TIPS TRAVELING UNTUK USIA 40+



Saya pernah menjadi perempuan rumahan manja yang malas pergi-pergi kalau nggak diantar suami. Kejadiannya sejak saya berhenti kerja, nganggur, kemudian nyambung punya bayi lagi. Jangankan pergi jauh, kalau ada perlu di dalam kota aja selalu nunggu suami available. Pokoknya nggak mandiri banget deh, ogoan kalau kata bahasa Sunda-nya mah.

Salah satu pemicunya adalah kondisi kehamilan yang bermasalah. Sering mengalami kram perut dan kontraksi palsu yang berefek pada larangan menyetir mobil. Nyetir motor memang nggak bisa dari dulunya, naik angkot yampuuun... nggak kuat deh kalau sambil bawa perut segede tambur. Otomatis kalau pengen pergi-pergi ya itu tadi nunggu suami available. Akhirnya jadi keenakan dan kebiasaan, akibatnya hidup saya pun menjadi lamban selama hampir tujuh tahun (seusia anak bungsu saya).

Tetapi setahun belakangan ini, ritme hidup saya berubah total sejak aktif menjadi Blogger. Awalnya saya terkaget-kaget karena menjadi Blogger masa kini banyak juga kegiatannya. Saya harus cepat beradaptasi supaya nggak kewalahan, saya sadar betul menjadi Blogger aktif itu butuh stamina yang prima.

Masalahnya saya tinggal di Serang, kota yang jarang ada aktivitas bloggingnya. Demi memperluas wawasan dan networking mau nggak mau saya harus ikut berpartisipasi di acara-acara blogging yang diadakan di kota lain. Paling sering sih Jakarta, sesekali ke Bandung juga. Jadi kegiatan blogging saya bisa dibilang lintas tiga provinsi ya ^_^

Yang paling seru akhir September kemarin, tanpa saya sadari ternyata saya booked tiga acara dalam tiga hari berturut-turut dan satu lagi acara hanya berjarak tiga hari dari acara terakhir. Akibatnya saya harus melakukan perjalanan dengan rute Serang - Jakarta - Serang - Bandung - Jakarta - Serang - Jakarta (lagi). Waduh...

Sekarang pagi-pagi harus udah siap di stasiun udah biasa  ^_^
Risikonya sekarang nggak bisa lagi mengandalkan suami buat antar jemput, karena pada umumnya acara blogging sering diadakan di hari kerja, kalau pun ada yang di hari libur, suami soleh yang mendukung kegiatan "play-work" istrinya tetap jaga gawang menemani anak-anak di rumah. Yang penting objeknya ridho kan   ^ : ^

Saking seringnya pergi-pergi sendiri, sekarang saya udah tahu slahnya *halah slaaaah* traveling alone, makanya mau bagi-bagi tips nih buat buibu usia matang *hehehe* yang suka atau terpaksa traveling sendirian. Rasanya tips ini sesuai-sesuai aja deh untuk traveling jarak dekat atau jarak jauh.

1. Kenali tempat tujuan

Kalau ke Bandung nggak terlalu khawatir karena kampung halaman sendiri kan. Lain halnya dengan Jakarta, seperti yang terakhir itu acara di daerah Cikini. Wah, saya masih asing ke daerah itu. Pernah sekali ke situ tapi ya itu dia diantar suami kan tahu sampai aja ^ _ ^

Sebelum pergi saya googling tempat-tempat yang akan saya kunjungi. Cari informasi alamat lengkap dan nomor teleponnya. Kemudian cari tahu gedung atau kantor lain yang ada dekat lokasi acara yang mudah dikenali seperti bank, restoran, hotel, kantor pos, stasiun, dll, karena bisa membantu sebagai patokan atau ancer-ancer lokasi. Informasi-informasi yang saya dapat itu saya catat di notes kecil.

2. Catat Rute Perjalanan dan Kebutuhan Transportasi

Buat semacam itinerary. Itinerary diperlukan bukan hanya pas liburan aja. Setiap bepergian jauh, saya membiasakan untuk mencatat rute perjalanan. Kemudian mencatat kebutuhan transportasi, baik untuk perjalanan antar kotanya maupun transportasi di dalam kotanya. Supaya apa? dari catatan itu saya bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan, jadi kan bisa atur-atur budget plus persiapan pemesanan tiket kalau menggunakan travel atau kereta api.

