CIPTAKAN PREMIUM BONDING MOMENT ANTARA IBU DAN ANAK SAAT "NGABUBURIT"


Waktu benar-benar berlari ya, kayaknya baru kemaren deh sahur pertama... eh sekarang udah minggu terakhir kita berpuasa. Harusnya sih tambah semangat ya mengejar amalan-amalan baik di 10 hari terakhir ini, pahala yang dijanjikan kan menggiurkan banget. Rugi kalau kita lewatkan.

Tapi gimana nih sama si kecil? Saya punya bungsu (semoga) usia 8 tahun. Nggak tahu deh makin ke sini kok makin banyak keluhannya. Terbalik sama awal-awal puasa, semangatnya luar biasa banget. Sekarang ada aja keluhannya. Pokoknya kalau udah lewat waktu zuhur tuh... duh yang haus lah, sakit perut lah, kurang banyak tadi makan sahurnya *hehehe*. Kalau udah gitu mama harus nebelin kuping dan perasaan deh supaya nggak jatuh iba dan akhirnya mengalah sama anak, sehingga drama berakhir dengan bolong puasanya.

Kalau udah begitu kejadiannya, mama harus lebih pintar dong dari anaknya. Mama kudu mengerahkan segala daya kreativitasnya supaya anak bisa teralihkan perhatiannya dari penyakit 4L (Lemah-Letih-Lesu-Lapar) saat puasa. Tapi ngapain lagi dong... main ular tangga udah, diajarin main halma udah, main monopoli sampai kakak-kakaknya bosan udah, main congklak marah-marah karena keabisan bijinya mulu *LOL* hmmm... masa balik lagi melototin gajet ah... 

Pucuk dicinta ulam pun tiba, eh saya diajak ikut meramaikan acara #RamadantogetherLotteChocoPie -nya Lotte Choco Pie Indonesia, pada hari Sabtu tanggal 10 Juni lalu. Tempatnya di Masjid Baitussalam Billy & Moon, Kalimalang, Jakarta Timur. Walau sempat nyasar bersama babang ojek yang agak sotew, tapi nggak nyesel deh datang jauh-jauh juga, karena nemu acara yang seru banget.

Acara dimulai setelah sholat Ashar. Senangnya bisa berkesempatan sholat di masjid yang pernah dipakai sebagai lokasi syuting sintreon favorit  dulu yang berjudul "Lorong Waktu", ada yang masih inget nggak? 😁

Acara yang pertama adalah "Pastry Class" yang diikuti oleh anak-anak yang hadir di lokasi. Pastry Class ini diasuh langsung oleh Chef Nanda Young. Chef muda berbakat yang lagi hits ini mengajari anak-anak cara menghias cake choco pie dengan pondan warna-warni dan berbagai hiasan dan bentuk cetakan. Kelas ini nggak cuma diikuti oleh anak-anak perempuan lho, anak-anak laki-laki juga banyak yang ikutan. Nggak sangka deh anak-anak ini terampil banget mencetak pondan jadi bentuk yang lucu-lucu.


Barengan sama Pastry Class, ada juga lomba menyusun puzzle. Anak-anak suka nih tantangan model begini, buktinya mereka asyik banget nempelin puzzle satu demi satu. Para mama boleh lho ikut membantu dengan ngasih petunjuk, tapi nggak perlu ikut rempong masangin plus sambil ngomel, "aduh kamu tuh gini aja nggak bisa." TERLARANG ya Buibu... itu perbuatah terlarang banget. 

Anak-anak yang lagi puasa kelihatan happy banget, sepertinya mereka jadi lupa sama rasa lapar dan hausnya. Padahal jam-jam segitu kan lagi kritis-kritisnya. Dan mereka tambah senang karena dikasih hadiah menarik dari penyelenggara.


