TIPS DAN TRIK MEMILIH TOKO BAJU ONLINE MURAH BERKUALITAS



Awalnya saya bukan penganut belanja online apalagi baju. Beberapa kali pernah nyoba beli baju lewat online shop tapi kemudian kecewa. Sebabnya banyak, di antaranya bahan nggak enak dipakai, ukuran kurang pas, kepeleset harga, dan warna nggak sesuai perkiraan. Pernah punya pengalaman yang sama nggak, Sis?


Tapi saya nggak kapok. Soalnya kalau dipikir-pikir, belanja online itu jelas lebih hemat dan nggak bikin capek. Di usia "matang" *hehe* seperti sekarang ini stamina hiking di mall udah menurun sangat jauh. Belum lagi kalau ke mall biaya ekstranya kan nggak sedikit, makan lah, jajan snack lah, jajan aksesoris lah *derita saya sih yang susah ngerem*. Nah, kalau belanja lewat toko online alias online shop (selanjutnya disingkat ol-shop), biaya-biaya ekstra itu bisa dieliminasi. Hemat, toh?

Sekarang udah banyak pilihan ol-shop yang aman dan nyaman untuk belanja. Kualitas produk, harga, cara pembayaran, hingga pengiriman barangnya adalah elemen penting dalam memilih ol-shop yang terpercaya.

Kalau soal harga sih, menurut saya relatif ya. Harga yang lumayan tapi kalau dibarengi kualitas yang bagus dan tahan lama, ya jatuhnya jadi murah. Tapi jangan khawatir, sekarang banyak kok pilihan toko baju online yang murah dan berkualitas bagus. Namun, teliti sebelum membeli itu penting, tips di bawah ini bisa dijadikan referensi dalam memilih toko baju online favorit.




Ol-shop dengan konsep one stop shopping
Saya lebih suka ol-shop model begini. Soalnya, kalau saya beli-beli, anggota keluarga lain suka "kabita" alias pengin beli juga, daripada ribet cari ol-shop yang jual baju laki-laki, remaja, dan anak-anak, satu per satu, lebih bagus kalau di satu tempat semua sudah tersedia.


source : Portal Kudo Indonesia

Pilih ol-shop yang menyajikan size chart / detil ukuran baju
Paling malas ya kalau harus tanya-tanya detil ukuran baju, kemudian ol-shopnya late response atau bahkan nggak merespons sama sekali. Hasrat belanja langsung menguap, ya kan, Sis?

source : Portal Kudo Indonesia

Cek vendor afiliasi-nya terpercaya atau tidak
Ada bermacam-macam jenis ol-shop. Ada yang berperan sebagai reseller (biasanya produknya massal), ada yang memproduksi sendiri (brand milik sendiri), ada juga yang berafiliasi dengan vendor lain.

source : Portal Kudo Indonesia

Pilih ol-shop dengan layanan bantuan yang mudah aksesnya
Walau keterangan udah lengkap di gambar produk yang kita pilih, kadang-kadang masih suka penasaran pengin nanya ini itu. Kalau customer servicenya nggak siaga kan jadi bikin malas ngulang belanja di tempat yang sama. Jadi, layanan bantuan/customer service itu penting lho.

Testimoni
Ol-shop yang bagus itu, ya tentu saja yang menuai banyak testimoni positif. Kalau kebanyakan testimoni negatif, mending tinggalkan dan segera cari ol-shop lain.

Nah, itu tipsnya memilih toko baju online yang asyik untuk belanja. Sekarang, bagaimana supaya bisa dapat produk dengan harga bagus dan kualitas prima. Coba simak trik-trik berikut ini.




Manfaatkan kegiatan promo
Biasanya ol-shop yang udah jadi langganan suka rajin menginformasikan waktu-waktu promo lewat email. Nah, jangan sampai ketinggalan, siapa tahu ada baju yang cucok markucok tapi harganya miring.

Sabar menanti diskon
Pernah kan, Sis, naksir baju tertentu tapi harganya masih (berasa) kemahalan, atau pas lagi nggak ada budget buat beli baju. Coba cari deh di portal lain, siapa tahu Sis dapat produk yang Sis inginkan dengan harga sale. Alternatif lain, dapat produk yang mirip-mirip atau kalau lagi hoki malah dapat yang lebih keren dengan harga banting *happy*.

source : Portal Kudo Indonesia

Cari ol-shop yang memberi keuntungan lain
Memangnya ada? Ada dong, Sis. Contohnya Kudo, selain sering memberikan diskon besar pada produk fesyennya, portal belanja ini juga memberikan sistem komisi untuk agen. Nah, kita daftar dulu jadi agen (kalau belanja di sini memang harus jadi agen dulu). Caranya gampang kok. Keuntungannya, selain (kalau belanja untuk sendiri) dapat diskon besar, dapat komisi, kita juga dapat peluang bisnis berjualan tanpa modal besar. Nggak tanggung-tanggung, triple kan untungnya.


Lumayan komisinya. Sedikit demi sedikit,
lama-lama kebeli baju lagi ^:^

source : Portal Kudo Indonesia 

Pilih alamat pengirim yang terdekat
Sis, walau naksir abis sama baju ya jangan sampai nekat kalau ternyata alamat ol-shopnya (pengirim) ada di Papua. Be realistic aja, Sis. Pilih alamat ol-shop/pengirim yang terdekat dengan kota tempat tinggalmu, karena tentu saja ongkos kirimnya bakal lebih murah.


Demikian,Sis, tips dan trik memilih toko baju online ala Ina Inong. Semoga bermanfaat ya, Sis, dan makin semangat belanjanya. Happy shopping, Sis!


Love,


CONVERSATION

6 komentar:

  1. Aiih, bagus banget neranginya mbak ina, rapi sekali ... kereen deh,

    ReplyDelete
  2. saya kadang ragu kalau beli baju di online takut ukuran salah..tapi sekrang modelnya tuh lebih beragam sekrang sih lebih merhatiin keterangan sizenya dengan detail ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih aman gitu Mbak, ada olshop yang rinci satu per satu model bajunya dikasih keterangan lengkap lebar, panjang, lingkar dadanya. Ada juga yang cuma ngasih tabel ukuran standarnya sekalian S,ML,XL-nya.

      Delete
  3. makasih tipsnya,aku dulu agak ragu kalo harus beli os karna takut ga sesuai harapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kalau belanja online harus teliti ya

      Delete

Back
to top