MERAYAKAN ULTAH DENGAN STORY TELLING BATTLE

Keyaan usia 5 bulan


Keyaan Altamis Muttaqi, sekarang umurnya 6 tahun. Belum minat sama yang namanya belajar formal: calistung. Namun demikian, saya sangat yakin kalau dia banyak belajar dari kesehariannya.


Dia belum bisa mengontrol emosi dengan baik, itu benar. Mudah marah, cengeng, dan ingin membalas jika ada teman yang menyakiti. Di sisi lain, dia mudah bergaul, dan tidak "susah" jika tidak diganggu.

Kegemarannya menonton film kartun dan video blog Evan dan Kan Aki di youtube, saya pikir ada sisi positifnya. Perkembangan cara berpikir dan bertuturnya berbeda dari teman-teman sepermainannya. Saya sering dibuat terkejut dengan ocehannya, tertawa juga karena kadang menggelikan.

Beberapa hari sebelum ulang tahunnya ( tanggal 10 Juni ), sebelum tidur dia mengajak saya "adu bercerita", hayuklah Dek, siapa takut...

Dia mengambil inisiatif untuk menjadi yang pertama.

"Keyaan pernah liat temen berenang di laut. Terus dimakan ikan hiu."

"Wah, serem, Dek. Meninggal dong temen Keyaan."

"Selamat, sih, tapi kakinya potong di makan ikan hiu."

"Kok bisa selamat?"

"Kan ditolongin itu... penjaga pantai itu lho..."

"Oh... syukur deh kalau selamat."

"Sekarang Mama cerita."

"Mama juga pernah liat temen Mama berenang di laut. Terus dia kebawa sama arus air. Keseret sampai ke dalam laut. Tapi selamat karena ditolong putri duyung, terus dia naik lagi ke pantai sambil bawa kerang besaaar... di dalemnya ada mutiara besaaaar..."

Dia nggak komentar tapi pasang ekspresi: nggak-seru-amat-cerita-mama *ngakak*

"Dek, kok diem aja? Nggak mau nanya sama Mama?"

Dengan eksprei "boring dan lempeng" dia ngomong, "Emang bener Mama liat temen mama?"

Terus ngemut jempol sambil balik badan. WHAT?! sebel banget... hahaha...

Idiiih... curang. Tapi begitulah Keyaan. Yang ekspresif, yang iseng, yang mudah terenyuh kalau melihat sesuatu yang mengharukan. Yang berkomunikasi dengan cara tak biasa.

Seorang teman yang punya "kebisaan" pernah bilang kalau Keyaan lah yang bakal jadi pemimpin di keluarga kami kelak. Semoga benar adanya... dia menjadi manusia yang penuh tanggungjawab dan dewasa, ikhlas "mengurus" keluarga besarnya kelak.

Dek, selamat ulang tahun ya... nggak perlu tergesa untuk belajar ini itu, nikmati saja setiap detik kehidupanmu...  Mama akan berjalan di sisimu selalu. Mendampingi semampu Mama. Maafkan jika batas sabar Mama masih sangat rendah. Mama akan terus belajar.

Selamat ulang tahun, Keyaan... BIG SIX!!! Huraaaay...

Walau tanpa riuh pesta bersama teman-teman, tak ada kue dan tiup lilin, sayang Mama tetap sama besar dan tak kan berkurang sampai kapan pun.

Dek, jika kelak kamu membaca tulisan ini ( semoga blogspot nggak dihapus seperti MP ), kamu akan tertawa sekaligus menangis. Semoga Keyaan, masih mengingat Mama dan momen yang kita lewati bersama.




I LOVE YOU, KEYAAN ALTAMIS MUTTAQI

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Back
to top