MENJADI MLM SYARIAH K-LINK INDONESIA TUMBUH SEMAKIN BESAR


Bagaimana respons-mu jika ada orang yang ngomong soal MLM? Yes, Multi Level Marketing. Antusias atau malah skeptis?

Kalau nggak salah ingat, MLM ini mulai rame di Indonesia itu sekitar akhir tahun 90-an deh, dulu banyak banget jenis dan produknya. Tapi, satu per satu berguguran. Penyebabnya, kalau nggak produknya yang nggak jelas, sistemnya yang kacau, perusahaannya yang abal-abal, atau ada money game yang terlibat di situ.

Tetapi ada juga beberapa perusahaan MLM yang masih bertahan hingga sekarang. Salah satunya K-Link Indonesia. Saya sempat kaget juga ketika dapat undangan ke acaranya K-Link. Masih ada ya K-Link? 😀 Soalnya udah lama banget nggak dengar kabarnya K-Link. Padahal suami saya sempat jadi konsumennya produk K-Link, kalau nggak salah malah sempat jadi member segala. Dan mendengar kabar bahwa sekarang K-Link semakin besar, ternyata saya yang kudet *wehehe*.

Eh, barangkali masih ada yang (malah) belum tahu sama sekali soal K-Link ini, mari yuk dengarkan eh baca ulasan saya berikut ini.

SEJARAH K-LINK INDONESIA

K-Link Indonesia berdiri tahun 2002. Pada awal berdirinya, kegiatan bisnis dilakukan di sebuah ruko 4 lantai di kawasan Mangga Dua, Jakarta. Tahun berikutnya, K-Link berhasil membuka stokis pertama di Medan, yang disambung dengan pembukaan stokis di Jambi, Makasar dan Sulawesi Tenggara. Lima tahun kemudian, seiring dengan perkembangan bisnisnya yang makin maju, kantor operasional K-Link pindah ke Graha K-Link di kawasan Tebet, Jakarta.

Tahun 2010, K-Link Indonesia mendapat sertifikat pengesahan dari MUI, sebagai perusahaan MLM bersistem syariah. K-Link merupakan salah satu pelopor MLM syariah di Indonesia dan yang paling lama bertahan. Terbukti, hanya K-Link yang berhasil mendapat 3x pengesahan sertifikat syariah dari MUI, yaitu pada tahun 2010, 2013 dan 2017.

Pada tahun 2012, K-Link Indonesia memiliki gedung perkantoran sendiri, yaitu K-Link Tower, gedung yang terdiri dari 25 lantai dengan fasilitas modern, berlokasi di kawasan segeitiga emas Jakarta Selatan. Selama lebih dari satu dekade, K-Link telah menjadi perusahaan MLM terdepan, yang menjangkau pasar Indonesia bersama lebih dari 2 juta distributornya yang tersebar di 8 area wilayah pemasaran. *tepuk tangaaaan...*

MLM SYARIAH

Apa yang menjadi dasar K-Link Indonesia mengubah sistemnya menjadi perusahaan bisnis syariah? 

Prinsip dasarnya adalah "Islam is The Way of Life", artinya K-Link sebagai perusahaan memahami bahwa agama Islam tidak hanya mengatur masalah ritual atau hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan saja, tetapi Islam juga mengatur semua sisi kehidupan manusia, termasuk masalah sosial, politik, budaya, ekonomi dan bisnis *saya sepakat*.

Dari Rafi bin Khadij: Ya Rasulullah, usaha apakah yang paling baik? beliau menjawab: pekerjaan seseorang dengan tangannya (produksi/industri) dan setiap jual beli yang mabrur (distribusi/niaga). HR Ahmad.

Bisnis syariah sendiri di Indonesia bukan barang baru. Dimulai tahun 1990, bank syariah didirikan. Selanjutnya berkembang dengan lahirnya Industri Keuangan Non Bank (IKNB) syariah, seperti asuransi syariah, gadai syariah dan leasing syariah. Kemudian bertambah luas dengan lahirnya pasar modal syariah.

K-Link Indonesia mendapat sertifikasi dari DSN MUI pada tahun 2010. Bukan hal yang mudah dong untuk mendapatkan sertifikat syariah tersebut. Tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Nah, berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh K-Link:

  1. Anti terhadap money game. Hal ini merupakan sikap  kepatuhan terhadap prinsip syariah dan regulasi pemerintah.
  2. K-Link menjual produk yang benar-benar memiliki manfaat/utility, mendapatkan izin dari kementerian/lembaga terkait, dijual dengan harga yang wajar, tidak ada excesive mark up.
  3. Dalam marketing plan K-Link tidak ada passive income. Setinggi apapun levelnya ya tetap harus kerja. Tidak ada eksploitasi dari upline kepada downline.