Akhirnya... punya pengalaman naik kereta api Bandung - Jakarta
3. Hitung Waktu Dengan Cermat

Lebih baik datang cepat daripada terlambat kan? Apalagi saya jenis ibu-ibu yang gampang panik. Kalau terlambat pasti langsung nggak fokus, ngerjain apa-apa jadi nggak beres.

Nah, waktu ke Cikini itu, saya datang kepagian banget, sekitar dua jam lebih awal dari waktu acara. Tapi saya nggak galau, saya kan udah googling daerah sekitar lokasi, apa lagi kalau bukan cari tempat wiskul yang asyik *hehehe* dan waktunya pas lagi buat makan siang. Cikini kan gudangnya tempat makan legendaris. Tapi, saya ambil yang dekat-dekat lokasi aja. Saya jalan-jalan ala turis di sekitar lokasi, eh nemu kedai bakmi yang ramai pengunjung. Akhirnya saya terdampar di situ, karena penasaran dan lapar ^_^. Selain itu saya juga bisa mengamati lokasi sekitar dan menemukan hal-hal menarik yang bisa dijadikan bahan tulisan.

4. Pakai Outfit Yang Nyaman Selama Perjalanan

Bukan berarti harus stylish macam airport outfit-nya artis-artis loh ya, buat usia 40+ macam saya ini outfit di perjalanan harus nyaman dan anti masuk angin. Wah, kalau udah masuk angin bahaya... bisa buyar semua rencana dan kegiatan.

Saya memilih model yang cenderung sporty, dengan bahan yang ringan dan menyerap keringat jika bepergian di siang hari. Kalau bepergian sore sampai malam, saya tambahkan kardigan, syal dan kaos kaki sebagai tameng pelindung dari gempuran dinginnya AC kendaraan.

Untuk urusan kaki, saya kapok pakai high heels kalau pergi-pergi pakai transportasi umum, jadi kalau bepergian sendiri lebih memilih sneakers atau flat shoes. Kalau terpaksa harus ber-high heels karena acaranya formal, saya tetap bawa cadangan sandal. Selesai acara high heels masuk kantong, kemudian ganti pakai sandal ^:^

5. Siapkan Baju Ganti

Kalau travelingnya membutuhkan waktu bermalam, saya packed baju untuk satu-dua malam dengan menganut paham mixed and match. Paling bawa celana panjang warna hitam satu helai dan atasan dari bahan ringan minimal dua. Baju tidur dan kerudung-kerudung. Udah. Yang penting underwear bersih selalu tersedia. Gunakan travel bag yang ada rodanya, atau koper ukuran terkecil. Usia 40+ udah dilarang angkat yang berat-berat ya :))) enaknya kan tinggal dorong-dorong aja. Bisa berhemat dengan mengeliminasi biaya portir juga kan *ini bukan pelit tapi prinsip ekonomi*.

6. Sedia Obat-Obatan

Wajah bisa berbohong tapi usia nggak akan berkhianat *bwehehe*. Di usia 40+ ini saya akui stamina udah nggak sejago waktu usia masih 20-an atau 30-an. Kena angin sedikit langsung meriang. Kedinginan langsung bersin-bersin disambung dengan flu. Makanya sedia payung sebelum hujan, bawa persediaan obat-obatan termasuk multivitamin yang sekiranya bisa membantu dalam keadaan darurat.

Kalau pergi jauh saya selalu bawa 3 pouch. Pouch 1 isinya kosmetik, pouch 2 isinya powerbank, charger dan
alat tulis, dan gambar di atas isi pouch ke-3: senjata penghalau pegel linu, flu, masuk angin dan rasa lelah :))

Sebetulnya sebelum perjalanan maraton itu, badan ini kurang fit. Sebabnya sejak dua minggu sebelumnya kena tular flu dari si bocah. Tapi mau membatalkan hadir di acara-acara yang sudah terjadwal itu nggak enak juga, dan satu di antaranya malah semacam mini workshop dengan topik yang memang saya perlu banget dan belum tentu dalam waktu dekat akan diselenggarakan lagi. Rugi sekali kalau saya sampai batal ikut.

Tapi kan kalau habis sakit ya gitu deh, badan bawaannya lemas aja, makan juga malas-malasan dan wktunya semaunya. Padahal sesungguhnya pada  saat itulah tubuh sedang butuh-butuhnya asupan zat-zat yang berfungsi untuk membantu proses pemulihan. Zat apa saja yang diperlukan, tentu saja vitamin dan mineral. Asalnya dari mana? Yang paling banyak tentu dari sayuran dan buah-buahan. Nah kalau makan aja nggak nafsu terus gimana dong?

