MENJAGA PUSAKA INDONESIA BERSAMA SYNTHESIS DEVELOPMENT

picture by rastrabaya.xyz

Kalau saya ditanya, "Tahu nggak perusahaan pengembang atau pengusaha properti di Indonesia?" saya bakal menjawab, "Tahu dong,  A-teeet Po-teeet dan Group Ci-teeet, kan?" *sensor hehe*. Iya, karena saya cuma tahu yang dua itu saja.

Beruntung saya diundang ke acara yang bertema "Indonesia Is Me". Sejak itu, wawasan saya pada perusahaan pengembang pun bertambah. Saya jadi tahu bahwa ada satu lagi perusahaan pengembang yang keren bernama Synthesis Development.


Sebetulnya Synthesis Development ini tidak bisa dibilang baru juga kiprahnya sebagai pengembang. Sejak tahun 1999, Synthesis Development sudah mulai turut berperan di kancah bisnis properti. Proyek-proyeknya berkembang di tiga aspek properti, yaitu: Residential, Commercial, dan Mixed Use atau kombinasi antara kawasan hunian dan kawasan bisnis.


RESIDENTIAL PROJECT
source : www.synthesis-development.id

COMMERCIAL PROJECT
source : www.synthesis-development.id

MIXED USE PROJECT
source : www.synthesis-development.id

Yang menarik  perhatian saya dari Synthesis Development ini adalah konsitensinya mengaplikasikan nuansa budaya Indonesia pada setiap proyek propertinya. Contohnya dua proyek yang sekarang ini sedang dalam tahap pemasaran, yaitu:

SYNTHESIS RESIDENCE KEMANG

Apartemen yang berlokasi di Jl. Ampera, Kemang ini kental nuansa budaya jawanya. Hal ini tampak dari desain eksterior (fasad) yang mengambil motif batik kawung dan pintu masuknya yang berbentuk rumah joglo. Konsep ini dihadirkan untuk menarik pasar ekspatriat yang banyak beraktivitas di daerah Kemang. Nuansa tradisional Indonesia ini diharapkan menarik perhatian mereka.

source : www. synthesis-development.id
Apartemen SRK teridiri dari 3 tower yang diberi nama seperti nama tokoh pewayangan, yaitu Nakula, Sadewa, dan Arjuna. Angka penjualan Tower Sadewa sudah mencapai 90%, sedangkan Tower Nakula baru mencapai 40%. Tower Arjuna sendiri belum dipasarkan.

Harga dari apartemen di SRK ini berkisar antara 30 - 35 juta per meter, tergantung dari cara pembayarannya. Serah terima akan dilaksanakan pada tahun 2019, dan sekarang sedang dalam penyelesaian pembangunan.

Interior Design Plan
source : www.synthesisresidencekemang.id

SAMARA SUITES

Hunian eksklusif yang berlokasi di kawasan strategis Jl. Gatot Subroto ini, akan mengadaptasi nuansa budaya Bali untuk ornamen arsitekturnya. Konsep apartemen ini adalah business apartemen. Bisa dikatakan bahwa Samara Suites adalah yang pertama di Indonesia sebagai hunian yang mengaplikasikan konsep ini.


Samara Suites melayani penghuninya dengan sistem customize, artinya
pihak pengelola hanya menyediakan layanan sesuai yang diminta/dibutuhkan
oleh penghuni nantinya. Pihak pengelola akan bekerjasama dengan vendor
yang sudah terjamin profesional di bidangnya.
source : dokumentasi pribadi

Target pasar Samara Suites adalah korporasi. Hunian ini diperuntukkan untuk
karyawan/tamu-tamu perusahaan yang berasal dari luar kota atau luar negeri,
yang membutuhkan tempat tinggal untuk jangka waktu pendek
(training, workshop, meeting, dll)
source : dokumentasi pribadi

Karena sifatnya hanya untuk tempat istirahat di malam hari saja, maka tidak
perlu space yang terlalu besar. Untuk itu semua ruang ditata dengan efisien
dan dilengkapi dengan furniture yang fleksibel.
source : dokumentasi pribadi

Apartemen Samara Suites dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi. Harga per unit untuk tipe  1 bedroom Rp. 1.5M. Unit 2 bed room harga jual berkisar antara Rp. 2-2.5M, sedangkan unit dengan 3 bedroom dilepas ke pasar dengan harga Rp. 3M.

Ada informasi menarik dari Pak Andi Setiawan, Marketing Manager Sysnthesis Square, untuk pemasaran Samara Suites pihaknya membuka kerjasama. Artinya bagi siapa saja yang membawa calon pembeli dan jika kemudian transaksi deal, perantara akan mendapat apresiasi 0.5% dari harga penjualan. Dan bagi yang mencapai nilai penjualan sampai dengan 10 Milyar, akan mendapat apresiasi berupa paket liburan ke Wakatobi selama 5 hari. Wow!


