TIPS MAKE-OVER DAPUR SUPAYA TETAP SEMANGAT JADI RATU DAPUR SEPANJANG RAMADHAN


Nggak terasa, sudah 10 hari aja ya kita menjalankan puasa. Siap-siap  masuk minggu kritis nih. Lho kok gitu?

Biasanya minggu pertama, saya masih semangat dan kepala masih penuh oleh ide menu makanan yang mau dimasak. Tapi... kalau sudah masuk minggu kedua, mulai deh... ritual bengong berjamaah di depan gerobak Mang Sayur pun bakal sering terjadi.

Mau masak apa ya...

Dan sepertinya virus bingung itu nggak cuma menyerang saya. Ibu-ibu tetangga juga. Akhirnya kami cuma bisa tertawa bareng kalau virus sudah menular satu sama lain. Ternyata virus yang ini mah bisa jadi hiburan juga *ehehe*

Buibu yang well-organized mungkin nggak terlalu pusing ya, biasanya mereka sudah menyiapkan daftar menu selama satu bulan dari sebelum masuk puasa. Sayangnya saya bukan tipe yang demikian. Nentuin menu spontan aja, tergantung apa yang ada di gerobak mang sayur. Kalau udah bosan to the max sama isi gerobak mang sayur, baru deh beranjak ke pasar. 

Ngomong-ngomong soal daftar menu itu, jadi ingat joke di WAG. Teman share menu untuk satu bulan selama puasa, wah menunya "masakan hebat" semua... mewah dan full kolesterol *haha*. Eeee... di akhir menu tertulis "semua sudah tersedia dalam bentuk mie instan" *bwahaha*. Dudul ah. Tapi, kalau mau ngambil praktisnya sih bisa aja gitu, cuma kan kasian suami dan anak-anak, dan yang pasti sih nggak sesuai dengan quotes di atas.

Lagipula di era digital seperti sekarang ini, apa-apa kan bisa ditanyain lewat internet. Termasuk resep-resep masakan. Banyak kok blog atau website yang menayangkan resep masakan praktis. Bahannya simpel, masaknya nggak ribet, tapi rasanya enak. Tinggal semangatnya aja dikuatin.

Naini dia ya semangat. Kadang-kadang kalau udah terjangkit virus mau masak apa, dampaknya malah jadi malas masaknya juga. Terus harus gimana dong? Naaah, kemaren-kemaren ini pas lagi senggang saya hobi lihat-lihat pinterest, dan tema yang menarik perhatian saya to the most adalah DIY sama urusan perdapuran. Eh, jatuhnya malah timbul ide buat menerapkannya pada diri sendiri, supaya hubungan saya dengan dapur semakin erat dan tak tergoyahkan oleh godaan bukber di luar *ngirit*

Jujur ini baru wacana sih, tapi saya sudah niat mau mewujudkannya kok, dan sudah ada approval dari pak suami *hore!*. Jadi nggak ada salahnya kan kalau saya juga berbagi ide supaya Buibu juga makin betah di dapur. Menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur bagi orang berpuasa itu menuai pahala juga lho.

Tips biar betah di dapur ala Mama Ina

  • Explore menu
Buat Buibu yang biasa pegang gajet, sebetulnya gampang banget, tinggal browsing aja. Tipsnya: cari masakan yang bahannya simpel dan cara membuatnya nggak ribet. Pernah dengar Cookpad kan? Nah, website itu andalan saya. Nggak apa-apa nyontek resep mah ya kan, nggak akan kena sanksi sosial akibat plagiasi kok. Tapi kalau mau diupload di IG atau blog, saya sarankan sih dicantumkan aja referensi resepnya, kecuali memang hasil rekaan sendiri.
  • Make-over Dapur
Ha? renovasi? Nggak usah panik gitu dong Buibu. Make-over kan bukan berarti harus renovasi gede-gedean. Ada kok triknya make-over dapur tanpa harus mengeluarkan budget banyak, seperti ide-ide berikut ini:
Wall-sticker. Pemasangan wall-sticker di dinding membuat dapur atau ruang makan tampil kekinian. Vibe-nya jadi seperti di cafe-cafe gaul gitu kan. Kalau bosan dengan furnitur dapur, tapi belum ada budget khusus, lapisi furnitur dengan wall-sticker bermotif, atau sticker-sticker tunggal gitu. Coba deh lihat tutorial DIY-DIY di youtube atau pinterest, manis-manis lho jadinya. 
sumber: shopee.co.id

Koleksi peralatan dapur yang lucu-lucu. Sekarang kan banyak dijual peralatan dapur yang bermotif dan warna-warni. Ada yang bernuansa cerah, pastel, polkadot, atau yang bergaya klasik seperti stainless steel, kayu, dan polosan warna hitam. Tinggal pilih sesuai selera dan sesuaikan dengan warna interior dapur. Sepertinya dapur bakal jadi keren. Uhuy!

