TATA MOTORS PILIHAN UTAMA DUNIA USAHA



Sudah nonton film "Chef" belum? Untuk yang sudah, apa yang paling mengesankan dari film tersebut? Kalau saya sih jelas-jelas truck-nya dan konsep bisnisnya. Keren, dan langsung berkhayal punya bisnis serupa.



source : mid-day.com

Kebetulan, tanggal 18 kemarin saya diundang ke acara Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh Tata Motors. Perusahaan ini sedang turut ambil bagian di acara pameran otomotif Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016, di ICE BSD City.

Begitu menginjakkan kaki di booth Tata Motors, yang melintas di benak langsung film "Chef" tadi, pasalnya saya melihat mobil-mobil besar dan kecil yang dimodifikasi serupa trucknya Chef Carl Casper.

Ternyata agenda acara gathering yang bertajuk "Memajukan Usaha Bersama Tata Motors" ini, tujuannya memperkenalkan produk unggulan Tata Motors yang dikhususkan untuk bermain di kelas commercial vehicle atau kendaraan niaga.




Selama acara berlangsung kami didampingi oleh Bapak Wildan Bahtiar, Marketing Manager PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut Pak Wildan memperkenalkan commercial vehicles yang menjadi unggulan Tata Motors, yaitu:


LIGHT TRUCK TATA ULTRA 1012

Apa keistimewaan dari kendaraan besar ini?

Dalam keterangannya melalui press release, Mr. Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI mengatakan, Tata Motors mempersembahkan truk ringan masa yang kuat, aman, hemat BBM dan multiguna. Seakan belum cukup, beliau juga menambahkan bahwa desain Tata Ultra 1012 telah disesuaikan dengan perkembangan terkini sesuai kebutuhan konsumen saat ini. Performa superior ditambah kenyamanan kabin kelas dunia, dibarengi dengan daya angkut yang tinggi serta konfigurasi bodi yang beragam, sangat berguna untuk menambah produktifitas usaha dengan umur pakai yang panjang.

Oleh karena itu, Mr. Sengupta sangat yakin Tata Ultra 1012 bakal menjadi aset bisnis yang penting bagi customer dan akan menjadi pilihan utama dunia usaha yang sangat kompetitif. 




Tata Ultra merupakan pelopor truk ringan di Indonesia yang menggunakan full air brake dan ban radial tubless dengan daya cengkram kuat, sehingga keamanan berkendara pun menjadi meningkat. Walau Tata Ultra 1012 memiliki kapasitas 3 kursi untuk 1 sopir dan 2 penumpang, namun kabin tetap ergonomis. Kursi-kursinya bisa diatur maju-mundur-rebah ke belakang, jika demikian semakin nyaman mengemudi lah bapak-bapak sopir truk kita, ya.

Multiguna. Aspek ini termasuk ke dalam poin-poin yang disampaikan oleh Mr. Sengupta. Contohnya, Tata Ultra 1012 bisa difungsikan sebagai food truck untuk mendukung bisnis kuliner atau kendaraan pengangkut barang untuk mendukung bisnis courrier dan logistik, mulai dari skala kecil sampai besar karena kapasitas angkutnya yang memadai (lihat bagan).



source : dokumentasi pribadi
Tata Ultra 1012 telah melalui pengujian selama lebih dari satu tahun, atau setara dengan lebih dari 25.000 km di berbagai kondisi medan jalan. Oleh karena itu, Light Truck Tata Ultra 1012 ini terjamin kapabilitasnya sebagai truk ringan yang kuat, namun menjanjikan biaya total cost of ownership (TCO) terendah di kelasnya.

Tetapi jika Anda merasa Light Truck Tata Ultra 1012 ini terlalu berlebihan untuk usaha Anda, jangan khawatir, karena Tata Motors juga memiliki produk pilihan lain yaitu ACE EX 2, untuk pengusaha yang baru start-up, dan SUPER ACE untuk pengusaha berskala menengah.

ACE EX 2
Diesel 700 cc // Lincah dan Irit // Bak (2140 x 1430 x 300 mm)
source : dokumentasi pribadi

SUPER ACE
Diesel 1,4L // Power Steering & Blower // Bak (2690 x 1512 x 430 mm)
source : dokumentasi pribadi

Bagaimana jika Anda membutuhkan kendaraan untuk medan yang "berat"? Tentu saja Tata Motors sudah punya solusinya. Berikut ini adalah produk unggulan kedua:

TATA XENON XT D-CAB 4X4

Di beberapa wilayah di Indonesia, yang memiliki usaha pertambangan dan perkebunan, kebutuhan akan kendaraan kabin ganda 4x4 masih terbilang cukup tinggi. Kendaraan tersebut difungsikan sebagai alat pengangkut barang serta kebutuhan pokok. Dan biasanya, area pertambangan dan perkebunan di pedalaman kondisi jalannya cukup berat, sehingga membutuhkan kendaraan yang tangguh. Tata Motors menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan Tata Xenon XT D-Cab 4x4

Tidak hanya sekedar tangguh, kendaraan jenis ini juga dibarengi dengan keunggulan-keunggulan lain, seperti yang diterangkan dalam bagan di bawah ini.