Berita Gembira di Bulan Agustus

Khusus di bulan Agustus ini, dalam rangka perayaan ulang tahun Kemerdekaan Indonesia ke-71, Synthesis Development memberikan promosi untuk semua proyek propertinya berupa 71% diskon uang muka, 71 kali installment, 71 hadiah tersedia untuk pembeli, WOW!

Sudah selesai proyeknya? Belum... masih ada lagi satu proyek yang akan hadir dari Synthesis Development. Proyek baru ini diberi nama PRAJAWANGSA CITY.


Superblock terbaru di kawasan Jakarta Selatan. Harga perdana IDR 220 juta
dengan cicilan mulai 9.9 juta/bulan. Lokasi dekat TB Simatupang dan Pondok Indah


INDONESIA IS ME...

Ada hal lain yang membuat saya tertarik pada perusahaan ini. Lewat cerita Pak Andi, saya mengenal sedikit sosok Pak Budi Yanto Lusli, Presiden Direktur Synthesis Development. Saya kagum pada sosoknya yang humanis dan gagasannya "Empowering Our Nation" atau dengan kata lain menjadikan Indonesia lebih baik.

Perhatian beliau pada nilai-nilai ke-Indonesia-an yang mulai pudar memunculkan gagasan untuk membuat satu program dengan tema "Indonesia Is Me" setiap bulan Agustus. Melalui program ini, Synthesis Development ingin menunjukkan komitmennya sebagai pengembang properti yang fokus pada karakteristik warna heritage Indonesia pada setiap karya produk yang dibangun.

Tahun ini adalah kali kedua Synthesis Development menyelenggarakan acara-acara bertema tersebut. Acara-acara ini digelar setiap minggu mengambil tempat di empat lokasi proyek Synthesis Development, yaitu Synthesis Residence Kemang, Synthesis Square, Bassura City, dan Prajawangsa City.

Petualangan Kuliner Indonesia - Mall Bassura City
source : kompasiana.com/riapwindhu

Flashmob Tari-Tarian Nusantara
source : www.basurracity.id

National Music Festival
source : dokumentasi pribadi

Workshop Kerajinan Khas Indonesia (anyaman)
source : dokumentasi pribadi

Workshop Kerajinan Sulam
source : dokumentasi pribadi
Pameran Produk Karya Anak Bangsa
source : dokumentasi pribadi

Untuk menjadikan Indonesia lebih baik, yang paling penting adalah manusianya harus sehat dulu. Oleh karena itu, sebagai acara puncak rangkaian Indonesia Is Me, Synthesis Development menggelar acara "Synthesis Merdeka Ride".

Synthesis Merdeka Ride merupakan bentuk dukungan Synthesis Development terhadap pengembangan olahraga sepeda. Synthesis Development ingin menjadi bagian dalam edukasi serta memotivasi masyarakat atas pentingnya olahraga dan gaya hidup sehat selaras dengan lingkungan, sebagai kebutuhan utama yang trendi, menyehatkan dan menyenangkan. Kegiatan ini sekaligus sebagai ajang pecinta olahraga sepeda menjalin komunikasi serta membangun hubungan sosial dengan banyak relasi dan komunitas.” (Amelia Prayitno, Corporate Marketing and Communication General Manager Synthesis Development) 

source : FB Synthesis Development

Tetapi, apakah usaha tersebut hanya dilakukan pada bulan Agustus saja? Tentu tidak!

Synthesis Development tidak memungkiri bahwa setiap proyek pembangunan properti mereka tentu memberikan dampak bagi lingkungan. Bersinergi dengan lingkungan adalah salah satu bagian dari misi perusahaan. Dan yang paling menjadi perhatian adalah pengelolaan sampah. Pihak Synthesis Development bekerja sama dengan komunitas daur ulang. Spanduk-spanduk dan koran bekas pun disulap menjadi barang baru yang berguna.


Dari koran bekas menjadi notes case. Hasi daur ulang tersebut
biasanya dijadikah suvenir promosi.

Tidak perlu langkah besar untuk menjadikan Indonesia lebih baik. Kalau kata Pak Andi, sih, tidak perlu menunggu jadi Presiden dulu untuk turut berpartisipasi membangun bangsa dan negara ini. Betul sekali, Pak, menjaga kekayaan Indonesia dan mengembalikan nilai-nilai luhur yang dulu sangat kental mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia, dapat diwujudkan melalui langkah kecil seperti yang telah dilakukan oleh Synthesis Development. Terima kasih sudah menginspirasi saya.

Maka lewat tulisan ini, saya mengajak Anda, mari kita gaungkan semboyan "Indonesia Is Me", demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik.



Love,




CONVERSATION

2 komentar:

  1. konsepnya itu kece ya mbak, jd ciri khas tersendiri buat Synthesis :) eventnya mana keren2 lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Prita, mereka komit banget sama yang berbau-bau Indonesia :D salut deh

      Delete

Back
to top