Ada solusi tepat dengan cara cepat untuk mengatasinya, saya minum multivitamin, tapi bukan sembarang multivitamin ya, melainkan Theragran-M. Kenapa? karena nggak seperti multivitamin lain yang hanya mengandung vitamin saja, Theragran-M adalah vitamin yang mempercepat masa penyembuhan dengan kandungan lengkap, yaitu vitamin dan mineral.

Vitamin yang terkandung dalam Theragtan-M yaitu Vitamin A, D, B1, B2, B6, B12, C, E, Niasinamida dan Kalsium Pantotenat. Fungsi vitamin-vitamin ini di antaranya untuk membantu mengembalikan nafsu makan dan membangun kembali sistem kekebalan tubuh yang rusak akibat sakit. Dengan adanya sistem imun yang baru, tubuh pun terlindung kembali. Jadi nggak salah kalau Theragran-M ini disahkan sebagai vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

Sedangkan Mineral yang terkandung di dalam Theragran-M adalah Iodium, Besi, Tembaga II, Mangan II, Magnesium, dan Seng. Mineral berfungsi membantu penyerapan vitamin oleh tubuh. Magnesium membantu fungsi metabolisme dalam tubuh. Asupan magnesium yang cukup meringankan kerja sistem imun tubuh sebagai pelindung fungsi-fungsi metabolisme dalam tubuh dari serangan penyakit.

Cukup satu kaplet satu hari. Tablet kalau diemut juga enak nggak pahit soalnya bersalut gula. Dan yang penting,
Theragran-M sudah mendapat label halal dari MUI
Selain membantu dalam proses pemulihan setelah sakit, Theragran-M juga membantu saya memulihkan stamina. Lagi-lagi karena faktor 'U' saya mudah sekali lelah, apalagi dengan jadwal kegiatan yang padat. Setelah selesai satu kegiatan, badan kok rasanya remuk redam. Kalau sudah begitu saya memilih istirahat dan minum satu tablet Theragran-M sebelum tidur, besoknya stamina saya sudah "on" lagi, full charge dan siap menjalani aktivitas berikutnya.

Kenapa saya begitu percaya pada Theragran-M, karena multivitamin ini diproduksi oleh PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia tbk, perusahaan farmasi yang sudah beroperasi sejak tahun 1972. Bukan karena tahunnya sama dengan tahun kelahiran saya ya ^_^ tapi rentang waktu yang lama itu membuktikan kredibilitas perusahaan yang terpercaya. Apalagi yang dikonsumsi kan termasuk jenis obat-obatan, jangan sembarangan pilih obat loh.

Sekian cerita dan tips traveling dari saya, si momih-momih "jarambah" di usia 40+, jika bermanfaat silakan diikuti jejak saya, atau barangkali ada yang mau menambah tipsnya, silakan menambahkan di kolom komentar.

Love,





sumber : 
1. doktersehat.com
2. taisho.co.id


    "Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."

    CONVERSATION

    64 komentar:

    1. Kalau saya malah terbiasa mandiri mbak, tapi emang pas hamil sering ditemeni suami sih.

      Makasih tipsnya mbak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. asalnya saya juga gitu dari anak pertama sampai kedua masih gagah mandiri, pas anak bungsu karena kelamaan di rumah tanpa kegiatan jadi aja keenakan dan malesan :D sekarang anaknya udah gede mulai bosen kalau di rumah aja, makanya beredar lagi :)) makasih udah mampir Prima

        Delete
    2. Theragran-M memang membantu masa penyembuhan ya Mak apalagi kalau usia sudah di atas 40 yang mana sudah rentan terkena penyakit.

      ReplyDelete
      Replies
      1. bener banget Ela, yang pasti sih cepet capek ya, kalau udah capek banget suka males makan, nah ini yang jd penyebab cepet sakitnya itu karena makan gak teratur

        Delete
    3. Aku juga sekarang jd rajin konsumsi ini setelah sakit. Beneran bikin speed recovery.

