimana Moms caranya membentuk karakter anak supaya memenuhi tiga kriteria tersebut. Tentu saja jalannya nggak semulus pipi artis-artis Korea, ya kan... butuh perjuangan dan kesabaran. 

Saya aja yang bisa dibilang "Veteran Mom" gini masih harus banyak belajar ngawal anak-anak dengan perbedaan usia yang lumayan jauh. Peran sebagai orangtua remaja pasti berbeda dengan peran ketika menghadapi anak usia sekolah dasar. Dan yang pasti nggak ada sekolah resmi untuk jadi orangtua, di situ letak masalahnya. Tapi sekarang, dengan kebebasan teknologi, kita bisa menggali ilmu parenting dari berbagai sumber. Salah satunya adalah seminar parenting seperti yang (sering) diselenggarakan oleh SGM Eksplor. 

Seperti yang baru saja saya ikuti, hari Sabtu tanggal 29 Juli lalu yang bertempat di hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta Barat. Tema seminar parenting hari itu memang sesuai dengan  pembahasan mengenai generasi maju ini, yaitu "Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil Menjadi Anak Generasi Maju." Di acara yang dipandu MC kocak Cici Panda ini kenyang deh saya dan Moms yang hadir dicekokin langkah-langkah apa aja sih yang bisa mengarahkan anak menjadi generasi maju oleh Mbak Anna Surti S.Psi, M.Si Psikologi yang bekennya sih dipanggil Mbak Nina, seorang Psikolog Keluarga dan Anak.

KEMAMPUAN BERSOSIALISASI

Moms, jika disimpulkan dari tiga kriteria di atas, anak generasi maju adalah anak yang mampu bersosialisasi dengan baik di lingkungannya. Tapi Moms nggak mudah membentuk anak dengan keterampilan sosial yang baik, ada syaratnya dulu. Memangnya apa sih syaratnya? Nah ini Moms, syarat untuk anak dapat bersosialisasi dengan baik.




Tentu saja dengan tubuh yang sehat anak bisa beraktivitas dengan baik, beda dong dengan anak lemah bagai tanaman layu yang nggak ketemu air seminggu. Cerdas berimajinasi maksudnya bukan supaya anak jadi halu ya... 😁 tapi kelak dengan imajinasi yang luas namun terarah, dia bisa kreatif dalam memecahkan berbagai persoalan dengan berbagai cara. Emosi yang baik anak bisa mengekspresikan keinginannya dengan baik dan mudah dimengerti oleh orang dewasa.

HAL-HAL YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK




Lalu keterampilan sosial seperti apa yang perlu dimiliki oleh buah hati kita, Moms? Nah, silakan di lihat penjelasannya berikut ini:



Moms nggak gampang ya perjalanannya membentuk anak menjadi Anak Generasi Maju, butuh perjuangan pastinya. Tapi, Moms nggak perlu khawatir, Moms nggak perlu merasa sendirian karena SGM Eksplor siap mendampingi Moms. Sudah menjadi komitmen SGM Ekslpor untuk selalu memberikan dukungan terbaik bagi para orangtua Indonesia dalam mempersiapkan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju. 
"Kami memahami perjuangan para orangtua untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan si Kecil. Bentuk komitmen dan dukungan kami berikan kepada orangtua Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orangtua dalam memastikan pemenuhan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi tumbuh kembang si Kecil.” (Astrid Parasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor)
Apa aja sih bentuk dukungan yang diberikan oleh SGM Eksplor? Bentuk dukungannya tentu saja dengan menyedian produk nutrisi terbaik dan berkualitas juga edukasi berupa seminar parenting. Melalui seminar parenting ini, diharapkan orangtua mendapat informasi yang tepat terkait dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan pola asuh yang sesuai dengan tahapan usia anak.

Program edukasi tersebut telah secara rutin dilaksanakan di beberapa kota. Wah, senangnya kalau bisa ikutan acara-acara seperti itu. Mana gratis lagi... *hehehe*. Gimana dong yang kotanya belum prnah dikunjungi, atau pas ada acara bagus gitu di kota tempat tinggal Moms, tapi adaaaa aja halangannya.

Eits, jangan galau Moms, karena selain berkomitmen dalam mengedukasi secara langsung, SGM Eksplor juga ingin program edukasi ini jangkauannya lebih luas lagi yaitu dengan mengoptimalkan aset digitalnya. Nah, jadi pada hari itu, bukan hanya diselenggarakan seminar parenting aja tapi sekaligus launching website resmi dari Aku Anak SGM, yaitu www.akuanaksgm.co.id


Connection Manager SGM Eksplor, Naomi Jamarro menjelaskan bahwa, “Untuk lebih memperluas jangkauan edukasi dan memberikan materi yang lebih menyeluruh  kepada para orangtua dalam mendampingi tumbuh kembang si Kecil, maka SGM Eksplor memperkenalkan website baru www.akuanaksgm.co.id, di mana orangtua bisa mendapatkan informasi melalui tiga pilar utama, yaitu pilar nutrisi, edukasi dan parenting dalam mendukung si Kecil menjadi anak generasi maju. Selain itu, melalui website; www.akuanaksgm.co.id para orangtua di Indonesia juga berbagi video cerita inspirasi tentang perjuangan orangtua dalam membesarkan anak sehingga dapat menginspirasi para orangtua lainnya untuk terus berjuang menjadikan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju.” (dikutip dari siaran pers yang dikeluarkan penyelenggara seminar).

Selain website, Aku Anak SGM juga bisa diakses melalui media sosial:

Facebook : Aku Anak SGM

Instagram : @akuanaksgm

Twitter: @AkuAnakSGM_ID



Love,

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan saya, silakan tinggalkan jejak ya... insya Allah saya berkunjung balik

Back
to top