ANAK SALEH KESAYANGAN SIAPA?


koleksi pribadi


Judul Buku : Anak Saleh Kesayangan Bunda
Penulis  : Meti Herawati
Penerbit : Loveable 
Cetakan : Kedua, 2015
Jumlah Halaman : 126 halaman
ISBN : 978-602-0900-39-1


Abu Darda berkata, bersabda Nabi Muhammad SAW: “Tiada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat daripada khusnul Khulq (akhlak yang baik)” 
(HR. Tirmidzi) 
( Buku Anak Saleh Kesayangan Bunda, halaman 7 ) 
Begitu bungkus paket terbuka, saya langsung  jatuh cinta pada cover depan buku ini. Desainnya cantik banget. Font judul berwarna perak  yang diembos menjadikan buku ini berkesan mewah. Bagian ilustrasinya juga dibuat timbul. Saya langsung kepikiran: buku ini cocok dijadikan hadiah ulang tahun, naik kelas, atau apalah apalah… serius!


Bun, pengen punya anak saleh dan saleha? Ya pastilah… anak saleh dan saleha itu tentunya identik dengan anak-anak berakhlak terpuji ya, kan?  Nah, kenyataannya ada orang tua yang dikaruniai anak yang sudah berakhlak baik dari lahir dan permanen, tapi ada juga yang di tengah jalan harus “diluruskan” lagi.

Buku ini bisa menjadi alat bantu untuk membentuk akhlak baik dalam diri anak-anak. Kenapa? saya tahu buku sejenis sudah bertebaran di muka bumi ini, tapi Teh Meti  dengan cerdik mengemas isi buku ini dalam beberapa bagian yang menarik untuk anak-anak. Terbukti, Keyaan  aja langsung suka kok sama buku ini.

Ada 5 bagian yang menjadi pembangun isi buku:

1. Cerita pendek bertema akhlak terpuji. Jumlahnya ada 33 cerita. Rata-rata tema sudah standar, semacam jujur, suka menolong, tidak sombong, berbakti pada orang tua, dll. Tetapi Teh Meti juga menyisipkan tema-tema yang jarang diulas dalam cerita anak seperti berbuat baik pada tetangga, menjenguk orang sakit, dan istiqomah dalam beribadah. 
2. Tausiyah tentang akhlak terpuji . Isinya mengambil contoh dari kisah para nabi dan sahabat. Dengan mendengar tausiyah yang kita bacakan, insya Allah anak terbiasa mendengar tausiyah dan tidak akan merasa bosan. 
3. Petikan ayat Al Quran dan Hadist. 
4. Games untuk melatih kecerdasan anak. Games-nya berupa pertanyaan yang berkaitan dengan cerita, kemudian untuk jawaban disedikan tabel-tabel untuk diisi. Games semacam ini baik untuk mengetahui sejauh mana anak memahami isi cerita. 
5. Di setiap akhir cerita dituliskan hikmah cerita. Emm… sebetulnya, saya kurang setuju bagian ini dicantumkan. Biar saja nanti si anak menyimpulkan sendiri apa inti atau maksud dari cerita yang sudah dibacanya. Atau jika masih dibacakan oleh ayah/bunda, hikmah ceritanya justru bisa dijadikan bahan diskusi yang asyik antara anak dan ayah/bunda. IMHO lho ya…

Cerita-cerita di buku ini rata-rata seru. Keyaan paling suka cerita berjudul “Dompet Hitam”. Ceritanya gimana? Ah, nggak seru kalau dibongkar di sini. Dan... yang lebih asyik lagi, beli buku ini dapat bonus 4 Kartu Pintar Anak Muslim. Apa isinya?

  • Dzikir - Asmaul Husna
  • Nama-nama Malaikat dan tugasnya - Khulafur Rasidin
  • Rukun Islam dan Rukun Iman - Nama-nama Nabi
  • Huruf Hijaiyah - Angka arab


Koleksi pribadi

Lengkap deh! Maka tak heran kalau buku ini sudah memasuki cetakan kedua. Wow! Selamat Teh Meti… 

Ada sedikit… sedikiiiit… saja yang agak mengganggu sanubari saya ( yang juga penulis buku bacaan anak-anak *esh cieee* ), masalah editing yang kurang teliti dan layout yang kurang rapi.

Yang terakhir, saya berbagi dari pengalaman sendiri waktu menulis buku “Kumpulan Cerita Tauhid”. Setelah dipikirkan lagi, saya merasa cerpen-cerpen di buku itu terlalu panjang untuk pembaca usia 6-12 tahun. Nah, saya juga menemukan ada beberapa cerita, yang bernasib sama di buku ini. Semoga menjadi bahan pertimbangan untuk buku-buku Teh Meti selanjutnya.

Secara keseluruhan buku ini recommended. Sekali lagi, selamat buat Teh Meti. Hatur nuhun sudah memberi kesempatan saya mengulas buku yang asyik ini. Saya menanti buku-buku Teh Meti berikutnya. Semangat!


PROFIL PENULIS


Instagram by Metiherawati.meti



Meti Herawati, lahir di Kota Kembang dan kini menetap di Purwokerto bersama keluarga kecilnya. Hobinya menulis sejak kecil, dan kini sudah menerbitkan beberapa buku. Selain menulis, dia juga aktif sebagai trainer penulisan, motivasi, dan parenting.

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Back
to top