Acara masih berlangsung meriah. Setelah dua acara terdahulu selesai, disambung lagi dengan lomba kreasi kue ibu dan anak. Jadi mamanya nemenin dan jadi team bareng anaknya untuk menghias kue secantik mungkin. Ish keren deh... dan bikin pengen. Sayangnya saya nggak datang bareng Keyaan, soalnya Keyaan lagi sakit mata 😭




Tapi ada kesempatan ikutan lomba foto di booth, hadiahnya lumayan banget voucher belanja. Tapi... yah nggak menang... belum rejekinya, Mbak... *hehe*.

Setelah lomba "masak-memasak" dan lomba menyusun puzzle, acara dilanjutkan dengan dongeng untuk anak-anak. Eh, surprise... pas masuk ke ruangan tempat acara dongeng diadakan, ternyata sudah ada anak-anak yatim yang diundang juga oleh Lotte Choco Pie. Wah senangnya, anak-anak yang hadir bisa turut menyaksikan moment berbagi dan semoga nanti bisa mengikuti teladan dari Lotte Choco Pie Indonesia ini.

Acara dongeng berlangsung seru, karena Kak Muis yang membawakan ceritanya asyik banget mendongengnya, apalagi ditemenin sama boneka lucu bernama Moty. Tausiah dari Ustadz Wildan juga seger, temanya pas buat anak-anak yang males-malesan kalau bangun sahur. Semoga setelah mendengar tausiah dari Ustadz Wildan, anak-anak sadar kalau waktu sahur itu banyak keberkahannya, jadi nggak malas lagi kalau dibangunin sahur.


Acara ditutup dengan buka bersama dan dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah. Sebetulnya kalau mau ikut sampai sholat Isya dan tarawih juga boleh-boleh aja sih, tapi berhubung rumah saya di ujung pulau, jadi ya terpaksa pulang deh kalau nggak gitu, bisa-bisa subuh baru sampai rumah *wehehehe*.

Nah, itu dia Buibu cerita saya tentang acara "ngabuburit" bersama Lotte Choco Pie Indonesia. Saya terinspirasi lho oleh acara-acara yang diadakan #RamadantogetherLotteChocoPie itu. Sepertinya acara-acara semacam menghias kue dan menyusun puzzle bisa ditiru untuk mengisi acara ngabuburit bersama anak di rumah ya. Mendongeng juga bisa jadi selingan untuk acara ngabuburit yang membutuhkan kegiatan fisik. Anak bisa santai sekaligus istirahat sambil mendengarkan pesan-pesan baik lewat cerita.

Manfaatnya kalau kita menghabiskan waktu bareng anak, bonding moment kita dengan anak semakin erat kan, Buibu. Buat saya bonding moment mereka semasa kecil ini lah yang menjadi bekal kedekatan mereka pada kita. yang akan terbawa sampai mereka dewasa kelak. Precious banget kan Buibu. Oleh karena itu, jangan lewatkan setiap detik pun waktu yang tersedia bersama si kecil bila ada kesempatan.


Love,


CONVERSATION

4 komentar:

  1. Makin kesini semakin drama ya puasanya wkwkkw, sabar dek sedikit lagi kog puasanya xixi. Segala macam mainan pun sudha dikerahkan haha namanya anak-anak ya begitu ya mbak wkwk. Coba kalau kemaren datang ke acara yang diusung Lotte Choco Pie pasti tambah seneng deh xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... belum lagi nanya Lebaran berapa hari lagi... hahaha bisa sehai 3x

      Delete
  2. Anak kecil yang baru belajar puasa klo rewel mah biasa yaa ka. Yang penting kitanya ngga ikutan rewel *eh. Ibu mah dituntut harus kreatif gimana caranya si anak ngga rewel terus apalagi rewel minta buka. Cari kegiatan positif yg bikin dia lupa sama puasannya emang PR banget kan. Nyari2 kegiatan di luar deh salah satu solusinya. Kaya ikutan kegiatan dari Lotte Choco Pie ini nih, bikin happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, berusaha supaya gak lembek nurutin rengekan anak hahaha... iya harus dikasih kesibukan supaya lupa sama rasa lapar dan hausnya, emak emang kudu kreatip *pake P* :D

      Delete

Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan saya, silakan tinggalkan jejak ya... insya Allah saya berkunjung balik

Back
to top