Kemudian K-Link juga harus mempunyai Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang akan mengawasi pengelolaan perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. DPS ini bukan formalitas semata, tetapi benar-benar ikut bekerja dan berkantor di gedung K-link lho. 

Setiap lembaga bisnis syariah yang sudah mendapat sertifikat syariah, akan dimonitor, didampingi, dan dibimbing oleh DPS yang ditetapkan oleh DSN MUI. Melalui kapasitas ilmu yang dimiliki para ulama itu, diharapkan dapat memberikan solusi bagi bisnis yang dijalankan oleh ummat agar tetap sesuai syariah. Nah, disinilah ulama berperan dalam menjaga bisnis syariah.

Apa yang membedakan K-Link Indonesia dengan MLM (syariah) lainnya?

Iya kan, penasaran kan, apa sih yang membuat K-Link Indonesia berbeda dengan MLM (syariah) lainnya. Bukannya MLM mah gitu-gitu aja ya... *mewakili pandangan skeptis terhadap MLM*

Menurut Pak Hendri Rikianto, salah seorang Royal Crown Ambassador (level tertinggi di hirarki K-Link), ada satu rumus yang membedakan K-Link Indonesia yaitu rumus 5P. Apakah itu?

1. PRODUK

K-Link memiliki 180 jenis produk yang terdiri dari beragam peruntukkan. Produk K-Link terbilang cukup lengkap, mulai dari healthcare, bodycare dari ujung kepala sampai kaki, dan ini penting nih urusan tempat tidur juga ada *ehm*, clothing, sabun untuk mencuci pakaian, sampai ke produk perawatan mobil.Waw!


Beberapa di antara 180 jenis produk yang dimiliki K-Link

Dan asyiknya lagi, seluruh produk K-Link sudah terbukti sebagai produk terbaik untuk usaha MLM, unik, range harga lebar, mulai dari harga yang puluhan ribu sampai jutaan, dari bahan-bahan alami, cepat terasa khasianya. ada jaminan/product liability assurance, bersertifikat resmi dari BPOM, Depkes, halal, FDA, EPA). 

2. PLAN

Tampaknya marketing plan di K-Link ini nggak ribet tapi adil. Artinya dari atas ke bawah sama-sama bekerja keras. Hasil yang dipetik sesuai dengan kerja yang dilakukan. Tidak ada yang harus kerja rodi supaya bisa cepet naik level, dan kemudian merodikan bawahan nantinya *haha*. Di sini prinsipnya realistis dan sama-sama saling menguntungkan.

sumber : k-link.co.id

3. PLACE

K-Link International sendiri sudah menyebar ke 5 benua. Di Indonesia, K-Link ada di setiap provinsi, sampai ke kota kabupaten. Untuk seluruh Indonesia dibagi dalam 8 area pemasaran yang dipimpin oleh Area manager.

Untuk me-maintance member dan leader, K-Link memiliki program pertemuan dan pelatihan rutin di setiap kota.

sumber : http://mbp12110121123.blogspot.co.id
4. PROMOTION

K-Link paham betul kalau promosi memberikan keuntungan bagi calon pelanggan maupun distributor. Maka, yang selalu digarisbawahi adalah promosi yang tepat pada saat yang tepat, memberikan dampak yang luar biasa dalam usaha anda.

5. PEOPLE

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting. K-Link didukung oleh manajemen yang berpengalaman selama puluhan tahun di bidang networking. Perusahaan juga mengembangkan program K-System sebagai usaha meningkatkan kualitas SDM. Yang unik di K-Link adalah ditanamkannya semangat kebersamaan dan unity (loving & caring) antara perusahaan, karyawan dan member.

PROGRAM KHUSUS UNTUK LADIES

Dua - tiga tahun ke belakang, K-Link mulai serius menyasar target konsumen wanita. Hal tersebut diwujudkan dengan pengembangan produk-produk body care dan skincare yang ditujukan untuk kaum yang menurut survey Badan Pusat Statistik mengenai persentase penduduk menurut kelamin, jumlahnya lebih besar dibandingkan penduduk pria.

House of Beauty

Saking berpotensinya kaum wanita ini, K-Link punya perlakuan khusus yang bisa memanjakan dan membuat para wanita betah memakai produk-produk dari K-Link. Di K-Link Tower saja ada corner khusus, yakni salon dan pusat perawatan kecantikan. Di situ bukan hanya member wanita, pria juga bisa dan non-member pun bisa menikmati perawatan rambut dan wajah di sini.



