TUJUH HAL ASYIK BEKERJA DI CO-WORKING SPACE



Rata-rata penulis jawabannya seragam ketika ditanya, apa yang menghambat proses kreatif menulis, yaitu suasana yang nggak kondusif. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang sibuk mengurus bayi, rumah berantakan, pekerjaan rumah tangga yang menumpuk, dan lain-lain. Ini ditinjau dari kasus penulis dengan kategori ibu-ibu macam saya.

Nah saya justru kebalikannya. Saking nyamannya di rumah *bukan yang congkak bukan yang sombong ya*, malah bikin tambah males nulis. Masalahnya di jam-jam yang seharusnya produktif - jam 8.00 sampai dengan jam 15.00 - rumah tenang, aman, tenteram, damai, sentosa... hehehe. Semua anggota keluarga kecuali saya, sudah keluar rumah. Tapi, justru kondisi seperti itu malah membuai saya untuk ber-me-time ria yang kelamaan.


Ketika rumah udah sepi dan rapi, malah enak buat leyeh-leyeh sambil ngemil dan nonton drama korea favorit, atau malah tidur lagi *don't try this at home*. Bahaya banget memang kehidupan saya. Produktivitas saya berada di titik terendah, penyebab jarang terbitnya buku-buku saya. Hal tersebut tentu berdampak pada rank popularitas saya yang menukik tajam*bwehehehe... becanda*

Kalau yang lain mencari zona nyaman, saya justru harus keluar dari zona nyaman. Saya kepikiran kerja di kafe *biar kekinian juga*, sambil ngopi santai dengan koneksi wifi gratis. Tapi kan nggak bisa lama-lama juga, paling lama dua jam, itu juga kalau kafe lagi nggak rame dan tahan lirikan bernada mengusir dari waiternya *hahaha*

Untungnya sekarang peradaban udah maju semaju-majunya. Para freelancer, punya pilihan tempat kerja baru selain kafe dan taman ber-wifi gratis, namanya Co-working Space.



1. Suasana kerja yang kondusif
Atmosfer kerja di co-working space seperti di kantor, tapi lebih fleksibel dan nggak ada Bos yang siap ngomel kalau kita lama-lama di pantry dengan alasan bikin kopi padahal rumpi bentar ^ :^ Asyiknya lagi co-working space itu rata-rata interiornya didesain simpel tapi cozy dan bikin betah. Mood booster juga kan kalau ambience-nya nyaman. Nah, kalau mood udah terjaga biasanya index produktivitas jadi tinggi.

2. Networking
Penghuni co-working space berasal dari berbagai kalangan. Startup, freelancer, mahasiswa, pelajar, media worker, penulis novel; datang ke situ dengan tujuan kerja. Mungkin ada juga pekerja kantoran yang lagi jenuh kerja di kubikelnya dan butuh suasana baru. Keuntungannya bertemu banyak orang dari latar belakang yang bervariasi bisa memperluas jejaring. 

3. Brainstorming yang menambah wawasan
Dari sekian jam waktu yang dihabiskan di co-working space, masa sih melulu dipakai kerja, kan pegel. Ada lah waktu sejenak untuk isirahat sambil ngopi. Waktu istirahat itu bisa dong dipakai ngobrol-ngobrol sama sesama penghuni. Dari poin 2 kan udah ketahuan kalau mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, pasti banyak topik menarik yang bisa didiskusikan. Dan... siapa tahu juga dari ngobrol-ngobrol itu ada peluang kerjaan baru juga kan.

Baca juga Ev Hive Pilihan Kenyamanan Bekerja

4. One-stop working place
Co-working space yang bagus akan menyediakan pelayanan yang lengkap. Kita nggak perlu lagi pusing mikir  koneksi internet karena udah pasti tersedia dan unlimited. Perlu ngeprint dokumen bisa, butuh video call dengan klien di luar negeri bisa lewat skype, perlu meeting dengan klien disediakan mini meeting room. Pantry juga ada untuk sekadar nyeduh kopi aja sih. Umumnya di co-working space nggak disediakan makanan, kalau lapar ya keluar dulu beli makan sendiri.

5. Terdeteksi radar media
Maksudnya gimana, nih? Banyak lho media yang sengaja datang ke co-working space untuk mencari narasumber, khususnya startup-startup dengan produk inovatif,  yang biasanya bekerja di co-working space itu. Ya siapa tahu, dari perkenalan dengan media worker dan sharing wawasan soal media, tahu-tahu mereka tertarik dengan profesi kita, kemudian dijadikan narasumber. Nah, udah dapat poin positif kan untuk mendongkrak derajat kepopuleran kita *hehe*

6. Tertular budaya kerja yang baik
Dengan terbiasanya kita bekerja di lingkungan atmosfer kerja yang positif,penuh ide-ide kreatif dan inovatif, lama-lama kita juga bisa kena imbasnya. Dampaknya akan terasa pada produktivitas yang semakin tinggi.

7. Menambah pengetahuan di segala bidang
Beberapa co-working space sering dipakai sebagai tempat mini seminar bisnis atau istilah kekiniannya biz talk. Event tersebut bisa kita manfaatkan sebagai sarana menambah pengetahuan. Beberapa event ada yang berbayar, ada juga yang free. Untuk yang berbayar, tinggal kita aja yang menyesuaikan dengan minat topik dan isi dompet. Kalau saya sih nunggu yang sesuai minat dan free *hehe*. Biasanya mereka akan memberikan info melalui newsletter, kalau kita udah jadi member.

Gimana? tertarik kan pakai co-working space? Sekali-sekali nggak apa-apa, asal urusan rumah beres, anak-anak anteng dan suami ridho ^ : ^



Love,



CONVERSATION

6 komentar:

  1. aku malah ga tau ada tempat ini mbak... palingan selama ini yg aku liat srg ngerjain kerjaan sambil ngopi dan ngemil, itu kafe2 kayak starbucks ama coffee bean.. ini termasuk ga sih? krn aku liat bnyk yg kerja di sana berjam2 juga... walo cuma mesen kopi segelas ;p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sama Fan, kalau aku gak dateng ke event yang diadain di tempat itu, aku juga kudet sama yang begini. Tapi, menurut aku sih, daripada kerja di kafe mending di co-working space, lebih hemat kan bisa seharian kerja, mereka buka dari jam 9 pagi sampe jam 8 malam, harga beda tipis sama kalau kita jajan makan dan minuman di kafe.

      Delete
  2. aku juga baca di malajah ttg co working space, asik juga yah, beda kalau mau ke cafe, kadang kalau rame malah gak konsen jatuhnya, wifi juga gak kenceng #anaknyaIRIT XD

    salam kenal yang mba

    buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay Rifka, salam kenal juga, maafkan baru bales nih... iya, dibanding kafe dengan harga jajan sekian ratus ribu juga kan mending di cws nyaman, kerjaan pasti kelar juga

      Delete
  3. Pernah sekali ke co working space. Dulu mikir ini tempat apaan ya? resto bukan, kafe bukan, kntor bukan hehehe. Seiring waktu tau fungsinya hehe. Pengen kpan2 nyobain ngendon agak lama di sana, kyknya seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama, pengen juga ah pake fasilitas yang dikasih gratisan itu, nambah kenalan nambah wawasan :D

      Delete

Back
to top