sumber: shopee.co.id
Koleksi pernak-pernik dapur. Dulu kalau nonton film-film produksi Amerika bertema keluarga, suka gemas sama setting dapurnya yang penuh pernak-pernik lucu. Seiring perkembangan jaman, di sini juga udah banyak dijual pernak-pernik dapur yang bikin gemas. Bentuk dan warnanya beragam, cocok banget jadi material penunjang interior dapur. 
Ini bukan mainan anak-anak 😊 Ini yang saya bilang pernak-pernik lucu di dapur, ada spons cuci piring, handuk tangan,
sarung tangan anti panas, dan magnet kulkas.  Sumber: shopee.co.id

  • Upgrade peralatan masak dengan peralatan yang up to date
Apa coba salah satu alasan yang bikin malas masak? Peralatan yang nggak efektif, bikin capek kan, prosesnya lama harus ngeluarin tenaga ekstra pula, akhirnya jadi malas masak. Coba deh kalau ngiris bawang pakai chopper, biar nggak bete gara-gara mata perih. Mulai sekarang tinggalkan "coet dan mutu" alias ulekan buat ngulek bumbu halus, kenapa nggak pakai blender aja, kan ada gelasnya yang khusus bumbu. Kurang afdol, Bu... eits siapa bilang. Pak Bondan Winarno aja bilang nggak pengaruh kok alat yang dipakai mengolah makanan dengan cita rasa yang dihasilkan. 
Masih ada yang nggak mau masak ikan gara-gara malas bersihin sisiknya? Buibu, hati-hati lho, yang nggak mau makan ikan nanti ditenggelamkan Bu Susi 😁. Sekarang sudah ada pisau khusus untuk membersihkan sisik ikan *thanks to the inventor*. Jaman serba modern gini nggak ada alasan untuk milih-milih masakan. Bakar, panggang, kukus... semua ada alatnya yang didesain praktis dan harganya juga terjangkau. 

Chopper, blender, hand mixer, slicers. Sumber: shopee.co.id
  • Hias dapur dengan tanaman 
Saya senang kalau di ruangan ada tanaman. Soalnya efeknya menenangkan, terasa sejuk dan segar. Nah, nggak ada salahnya dong kalau dapur juga dihias dengan tanaman. Sepertinya lebih asyik tanaman herbal yang bisa digunakan untuk bumbu. Kenapa? 
Coba deh ingat-ingat, pernah nggak lagi masak tahu-tahu nyadar kalau nggak punya daun bawang dan seledri. Atau pas lagi coba-coba resep ala-ala Eropa, eh herbal-herbal yang penting semacam thyme, basil, apalah apalah gitu lupa beli keringnya di supermarket. Kalau kita tanam sendiri di pot-pot kecil gitu, terus disimpan di dapur kan bermanfaat. Dapur juga jadi kelihatan segar.
sumber : theplumbette.com.au

Gimana? tips ala Mama Ina menarik kan? 😁 atau jangan-jangan udah ada yang mempraktekkan nih. Ya nggak apa-apa, tips ini berlaku buat yang belum aja ya *hehe*. Mudah-mudahan betahnya nggak cuma selama Ramadhan aja ya, Buibu, sampai seterusnya juga dong ya.

Eh, tapi ribet ah harus belanja-belanja, malas kan lagi puasa harus pergi-pergi, lemes. Ish, Buibu, jaman internet yang ngocornya udah kayak air ledeng gini mah, nggak usah jalan-jalan yang pakai ongkos dan tenaga. Jalan-jalannya ke Shopee aja, dijamin semua barang yang dibutuhkan ada di sana. Tinggal pilih - bayar - barang dikirim. Beres kan. Selain itu ada keuntungan lain kalau belanja di Shopee, dijamin nggak ada tipu-tipu, soalnya barang dijamin sampai ke pembeli, kalau barang nggak diterima ada jaminan uang kembali.

Duh, bahagia deh puasa-puasa gini bisa sharing hal-hal positif. Semoga bisa diterima manfaatnya ya, Buibu, saya terima pahalanya aja *hehehe*. Baik, sampai ketemu lagi di ide/tips yang lain ya, Buibu.

Selamat belanja... eh... puasa juga... 😉


Love,



CONVERSATION

6 komentar:

  1. Ih... pengen make over dapur ih. Biar betah dan jadi rajin masak. *sugan* :))))

    ReplyDelete
  2. Dapurku masih awut2an liat ini langsung punya keinginan buat nabung hahaha emang menurutku mba dapur yang enak dan nyamn bikin kita sering berkreasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang gak betah lihat dapur acak2an, mau masak jadi males, makanya kalo mau masak liat piring bekas makan masih bertebaran langsung gorowok, siapa yang abis makaaaan cuciiii mama mau masaaaak :D

      Delete
  3. Wah saya jadi terpikir untuk bikin wall sticker di dapur. Biar kalau pas pepotoan atau bikin video sambel, jadi makin cakep, kelihatan kayak dapur horang kaya, haha... Nah mampir2 lah ke Sophee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sticker itu penolong banget hihi... aku juga bikin rak buku dilapisin sticker jadinya lucu, pengen bikin juga buat di dapur

      Delete

Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan saya, silakan tinggalkan jejak ya... insya Allah saya berkunjung balik

Back
to top