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau kecapean juga minum ini ternyata ampuh, cepet segernya lagi dan lanjut deh beredarnya :))

        Delete
    4. Jadi wanita harus tangguh ya mbak jangan ngandalin suami. Ini yang diajarkan suami saya agar saya tetap survive saat suami dinas luar. Namun demikian untuk menjaga stamina tubuh agar selalu fit perlu juga vitamin. Terimakasih sharing pengalamannya mbak....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul, lagipula kalau ketergantungan terus sama suami, saat nanti dia nggak bisa lagi mendampingi kita, limbung dong... bahaya kan, karena kita juga harus tegar jaga anak-anak *lho kok jadi jauh pembahasannya* :D makasih udah mampir Mbak Sri

        Delete
    5. Daaannn...aku masih menikmati jadi perempuan rumahan yang manja sepertinya. Selalu tergantung pada suami. Hehehe. Sukses ya lombanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau masih bisa gitu sih Mbak Ade saya juga mau banget :)) apadaya suami masih harus ngantor :))

        Delete
    6. iya aku juga dah ga kuat pake heels. flat shoes atau sport shoes aja sekalian :)
      moga sukses untuk lombanya ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. makasih udah mampir Mbak Inna, aku mah badannya udah kegedean buat ditopang high-heels, kasian kakinya :D

        Delete
    7. Kudu nyontek nih tipsnya dari Teh Ina yang tukang ka ditu ka dieu. Hebat. Saya mah seminggu sekali ke Bandung aja, sering jetlek. (((Jetlek)))

      Multivitamin emang udah jadi suplemen rada wajip buat saya. Biar stamina tetep terjaga. Anak empat tea atuh. Ripuh. Wkwkwkwk...

      ReplyDelete
      Replies
      1. nah gitu, empat kali turun mesin kan no joke yah... tapi kalau berdiam diri di rumah rada lama gitu badan juga gak enakeun harus dibawa "ancag-incig" :))) biar seger lagi

        Delete
    8. mantap bener mba bolak baliknya ngikut 3 acara 3hari berturut2...
      kepingin ikut juga acara2 blogger seperti itu, sayangnya lebih sering di hari kerja ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya Monda, nggak disengaja juga kirain ada seling sehari tahunya nyelip di tengah-tengah jadi aja berturut-turut gitu... ya apa boleh buat :))) sekarang banyak juga kok yang wiken coba deh berkelana dari grup ke grup :)

        Delete
    9. wih, saya suka banget kalau nggak diantar2 suami, asalkan transportnya mudah :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. kadang-kadang gitu ya Mbak, soalnya suamiku juga suka gak sabaran sih nunggu-nunggu :))

        Delete
    10. usia 40+ jangan mau kalah sama yang muda, traveling juga harus semangat dan teetap janga kesehatan ya mbak

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya betuuul, semangat harus tetap muda ya :)))

        Delete
    11. Waa mba ina persidaan obat2an buat pergi lengkap juga ya. Beneran liburan yang terencana ini..

      ReplyDelete
      Replies
      1. pernah punya pengalama nggak enak, pas sakit kepala tengah malam gak punya persiapan obat, toko-toko udah pada tutup apalagi apotek, kapok deh makanya siap-siap sendiri :)

        Delete
    12. Theragran-M emang membantu banget buat memulihkan kondisi sakit, aku pun sudah mencobanya. Bahkan saat sehat pun bisa di konsumsi sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

      Btw komen baliknya ya di artikel theragranku juga :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. siap Bang, kucari dulu link-nya :D

        Delete
    13. Wkwkwk.. kok sama ya obat2an yg hrs dibawa, cuma aku minus the ragran M. Mau jg ah beli buat jaga kesehatan

      ReplyDelete
      Replies
      1. ahahahah bukan berarti usia juga sama kan ya :))) multivitamin ini emang lumayan ampuh loh

        Delete
    14. umur mah g masalah mbak yang penting setrooonggg kena theragranM

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya betuuuul... umur boleh boros yang penting tetep seterong :D:D

        Delete
    15. Luar biasa mbak, semangat ngeblognya patut diacungi jempol. Beneran.... bisa serajin itu ikut acara. Saya jadi tambah semangat nih.

      Luar biasa...

      Sebagai blogger daerah yg juga sering pergi demi eksis ngeblog, pengalaman even saya masih dikit nih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. itu kebetulan aja ada yang dempetan banget, saya milih-milih juga kalau ikut event, tapi ya tergantung kondisi badan juga :))

        Delete
    16. Aduuh saya langsung gagal fokus begitu pertama kali langsung disuguhin gambar koper hijau yg unyu ituuhh...😀

      ReplyDelete
      Replies
      1. ahahahah... kayak permen ya gigitable :D

        Delete
    17. Tipsnya menarik, Mbak. Traveling memang seru, tapi perlu persiapan matang. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. betuuul apalagi usia manja kek saya Fah, hihihi... kalau nggak cermat ujung-ujungnya sering ambruk :D

        Delete
    18. Liburan jadi asik jika terencana dengan baik ya mbak, terima kasih sharing nya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama-sama... makasih udah mampir Ria

        Delete
    19. Aaah..masa udah diatas 40 Mbak Ina? Ngga percaya aaah..
      Btw, kalau ke Jakarta ajak ajak atuh...saya mah suka riet kalau mau ikut acara di Jakarta teh...sieun nyasar. Jadi suka milih di daerah yang gampang dilalui dan ampal..kyk sepanjang sudirman...wkwkwk. Da apalna daerah itu doang...

