PRE-EVENT GATHERING INDONESIAN PEARL FESTIVAL 2016



Sebetulnya saya kurang hobi ikutan acara-acara formal seperti acara di kementerian atau instasi pemerintahan lainnya. Tetapi ketika melihat informasi di grup BRID, saya tertarik untuk ikut berpartisipasi. Sebabnya yang mengadakan acara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP), infonya lagi bahwa acara ini akan dihadiri oleh ibu Susi Pudjiastuti. Sudah lama saya penasaran pada sosok ibu menteri yang satu ini, saya merasa sayang buang kesempatan untuk melihat sosok ibu menteri yang dikenal tegas dan berani ini dari dekat.



Maka pada tanggal 12 Oktober 2016 kemarin, jam 06.00 waktu Indonesia bagian Serang ^-^ saya sudah duduk manis di dalam mobil elf, yang akan membawa saya ke Jakarta. Sempat degdegan karena menjelang masuk pintu tol Kebon Jeruk kondisi jalan padat dan ogah-ogahan merayap. Begitu juga pada saat masuk area Tomang *uhuhuhu... takut telat* soalnya acara di undangan jam 09.00 WIB, sedangkan perjalanan saya masih panjang. Syukurlah sekitar jam 08.00 WIB saya udah ada di halte busway CP, nggak berapa lama busway yang akan membawa saya ke arah Harmoni pun datang, dan berhasil tiba di Gedung Mina Bahari III kurang dua puluh menit dari jam undangan.


Acara ini diselenggarakan sebagai event pembuka rangkaian acara Indonesian Pearl Festival 2016 (IPF 2016). IPF sudah diselenggarakan sebanyak enam kali. Acara ini merupakan bagian dari Marine and Fisheries Business and Investment Forum. Satu agenda dari KPP yang menjadi wadah bertemunya para stakeholders, pengusaha, dan supliers di bidang kelautan dan perikanan, diharapkan dari pertemuan ini akan terjadi banyak perkawinan bisnis. Dan yang menjadi primadona di forum bisnis kali ini adalah mutiara laut selatan, salah satu varietas mutiara terbaik di dunia.

Cukup lama juga menunggu sampai tamu-tamu undangan berdatangan. Baru sekitar jam 10.00 WIB bintang KPP yang ditunggu-tunggu pun hadir di lokasi acara. Bu Susi Pudjiasuti ini biarpun sosoknya mungil tapi energik banget, jadi susah difoto kalau sedang jalan.

Ibu-ibu Dharma Wanita yang cantik-cantik ini berbaris siap menyambut
Ibu Menteri. Wajah mereka semringah dan antusias, seperti mau
nyambut idola ya ^-^
Kemudian acara pun dibuka dan diawali dengan laporan program kerja KPP oleh bapak Ariyanto Wibowo. Salah satu poin baik yang saya tangkap bahwa dari forum bisnis pertama di awal tahun 2016 ini, telah tercatat 62 calon investor dengan nilai potensi investasi sebesar 20.3 Trilyun rupiah *tepuk tangan dooong*

Ibu Susi sendiri dalam pemaparannya memberikan apresiasi mengenai kegiatan forum bisnis ini, khususnya dengan masuknya mutiara sebagai salah satu produk kelautan yang dimasukkan ke dalam business forum dan investment ini.

Beliau menghimbau masyarakat Indonesia untuk membeli mutiara laut selatan ini, karena mutiara produk Indonesia ini terkenal sebagai mutiara terbaik di dunia. Jangan terkecoh oleh produk mutiara air tawar dari Tiongkok, barang selundupan lagi. No way!

"Buy Indonesian pearls. Mutiara Indonesia itu yang terbaik di dunia. Saya juga tahunya malah dari (orang) Amerika. Kalau bagus, semua orang pasti akan kenal." Demikian dengan lugas Bu Menteri mengungkapkan himbauannya.

Menurut Bu Susi lagi, mutiara laut selatan ini adalah bagian dari industri kelautan yang potensial untuk dikembangkan. Untuk itu kembali beliau menghimbau kepada semua yang terlibat dalam industri terkait untuk bahu-membahu mensukseskan pergerakan bisnis ini. Para pengusaha diminta untuk mengubah mindset-nya, bisnisnya harus dibuka seluas-luasnya, buat company profile yang layak, jangan malah sengaja dikecil-kecilkan demi menghindari pengenaan pajak yang besar *hahaha bu Susiii bisa aja deh*, libatkan perbankan untuk urusan permodalan. Bisa juga melalui forum BUMN. Kalau portofolio baik, sudah pasti investor pun berdatangan.

Wah, pokoknya mendengarkan penuturan Bu Susi, saya makin kagum dan optimis kalau urusan kelautan dan perikanan Indonesia bakal maju. Apalagi beliau selalu menegaskan masalah transparansi dalam setiap program kerja di departemennya. Jika masih ditemukan praktik pungli atau korupsi birokrasi di departemennya, laporkan dan beliau nggak segan-segan akan mengambil tindakan tegas. Nah, lho!