Selain di bidang pertambangan dan perkebunan, kendaraan jenis kabin ganda 4x4 ini juga dibutuhkan di sektor konstruksi dan pertahanan. Tidak menjadi masalah, karena muatan Tata Xenon XT D-Cab 4x4 ini dapat disesuaikan dengan segala jenis kebutuhan. Loading deck-nya berbahan double corrugated galvanized steel mampu mengangkut beban sampai dengan 1.000 kg.


Mesin diesel common rail Tata 2.2L VTT DICOR dikombinasi dengan
transmisi manual 5-percepatan. Tenaga max 140 PS pada 4000 rpm dan
torsi puncak 320 Nm di putaran mesin 1700-2700 rpm. Kecepatan dapat
dipacu sampai dengan 160 km/jam dengan efisiensi bahan bakar terbaik.
Kemampuan off-road yang optimal didukung oleh fitur shift on fly 4x4 system.
 Teknologi gearbox GBS-75-5/4.1 dengan override dari Xenon D-Cab
memberikan kemudahan dalam perpindahan gigi.
Tangguh dan mudah beradaptasi dengan berbagai medan dan kondisi jalan. Hal ini dicapai karena Tata Xenon XT D-Cab 4x4 memiliki fitur Limited Slip Differential (LSD) dan kaki-kaki yang dilengkapi dengan suspensi independen dengan antiroll bar, sehingga kendaraan tetap stabil bermanuver meski sedang bermuatan penuh.

Safety feature tentu saja menjadi elemen penting yang mendukung performa kendaraan jenis ini. Collapsible steering column, twin circuit braking system, dual airbags, ABS, side impact beams, dan reinforce 3 laye body construction adalah fitur-fitur safety yang menjadi andalan Tata Xenon XT D-Cab 4x4.

Seluruh produk Tata Motors ini didatangkan dari India dalam bentuk built-up kendaraan. Produk yang dijual ke customer masih berupa chassis yaitu bodi dasar tanpa penutup. Kondisi ini dimaksudkan untuk memudahkan customer memodifikasi truk/pickup yang dibelinya sesuai kebutuhan usahanya.

PEACE OF MIND

adalah program unik yang diusung TMDI untuk Customer Care-nya. Customer yang sudah membeli produk Tata Motors akan dibuat tenang, karena produk yang mereka beli mendapat garansi terbaik di kelasnya, jaminan ketersediaan suku cadang yang disertai jaminan 24 jam pengantaran pasti sampai atau gratis jika tidak sampai, dan 24 jam x 7 hari on road assistance. 


Tata Motors after sales service didukung  oleh 119 outlet Touch Points yang terdiri
dari fasilitas 3S (Sales, Service, Spare parts), 1S (Sales), 2S (Service, Spare
Parts) yang dinamakan Tata Certified Workshop. Touch Points ini tersebar
di seluruh Indonesia, mencakup P. Jawa, Bali, dan Sulawesi

Marketing Point

Penjualan tidak akan menunjukkan hasil yang memuaskan jika tidak didukung oleh strategi pemasaran yang tepat. Kiprah pemasaran TMDI sendiri telah dimulai sejak bulan September tahun 2013. Saat itu tema peluncuran produk Tata Motors adalah Play Strong! Strong Commitment, Strong Products, Strong Customer Care, dan Strong Corporate Social Responsibility.

Dengan semangat pemasaran tersebut, Tata Motors telah berhasil menjual 3000 unit kendaraan dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun beroperasi.

Tahun 2016 ini, bertepatan dengan diselenggarakannya GIIAS ke 24, TMDI meluncurkan tema "Think Business. Think Tata Motors", sebuah kalimat singkat yang mewakili kapabilitas produk Tata Motors di segmen kendaraan niaga, yang memposisikan diri sebagai mitra usaha yang andal di masa baik dan buruk.

Nah, tunggu apa lagi? Kalau Anda sudah merencanakan akan berbisnis dan membutuhkan kendaraan untuk mendukung usaha Anda, THINK TATA MOTORS. Masih ada kesempatan hari ini dan besok untuk mengunjungi Tata Motors di Gaikindo International Indonesia Auto Show 2016, ICE BSD Tangerang, booth 3F hall 3A.