Ladies Beauty Club

Klub ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri wanita dengan mengedukasinya dengan beragam topik, seperti gizi, psikologi keluarga, kecantikan wajah dan kulit, merawat kesehatan tubuh dan lain-lain.

Dalam waktu dekat, tepatnya tanggal 16 Juli 2017 nanti K-Link akan membuka Rumah Cantik LBC di Bandung, yang beralamat di Jl. Karawitan No. 18, Bandung.

Naaah warga Bandung, tunggu apalagi segera bergabung bersama K-Link LBC dong banyak manfaatnya tuh.


OFFICE TOUR

Nah ini yang paling ditunggu-tunggu, penasaran dong gedung perkantoran 25 lantai ini dipakai apa saja *hehe* tapi nggak semua sih, ya keburu lebaran kali kalau semua lantai kita datengin, jadi yang dilihat ya yang penting-penting saja. Rombongan Blogger didampingi oleh Bpk Herman Oscar, salah satu Area Manager di K-Link.

Kami "digiring" ke lantai satu, dimana K-Mart berada.  K-Mart ini tempat para member membeli produk-produk K-Link. Tempatnya cukup luas dan dilengkapi dengan fasilitas modern. Selain K-Mart, masih di lantai satu ada desk untuk pendaftaran member, klinik untuk product consultation yang didampingi oleh dokter, dan customer service.


Salah satu bentuk kepedulian K-Link Indonesia untuk masyarakat

Dari lantai satu kita dibawa naik ke lantai 6. Di sini ada ruangan untuk training. Pada hari itu acara kami bertepatan dengan Training for Trainer untuk Emerald Leader, kami jadi bisa berkenalan langsung dengan para Emerald Leader dari seluruh Indonesia. Wih, mereka keren-keren deh. Mau tahu berapa penghasilan rata-rata mereka per bulan? *wehehehe*



Mushola Darul Ikhlas ini luas dan bersih, tempat wudhu wanita terpisah dan tertutup. Senangnya kalau setiap
gedung perkantoran menyediakan fasilitas seperti ini.

Puas melihat-lihat di lantai 6, kami diajak naik ke lantai 7. Ini lantai favorit saya... hehe. Di lantai ini ada lounge yang diperuntukkan untuk para ELC dan PLC (Platinum Leader Consultant). Fungsinya untuk tempat meeting dengan calon member atau berdiskusi dengan teamnya. Hmm... bener-bener istimewa deh fasilitas yang diberikan K-Link untuk membernya yang berprestasi. 

Fasilitas-fasilitas yang lain juga dialokasikan di sini, seperti foodcourt, house of beauty, dan yang paling saya favoritkan adalah ruang terbuka dengan coffee shop di pojokan. Huhuhu.. meeting di sini sama team dan klien betah juga.




Setelah selesai tour, rombongan kami digiring kembali ke lantai 5, untuk mendengarkan penuturan dan diskusi mengenai bisnis syariah yang dijalani K-Link Indonesia, yang kemudian disambung dengan buka puasa bersama.

Demikian pengalaman saya ketika diundang oleh K-Link Indonesia. Setelah K-Link beralih menjadi bisnis syariah, saya jadi tertarik untuk menggunakan produk-produk K-Link, terutama skincare, karena harganya yang terjangkau dibanding produk skincare keluaran klinik kecantikan dan brand impor lainnya, bagaimana dengan Anda? 😊


Love,


CONVERSATION

5 komentar:

  1. zamannya dulu aku masih setia pake K-lin dari minnyak ikan sampe kloroil mba cuman seiring komitmennya untuhk hidup sehat kendor kenceng akhrinya weslah bye wkwkwk alhamdulilah waktu hamil aku konsumsi minyak ikan n klorofilnya anakku sehat n cerdas kek aku *ngalem sorangan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya bagus itu yah, saya mah tertarik sama skincare-nya *haha membelot*

      Delete
  2. Wah, Mama Ina. Saya ini yang baru tau namanya K-Link, haha... Ternyata ada ya MLM syariah. Produk yang dijual pun lebih ke kebutuhan rumah tangga. Asyik nih, Mama Ina, diajak tur keliling kantor yang megah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan ya jadi blogger itu banyak asyiknya hahaha... iya K-link ini lumayan lengkap produknya

      Delete
  3. kalau aku suka minum klhrorophil dari KLink

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan saya, silakan tinggalkan jejak ya... insya Allah saya berkunjung balik

Back
to top