      ReplyDelete
      Replies
      1. kan saya pun gitu awalnya... tapi suka nekat2 tea dg panduan googling malem sebelumnya :D :D

        Delete
    20. Waw..blogger dengan jam terbang tinggi ya mbak... salam enal dan semoga sehat selalu bersama Theragran-M :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. salam kenal juga Dian, ah gak tinggi-tinggi amat kok, kebetulan waktunya dempetan :D

        Delete
    21. Saya jg sepedfinya cocok pake multivitamin yg satu ini :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama, nggak pahit kan ya jadi enak :)

        Delete
    22. wahhh tetap aktif di usia 40, mantaaap mbak ina :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Masih ada yang lebih sepuh dari saya aja masih semangat, malu hati kan saya kalau kalah semangat :)) yuk ah semangat

        Delete
    23. Mba Inaaa, aku pun merasakan kalau ngga di boost suplemen ngga mampu ikutan event2 bloger yg cetar2 hihihi.. Salut deh buat para mom blogger yang bisa datang ke beberapa acara dalam satu hari.. aku mah tak mampuuuu.. huhuhu, satu ajah cukups :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya aku mah cukup sehari satu aja, hihi... jaga kondisi, kalau diforsir ambruknya lama kan sayang juga

        Delete
    24. MasyaAllah mba..keren, usia tak membatasi untuk tetap produktif..smg kelak sy jg bs begitu yaa mba, asal sedia multivitamin inih :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. insya Allah jangan ya usia bukan halangan, selama masih sehat... mencegah pikun lho menulis itu :))

        Delete
    25. MasyaAllah mba..keren, usia tak membatasi untuk tetap produktif..smg kelak sy jg bs begitu yaa mba, asal sedia multivitamin inih :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. insya Allah, berdoa supaya diberi kesehatan, multivitamin kan penunjang aja, harus tetap aktif selama sehat, kan mencegah pikun lho

        Delete
    26. Mbaaa, aku jg cocok dgn Theragran inii. Ngga jadi masuk angin..fit lagi.
      Mba ina sehat banget :) moga sehat terus yaa mbaa. Good luck ya mba ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Uciii, sip sama kalau gitu... enak gak pahit :D aamiin, semoga sehat terus ya kita :)

        Delete
    27. Akan aku praktekkan nanti :D
      Travelling butuh bgt stamina fit, orang cuma lihat fun nya aja. Tapi begitu imun lg gak bagus, bisa langsung drop shaaaay :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya betul mana asyik traveling kalau kondisi badan lagi gak fit :D sehat memang no-1

        Delete
    28. Wah keren Mbak Ina, masih bisa traveling ke luar kota .... 3 hari berturut2? Wow, saya kayaknya ragu bisa seperti itu .... hiks. Mesti diterapkan baik2 nih tips Mbak Ina :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mbak Niar asal masih ada jeda untuk istirahat masih okelah badan ini, kalau udah gak ada waktu istirahat yang cukup itu yang bikin ambrol badan :))

        Delete
    29. bentar bentar tak bookmark kalau aku dah 40 + xD
      awet muda kok mbak:*

      ReplyDelete
      Replies
      1. Chaaa masih lamaaa kamu mah :D, alhamdulillah kalau dibilang awet muda, yang penting mah sehat aja ya

        Delete
    30. waini, tips bagus ini.
      salam kenal ya mbak :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. hai Farida, salam kenal kembali, makasih udah mampir

        Delete
    31. Teh Ina memang selalu keren uy. Aku padamu deh ^_^

      ReplyDelete
      Replies
      1. ah teh Yas suka begitu, bukannya kita sama-sama keren ya :D *sono ih*

        Delete
    32. Kalau saya sejak menikah, seringnya diantar suami. Padahal dulu kemana-mana sendiri, nggak tahu medannya juga tetap berangkat. Tapi pernah juga karena terpaksa, ya berangkat sendiri.

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya Nur, kalau ada suami suka manja juga kadang-kadang pengen dianter hihi... tapi kalau ada acara hari kerja ya apa boleh buat harus bisa pergi sendiri

        Delete

    Back
    to top