Foto bersama Dewan Juri Lomba Blog, Fotografi, dan Desain Perhiasan. Yang saya kenal cuma Nadine Chandrawinata, Jay Subiakto dan Pak Amril Taufik Gobel :))
Setelah selesai paparan dari Menteri KKP Susi Pudjiastuti, acara dilanjutkan dengan dialog dari pengusaha dan nelayan di bidang perikanan dengan bu Menteri. Tapi sebelum acara dialog dimulai, dilakukan terlebih dahulu penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Dirjen Kelautan dan Perikanan dengan PT. Perikanan Nusantara (Persero).

Acara dialog berlangsung khidmat *hehehe* karena yang saya dengar keluhan-keluhan mengenai kesulitan mereka terutama yang berasal dari wilayah Timur seperti Morotai dan Raja Ampat. Masalah utama mereka adalah lahan untuk budidaya dan penetapan retribusi. *Pfffhh... semangat ya Bapak-bapak*

Selesai dialog, undangan khususnya Blogger digiring ke ruangan lain, yaitu Ruang Cakalang untuk mengikuti technical meeting lomba-lomba yang akan diselenggarakan seiring dengan Indonesian Pearl Festival ini.

Acara IPF 2016 ini akan digelar mulai tanggal 9-13 November di Lippo Mall Kemang, Jakarta. Agendanya mencakup: pameran mutiara terbesar, lelang mutiara, klinik mutiara, ruang edukasi, charity and fund rising.

source : Fan Page FB Indonesian Pearl Festival 2016
Sedangkan lomba-lomba yang akan digelar sebagai berikut:

1. Lomba Blog
Tema : Menguak Tabir Indonesian South Seas Pearls (ISPP). Periode lomba dari tanggal 19 September 2016 - 24 Oktober 2016.

Ibu Nelia dari Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia sedang memberikan pengarahan mengenai mutiara laut selatan
source : dokumen pribadi

2. Lomba Foto Panorama Kelautan Indonesia
Tema : Lautku masa depanku, cintai, dan jagalah aku. Dibuka untuk tiga kategori, yaitu jurnalis, pelajar, dan umum. Foto nggak harus baru, stok foto dari tahun 2015 juga diterima. Foto juga nggak harus underwater ya, pokoknya panorama laut.

source : Fan Page Facebook Indonesian Pearl Festival 2016

3. Lomba Desain Perhiasan Mutiara
Ada dua kategori yang bisa dipilih untuk jenis rancangan, yaitu Classic style yang menitikberatkan unsur kesederhanaan pada poin penilaiannya, dan Modern style yang menitik beratkan pada segi kreatif dan inovatif tanpa meninggalkan unsur estetisnya.

source : Fan Page Facebook Indonesian Pearl Festival 2016
Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan mengunjungi Fan Page Indonesian Pearl Festival 2016 di Facebook.

Oya, selama acara pre-event gathering ini berlangsung, diadakan juga lomba live tweet yang dimulai sejak jam 09.00 - 12.00 WIB. Lomba ini memperebutkan hadiah berupa ponsel OPPO A37 untuk juara pertama, dan ponsel OPPO Neo 7 untuk pemenang kedua. Dan pemenangnya langsung diumumkan hari itu juga. Siapa sih... siapa ya? *pura-pura lupa*

Wiwiwiw... sekarang nggak akan malas lagi ikut acara-acara formal :)))
source : dokumen pribadi
Selesai acara technical meeting, kami dipersilakan untuk menikmati makan siang. Menunya enak-enak dan sehat *tapi kok nggak ada menu ikan ya...* ah yang penting kenyang toh ^ _ ^

Demikian laporan pandangan mata saya dari acara pre-event gathering Indonesian Pearl Festival 2016, kalau masih penasaran soal mutiara laut selatan ini, bagaimana bentuk dan kekerenannya, silakan datang ke acara pameran IPF 2016 di Lippo Mall Kemang bulan November yang akan datang.

Sampai ketemu di sana, ya!

Love,

CONVERSATION

14 komentar:

  1. Wah, bakal seru tuh acaranya yaa, nggak sabar bunggu november :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lho mbak Tuty, yuk ke sana saya juga jadi penasaran sama mutiara laut selatan ini

      Delete
  2. Aku salah satu penyuka perhiasan dari mutiara laut tapi cuma giwang dan cincinnya mbak. Coba acaranya dekat saya tertarik buat datang, sayang jauh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang mutiara klasik tapi elegan ya

      Delete
  3. Emang bener, Mba, mutiara laut Indonesia itu the best. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bangga ya jadi orang Indonesia :)

      Delete
  4. Wah keren dapat HP, Mbak. Selamat, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehehe makasih... pertama kalinya dalam hidup perblogeran, alhamdulilah :)

      Delete
  5. wuhuuuu... waahhh gak nyesel mendarat disini, ada lomba blog n ada info kece. TFS ya mba

    ReplyDelete
  6. Waaahhh... acara dan lombanya kereeeeeeeeennn... nungguin bu ina posting lagi ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hyaahahaha... sip-sip, nanti berkunjung lagi ya :))

      Delete
  7. waah alhamdulillah rezekinya mba....beruntung banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, alhamdulillah... paaas lagi butuh :))

      Delete

Back
to top