Atau langsung menghubungi:

Kiki Fajar
Public Relation Manager
PT. Tata Motors Indonesia
fajar.harianto@tatamotors.com
fajar.harianto@gmail.com



Sekian dulu ya, laporan pandangan mata saya dari acara Blogger Gathering bersama Tata Motors. Semoga bermanfaat.

Love,


CONVERSATION

41 komentar:

  1. Sepertinya cocok nih kalau beli Tata Xenon XT D-Cab 4x4 buat wirausaha hehe. Tapi blm kepikiran nih mau usaha apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling gampang sih, jualan hobi katanya hihi... kalo saya hobi makan cocoknya bisnis kuliner :D

      Delete
    2. Na diyogya blum ada agennya, Katanga sih solo ada, harganya menarik, buat mobiling branding steam car (cuci mobil)ketonya bagus

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Mokonya bikin mupeeeeeng. Pengen buat usaha kuliner :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya... praktis gitu kan bisa pindah2, kalo jam makan siang kantor nongkrongnya deket kantoran, kalau jam pulang sekolah nongkrongnya deket sekolahan.

      Delete
  3. wah ulasanya manteeeb banget jd pgn beli mobilnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. beliiiii... duh ngebayanginnya asyik jualan sambil nongkrong hahahah...

      Delete
  4. keren-keren banget produknya Tata Motors ini ya mba, kemaren ngeliatnya sampe ngiler, terutama yang MoKo dan Xenon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, yang Xenon itu keren juga dipakai sehari-hari haha... sehari-hari...

      Delete
  5. Semoga dunia kewirausahaan kita semakin maju dan berkembang dengan ditopang oleh berbagai jenis kendaraan Niaga ini dari Tata Motors Indonesia ya Mbak Inong. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Pengusaha makin semangat kan kalau operasional lancar :D

      Delete
  6. Varian nya banyak euy Mba :)
    Bisa mendukung para entrepreneur nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keren mereka, bisa jadi panutan buat produksi mobnas yah :)

      Delete
  7. Lengkap! mantab ya tata motors,, pabrikan india tp keluarkan mobil2 keren.. kapan ya indonesia bisa bikin kyk gini.. smntr untuk moko ini pilihan terbaik kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga naksir Moko Biru itu, simpel dan cantik, semoga cita-cita punya usaha sendiri tercapai ah :D:D

      Delete
  8. Aku suka liat super Ace, merahnya cantik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. eye catching ya kalau dijadiin Moko juga :)

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Saya naksir sama Xenon XT mba, tapi liat si Moko juga mauuu :D

    ReplyDelete
  11. saya juga udah nonton film chef tuh mbak,. cocok banget dipraktekin pake mobil-mobilnya tata motors hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Anjar, masih cita-cita hehe... nabung honor dulu :D

      Delete
  12. Tetep kebayang Mokonya
    kalu buat usaha pasti praktis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. praktis banget Mas, gampang pindah-pindah ya

      Delete
  13. Keren-keren bgt si mobilnya, tapi saya jatuh hati pada si moko itu, pengennya bawa pulang *dompetnya belum mengizinkan hahahaha

    ReplyDelete
  14. Salam kenal dan jgn lupa beli food trucknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Mas Kris (lho kok tahu :D) ah food trucknya masih tetep jadi khayalan :))

      Delete
  15. Xenon D-Cab, keren bgt mbak Ina..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ada saya disampingnya mungkin ya... *ditimpuk* :D:D

      Delete
  16. cocok buat yang mau usaha kulineran ya. konsep mobile kitchen sekarang juga lagi trend ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, harga ekonomis dan irit bbm lagi :D

      Delete
  17. kendaraan tata motors ini pas banget buat yang mau investasi jadi wirausaha yaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. paaaas banget, apalagi dijamin kalau biaya operasionalnya pun lebih murah dibanding produk kompetitor

      Delete
  18. Toss mba, saya suka juga film chef dan pertama kali lihat Tata Ultra langsung kebayang film Chef hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah komen Sally kok kelewat balas, maaf... iya tuh si Chef-nya juga keren :D

      Delete
  19. Si moko bisa buat apa aja nih. Jadi pingiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan mbak Anisa kok siwer ya komennya sempat gak muncul jadi telat bales, itu si Moko bisa dijadikan apa aja, modifikasinya bisa disesuaikan sesuai kebutuhan kita

      Delete
  20. Hayoooo pilih yang mana hayoooo
    aku xenon aja dah 1 saaaaajaaa

    ReplyDelete
  21. hai kawan,
    Mobi123.com sedang mengadakan blog competition dengan hadiah puluhan juta rupiah...
    baca infonya di http://pertaminablogcompetition.com/

    ReplyDelete

Back
to top